Teknik Sederhana Membuat VCO


VCO  itu….

Virgin Coconut Oil atau minyak kelapa murni terbuat dari daging kelapa segar. Prosesnya semua dilakukan dalam suhu relatif rendah. Daging buah diperas santannya. Santan ini diproses lebih lanjut melalui pemanasan dengan suhu relatif rendah , fermentasi, pendinginan, penambahan enzim,tekanan mekanis atau sentrifugasi.

Penambahan zat kimiawi anorganis dan pelarut kimia tidak dipakai serta pemakaian suhu tinggi berlebihan juga tidak diterapkan.Hasilnya berupa minyak kelapa murni yang rasanya lembut dan bau khas kelapa yang unik. Apabila beku warnanya putih murni dan dalam keadaan cair tidak berwarna atau bening.

ada lagi pembuatan VCO yang dilakukan secara alami dengan Sistim Pancing. sederrhana sekali pembuatannya. orag dengan mudah membuatnya. mau tahu caranya..?

1. Siapkan kelapa 10 buah dengan kualitas no 1. besar, kering pohon, tua.

2. parut kelapa dan ambil santannya. jangan dibiarkan terlalu lama stelah pemarutan, sesegera mungkin stelah pemarutan di peras santannya.

3. pisahkan santan dengan airnya dengan mengendapkan selama 1 jam

4. ambil inti santan dan masukan VCO yang sudah jadi dengan perbandingan 1:3

5. endapkan selam 5-6 jam.

6. VCO akan terpisah dari air dan blondonya. mudah kan…?

silahkan coba

by

Mansur Mashuri, ST*

*Praktisi Kelapa, tinggal di Yogyakarta

16 Responses to Teknik Sederhana Membuat VCO

  1. catur mengatakan:

    Saya ingin membuat VCO, tapi bagaimana cara membedakan antara minyak dan air kalau miyaknya berwarna bening seperti air ? Saya pernah mencoba membuat VCO dengan enzim pepaya, tapi hasilnya hanya ir dan blondo, mungkin ada minyaknya tapi saya tidak bisa membedakan antara minyak dan airnya. Mohon penjelasan melalu email. Terimakasih

  2. Abidanish mengatakan:

    Catur,

    Ini cara yang mudah membuat VCO, bisa klik disini

    Thanks

  3. nanang mengatakan:

    maaf klo saya “katrok” tp saya pengen punya usaha sendiri

    saya pengen tanya, gmn cara membuat minyak goreng dari buah kelapa {bkn kelapa sawit} yang hasilnya berwarna kuning spt minyak goereng pada umumnya, makasih sebelumnya.

    ini akan sangat bermanfaat bagi saya. trim’s

  4. mawardi mengatakan:

    saya punya kebun kelapa, namun hasil kebun saya hanya di jual berupa buah nya saja, kondisi pada saat ini harga jual buah kelapa sangat rendah. oleh karena itu saya berkeinginan untuk mengolah kelapa2 tersebut menjadi minyak goreng, dengan begitu saya bisa mendapatkan nilai ekonomis yang lebih.
    karena modah yang tidak begitu besar, maka saya ingin mencoba dengan alat-alat yang sederhana saja. disamping itu orang tua saya juga sedikit memiliki pengalaman mengolah kelapa menjadi minyak goreng namun hasilnya kurang memuaskan seperti bau tengik.
    oleh karena itu saya ingin meminta penjelasan tentang tata cara :
    1. bahan kimia apasaja yang di butuhkan untuk menetralisir lemak yang terkandung dalam minyak kelapa itu sendiri.
    2. kapan bahan tersebut dimasukkan.
    3. berapa takaran campuran bahan tersebut.
    4. beserta lamanya waktu yang di butuhkan pada saat percampuran alat kimia tersebut.
    mohon penjelasan dan terima kasih atas jawabannya.

  5. Abidanish mengatakan:

    Mas Mawardi,

    Untuk penjelalasan lebih lengkap, anda bisa ikut pelatihannya di tempat kami.

    Tanks

  6. budi mengatakan:

    maaf mau tanya, saya tertarik pada proses diatas, yg ingin saya tanyakan adalah apakah dengan proses diatas sudah jadi minyak kelapa? atau masih ada proses lagi? dan dengan proses diatas bisa tahan berapa lama? terimakasih atas jawabannya

  7. Abidanish mengatakan:

    Mas Budi,

    Proses inti dari pembuatan VCO adalah penentuan produk masuk spek tidak, yang biasanya adalah saat penyaringan yang sangat menentukan baik tidaknya VCO.

  8. arif zaenur mengatakan:

    beli VCO yang sudah jd di mana dan harga ya,,,

  9. humaedi mengatakan:

    saya berencana membuat pabrik minyak goreng tapi industri rumahan, yang ingin saya ketahui berapa total harga keseluruhan mesin untuk membuat minyak goreng industri rumahan? atau yang menengah. trus pelatihan nya bagaimana? biaya nya berapa….?

  10. Abidanish mengatakan:

    Bapak Humaedi,

    Jawaban sudah saya balas via email ya..
    Thanks

  11. Abidanish mengatakan:

    Pak Humaedi,

    jawaban saya bals Via email.

    Tks

  12. ahmadsupriyoto mengatakan:

    anda tertarik untuk beli VCO hub. hp.081254117688 di jamin di antar sampai di tempat………

  13. Lalu Syafruddin mengatakan:

    mau tanya pak, harga keseluruhan mesin untuk membuat minyak goreng industri rumahan?

  14. Abidanish mengatakan:

    Mas Lalu,

    Untuk membuat minyak goreng kelapa, saya menawarkan paket mulai dari 20jutaan mas.. :)

  15. lulut mengatakan:

    maaf pak mau nanya, paket pembuat minyak goreng kelapa yg pling murah apakah sdh bs langsung d pake dan bsa menghasilkan minyak. minyak yg d hasilkan bs brapa liter dg paket mesin yg 20jt.thanx

  16. Abidanish mengatakan:

    Mas Lulut,

    Saya balas Via email yah…
    Tks

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 102 pengikut lainnya.

