Asap Cair (3) Membuat Asap Cair


Langkah praktis membuat asap cair

  1. bersihkan tempurung kelapa dari serabutnya
  2. kemudian ukurannya diperkecil
  3. sampel masukkan kedalam reaktor pirolisis. Pirolisis adalah pembakaran tertutup pada suhu tinggi biasanya pada suhu 400-600 0C. Proses tersebut menghasilkan zat dalam tiga bentuk yaitu padat, gas dan cairan. Komposisi cairan di dalam proses pirolisis ini tersebut adalah asap cair.
  4. proses berjalan dalam reaktor pirolisis selama 5 jam dan ditutup rapat. Reaktor kemudian dipanaskan selama 5 jam. Destilat yang keluar dari reaktor ditampung dalam dua wadah. Wadah pertama untuk menampung fraksi berat, sedangkan wadah kedua untuk menampung fraksi ringan. Fraksi ringan ini diperoleh setelah dilewatkan tungku pendingin yang dilengkapi pipa berbentuk spiral, hasilnya dalam bentuk cairan dan sisa gas metan yang kemudian dibakar. Sementara arang yang dihasilkan dapat di proses untuk briket, atau arang aktif. Mudah bukan.

Selamat mencoba, jangan segan-segan kalau ada pertanyaan.

By : mansur mashuri, ST

43 Responses to Asap Cair (3) Membuat Asap Cair

  1. Yudi mengatakan:

    bagaimana cara memproses asap cair yang coklat kehitaman menjadi bening? trimakasih

    >
    >
    >
    terima kasih atas kunjungannya pa.
    mudah pa, tinggal di distilasi ulang saja, sebelumnya diendapkan selama 1 minggu.
    saya bisa menyediakan alat distilasinya jika bapak mau.
    terimakasih.

    kunjungi terus blog ini http://produkkelapa.wordpress.com

  2. sumantri mengatakan:

    Dimana saya bisa belajar/training mengoperasikan kilen dan membuat asap cair

    Trimakasih

    Thansk atas kunjungannya pa..
    untuk membuat asap cair, di lembaga kami bisa pa.
    kami sudah terbiasa memberikan training Pengolahan Kelapa Terpadu.
    salah satunya adalah Pembuatan Asap Cair.
    Biayanya 1.500.000,-
    selama 2 hari, materi yang disampaikan adalah teori ttg asap cair itu sendiri, cara pembuatan, aplikasi asap cair serta kunjungan ke lapangan (pabrik asap cair milik kami sendiri / lemabaga)

    untuk informasi pendaftaran bisa menghubungi saya di 081328042283
    email : mansur_mash@yahoo.com

    kami juga menerima pelatihan pembuatan VCO, Asap Cair, Kosmetik Kelapa, Sabut, Bioethanol dan Biodiesel.

    terimakasih

  3. Een Suhendra mengatakan:

    Selamat siang,

    Berapa harga alat (reaktor pirolisis) yang Bapak terangkan tersebut, berapa banyak tempurung kelapa yang bisa masuk ke dalamnya.

    Terima kasih

    >
    >
    Harga Reaktor Pirolisis yang kami miliki kapasitas 150 kg tempurung / proses.
    harganya Rp. 55.000.000,- (belum masuk ongkos kirim pa)

    hatur nuhun.

  4. Een Suhendra mengatakan:

    Terima kasih informasinya.

    Umpama untuk di bawa ke palembang (sy posisi di palembang) kira-kira jadi berapa ya

    Makasih lagi

    >
    >

    e,eh saya salah ya pa, nama bapak seperti orang sunda. maa ya pa.
    kalau dibawa ke palembang, kira kira dengan ongkos kirimnya antara 2-3 jutaan.
    kalau fix nanti akan saya tanyakan lagi.
    silahkan kontak lwt HP saya di 081328042283

    makasih

  5. Een Suhendra mengatakan:

    Nggak salah akang tuh, emang bnr sy ti kadipaten, cuma skrg posisi di plmbg. Emang akang anggota HIMAJLENG (himpunan masyarakat majalengka) juga tah.

    Oke kang, sy itung-itungan dulu, kalo pun jadi, sy minta tolong bantu pemasarannya juga bisa kan.

    >
    Untuk Pemasaran, kan di Palembang banyak yang Usaha perkebunan karet. mereka pasar potensial pa. asap cair dapat menggantikan asam semut atau urea dalam penggumpalan karet.
    insyaalah gak susah.
    selain itu, tempurungnya juga bisa dibuat briket arang. banyak yang butuh pa.

    Saya Orang Majalengka saja.
    HIMAJLENG… Lucu Juga ya Namanya..
    Salam Buat orang MaJalengka Pa.
    Nuhun

  6. admaja mengatakan:

    assalamualaikum pak. saya orang sulawesi tenggara pak!! saya tertarik dengan asapa cair dan bisnis VCO, apalagi produk Kelapa di SULTRA banyak sekali, Hanya saja, kami belum tau cara buatnya, apa bisa pembuatanya secara tradisional pak? mohon penjelasan.

    >
    >
    Buat asap cair dan VCO pada prinsipnya sangat sederhana.
    apalagi VCO dengan sistem pancing.
    cara buat VCO sistim pancing…
    1. Parut kelapa 10 buah, yang besar, tua, kering pohon
    2. ambil santannya
    3. pisahkan dari air, dan diamkan selama 30 menit. ambil bagian inti santannya
    4. tambahkan minyak kelapa ke dalam inti santan. 1:3
    5. biarkan selama 6 jam. sampai terpisah antara minyak, blondo, dan air. pisahkan
    6. saring minyak… mudah bukan..?

    kalau tentang asap cair,

  7. romli mengatakan:

    assalamu’alaikum wrwb. abdi ti sunda kang. untuk pembuatan asap cair saya buat alat sederhana Pa, setelah dihubungkan dengan tungku pembakaran besi nirkarat saya buat zigzag sebagai destilator dan direndam kedalam air mengalir. masalahnnya saya kesulitan kalo harus membuat sepiral besi tersebut. pertanyaan saya, apakah bisa berubah gas tersebut menjadi cair? bagaimana perhitungan panjang sepiral/zigzag besi tersebut dan berapakah lama yang dibutuhkan untuk merubah gas tersebut menjadi cair. terima kasih.
    >

    wslm.
    He2x, kang romli salam tepang nya…
    untuk buat spiral tiasa di Spiralkan di Bengkel, gampang kang.
    untuk skala kecil, untuk 1 tong ukuran minyak tanah, pipa 3/4 inchi bisa dispiralkan kira2 10 m cukup untuk mendinginkan asap cair.
    untuk mengukur panjang pipa distilator, tgt dari jumlah air tersedia, atau panjang pipanya.

  8. evert mengatakan:

    tolong kirimkan skema & gambar serta urutan proses pembuatan asap cair

  9. SYAIFUL mengatakan:

    Salam kenal. saya bermaksud mau membuat asap cair, apakah saya dapat dikirimkan cara membuat dan gambar alat yang digunakan. dalam arti sedetil detilnya. atau kalau di beli alatnya berapa mohon di kirimkan saja jawabannya melalui email saya syai64@hotmail.com terima kasih. wassalam

    >
    saya kirimkan pak..
    thanks

  10. burhan mengatakan:

    mohon tanya bagaimana mengarangkan serbuk gergaji sudah saya coba pakai drum tapi tidak berhasil terima kasih salam

  11. Abidanish mengatakan:

    serbuk gergaji tidak jadi arang, ada beberapa faktor yang bisa jadi penyebab.
    1. Pemanasan yang tidak sempurna (panas terlalu kecil)
    2. Terjadi Pembakaran sempurna, adanya O2 yang berlebih dalam drum. prinsip pembuatan arang, adalah membakar dengan tidak sempurna, artinya tidak memerlukan oksigen. bisa jadi ketika drumnya terbuka maka, arang tidak jadi, atau malah terbakar habis.

  12. Ahmad mengatakan:

    Assalamualaikum, salam kenal, nama saya Ahmad, saya tertarik
    dengan pembuatan asap cair. Kalau berkenan, minta tolong dikasih tahu cara pembuatan asap cair cair secara detail, berikut gambar2nya, serta alat yg digunakan. Minta tolong dikirimkan informasinya melalui email saya ahmadcct@gmail.com. Dan kalau bisa juga dgn harga2 alat2nya.

    Terima kasih banyak sebelumnya.
    Wassalam

  13. Abidanish mengatakan:

    pembuatan asap cair, dan alat sudah saya berikan di Blog ini pak. monggo search Asap CaIR. PASTI KETEMU. Untuk gambar detil, maaf rahasia perusahaan pak.

  14. Nurdin mengatakan:

    Assalamu’alaikum,
    saya pernah baca artikel tentang arang aktif tapi masih utuh bentuk mecem2 buah2ah utk penghilang bau nggak sedap ruangan. bentuknya bagus2 and lucu2 ada nanas, pepaya, pisang dll, tapi sayang nggak dilengkapi cara ngebuatnya, bisa minta tolong dikasih tau detail cara ngebuatnya nggak ? om2 kan pakar kelapa, trims

  15. setya mengatakan:

    pemasaran kemana…????

  16. Abidanish mengatakan:

    Pemasaran, kenali dulu penggunaan asap cair pak.. baru kita pasarkan. thanks

  17. Abidanish mengatakan:

    Wassalam.
    untuk arang aktiv, maaf saya belum bisa membuatnya pak.
    makasih

  18. aji mengatakan:

    Kang kalau mau ikut pelatihan gimana syarat2nya dan bisa ngak sabtu minggu, untuk hari lain agak sibuk

  19. Abidanish mengatakan:

    Mas Aji,

    terima kasih atas atensinya, jam kantor buka hari senin-sabtu,
    Mungkin bisa menyesuaikan hari-hari tersebut.

    Maksih

  20. harlis eshaya mengatakan:

    assalamu alaikum wrt wb

    pak abidanish, saya dari Kota Bau Bau sulawesi tenggara, bagaimana cara membuat asap cair dan bagaimana cara yang efektif jika kami ingin mengikuti pelatihan pembuatan asap cair,

    from.
    harlis eshaya
    kota bau bau

  21. Abidanish mengatakan:

    Wassalam Wr.Wb.

    Bpk/ibu harlis,

    Untuk membuat asap cair, silahkan ikuti cara spt artikel ini bpk/ibu,

    Untuk pelatihan, bisa mengikuti di kantor kami, atau jika mau saya memberikan pelatihan secara ON LINE.

    Terima kasih

  22. Desora mengatakan:

    trima kasih penjelasannya pak. oh ya gmn klo pirolisis di atas 600, ada ga pengaruhnya?

  23. Abidanish mengatakan:

    Desora,

    Dalam proses pirolisis, tujuan apa yang hendak kita capai..? apakah mengambil asap cair, mendapatkan arang atau yang lainnya.
    Kalau ingin mendapatkan arang dan asap cair, suhu maksimal adalh 400 0C.
    Jika suhu diatas 400 0C, apalagi sampai 600 0C, produk asap cair akan semakin banyak impuritasnya. seperti produk Tar. Tar memiliki kandungan benzopiren yang sangat kuat. hal itu yang tidak diinginkan untuk produksi asap cair sebagai pengawet pada makanan.
    Kandungan benzopiren yang tinggi, bersifat karsinogenik, atau zat yang memudahkan terjadinya kanker. anda mau..?
    tentu tidak.

    Makasih

  24. adhi mengatakan:

    Ass. Wr. Wb
    Pak, saya mau tanya, alat pirolisis bapak bisa nggak klo diisi dengan cangkang kelapa sawit untuk mendapatkan asap cair? Klo bisa, kira2 kelebihan n kekurangan asap cair dr kelapa dan cangkang apa ya pak? Trima kasih

  25. Abidanish mengatakan:

    Adhi,
    Pada prinsipnya alat pirolisis kami sama untk memproses asap cair.

    Kelebihan asap cair dari sawit, bahan lebih melimpah dar i kelapa. Khasiat sama pak.
    Thanks

  26. wahyan mengatakan:

    Pak disini banyak sekali limbah jati seperti serbuk gerjaji dan potongn2, kira2 bisa dibuat asap cair? apakah penggunaannya sama dengan asapcair dari tempurung kelapa (bisa untuk pengawet makanan)? trus apa beda grade 1, 2 dan 3 dilihat dari proses pembuatan? terimakasih

  27. yuhan mengatakan:

    apakah bapak mau menampung produk vco dan asap cair tersebut? soal nya kami masih agak susah untuk pemasarannya.. saya jg mohon informasi mengenai cara pembuatan coco fiber dan coco peat.. bagi teman2 yg punya info nya jika berkenan mohon email kan ke saya di yuhan_qren@yahoo.co.id

  28. Abidanish mengatakan:

    Ayo, siapa yang mau jadi penampungnya..

  29. arie yunaldi mengatakan:

    salam kenal, saya sekarang berbisnis di bidang arang batok kelapa, saya mau mengembangkan ke asap cair, bagaimana caranya saya bisa belajar secara online? terimakasih

  30. Cahya mengatakan:

    Pak, mohon infonya apakah selain tempurung kelapa, serbuk gergaji bisa dibuat asap cair dan fungsinya sama? Apakah asap cair dibuat dgn cara sederhana? Terima kasih

  31. aziz mengatakan:

    ass,
    pak,alat untuk membuat asap cair itu apakah bisa dibuat sendiri??
    kalo bisa itu gimana pak??
    mohon bantuannya…

  32. Andriyono mengatakan:

    Salam,
    Pak apakah bisa kasih penjelasan, cara membuat reaktor pirolisis sederhana
    dan kalo bisa gambar teknisnya.
    Yang saya maksud sederhana adalah menggunakan bahan2 yg sederhana dan mudah didapat.
    terima kasih untuk infonya.

    Andriyono.

  33. Tirta mengatakan:

    ass..
    salam kenal pak, saya tertarik dengan pengolahan asap cair ini, saya mau bertanya kepada bapak,biasanya pada bahan baku tempurung kelapa berapa kadar air yang dianjurkan untuk menghasilkan produk yang optimal dengan kualitas yang baik, dan saya boleh minta referensi buku tentang pengolahan asap cair….
    terima kasih atas kesadiaan bapak….

  34. Tony mengatakan:

    mohon info nya…

    saya ingin beli produk asap cair nya dimana ya dan harga brp?

    bisa di emailkan ke saya ( zent88@gmail.com ).

    terima kasih ya…

    Tony

  35. oarng mengatakan:

    lololo….mahal bener ya alatnya..kirain dibawah 1000000…

  36. irmaiza mengatakan:

    SAya mahasiswa peternakan UNAND..
    saya telah melakukan penelitian pemberian asap cair pada bahan pangan…( telur) dan saya mendapatkan hasilnya luar biasa.perubahan pada bahan pangan memiliki daya simpan yang lebih lama.
    tetapi saya mngalami kesulitan….karena di padang pembuatan asap cair ini blom ad.karena saya harus memesannya dari jogja…dan pengirimannya juga susah.karena jasa pengiriman juga takut ngirim karena berbentuk cairan.
    masyarakat di sini blom mengetahui asap cair itu apa??saya tertarik untuk membuat reaktor tersebut.mngkin saya liat biaya pembuatan reaktor nya tidak terjangkau oleh saya….bagaimana reaktor sederhana pembuatanya pak????
    dan saya dengar produksi pembuatan asap cair di jogja begitu pesat….apa salah bapak menyebar ke luar jawa.dan alangkah baiknya reaktor tersebut ada disini….karena bnyak kegunaan bagi masyrakat si sini…bs juga di gunakan untuk Usaha.
    moon bantuannya pak…email saya irmaizaputra@ymail.com.wasalam

  37. adhy mengatakan:

    kompor apa yang diPakai pak untuk untuk pirolisis biar suhunya dapat 400

  38. fachrul mengatakan:

    salam kenal.
    kami penyedia jasa pembuatan desain alat pembuat asap cair dan arang tempurung kelapa. kami akan berikan desain lengkap dengan papernya yang bisa anda pelajari sendiri beserta saran lengkap. pembuatan anda dapat lakukan di bengkel terdekat di daerah anda sesuai kebutuhan dan potensi tempurung yang ada. pemesanan bisa menghubungi:

    akhroe.ben@gmail.com
    faroukmanagement@yahoo.com

    sms 0899 66 583 66

  39. ashar mengatakan:

    ass.mas,
    saya punya binaan nelayan cukup banyak, saya perna berikan asap cair untuk dicoba mengawetkan ikan tangkapannya, ternyata luar biasa perubahannya, mereka antusias mencari asap cair, apa bisa kami menawarkan jadi distributor dikota kami bontang kaltim (ashar)

  40. Tri Rudianto mengatakan:

    pak,, saya mau tanya apakah setiap asap dari hasil pirolisis itu asap cair??
    bagaimana dengan kandungan air yang terdapat didalam batok kelapa atau bahan lainnya yang akan dipirolisis ???
    terus saya mau tanya asap cair grade 3 yang digunakan untuk pengental karet
    bolehkah saya tahu takaran yang dapat digunakan …
    terimakasih sebelumnya
    salam
    chemical engineering

  41. Abidanish mengatakan:

    Mas Tri,

    Hasil pirolisis arang tempurung keluar dalam bentuk ter dan liquid smoke (asap cair)
    Untuk membekukan karet, sampean bisa coba 3% dari asap cair hasil pirolisis ke dalam getah karet,
    semoga bermanfaat.

    Tks

  42. ah masak sih??? berapa kandungan phenol asap cair bapak?? bisa saingi produksi kami? kandungan phenol 30%.jika belum berarti asap cairnya masih meragukan pak. Buat yang mau belajar pembuatan asap cair grade 2 dan 1,sampai transfer teknologi silahkan kami undang ke gubuk kami CV Prima Rosandries (produsen tunggal asap cair indonesia), di jember. perusahaan kami sudah diakui oleh Kemenristek RI dan KEMENPORA sebagai yg terbaik,bahkan asap cair pak bambang setiadji pun kalah jauh dengan kualitas kami.kami baru lulusan SMP tapi insya allah khusus asap cair kami optimis masih yg terbaik. produk treatment apa saja yg dihasilkan melalui asap cair bisa dilihat di website perusahaan kami: http://www.asapcairorganik.com. insya allah akan banyak aplikasi baru dalam 2 bulan ke depan,untuk penanganan berbagai masalah di indonesia…go inovator indonesia!!

  43. Abidanish mengatakan:

    Mas Arief,

    thanks atas atensinya atas blog kami,
    tapi rupanya anda sudah lebih maju dari kami, Baguslah..
    bagusnya anda share dong disini keuunggulan anda,
    Kalaulah sdh dapat penghargaan dari sana-sini, mbok yo diBagi.., biar tambah barokah ilmunya..

    Tentang kandungan fhenol mau ditingkatkan lebih 30% bisa mas, tergantung kebutuhan. itu hanya bilangan fraksinasi saja, mengatur pemisahan dengan perbedaan suhu didih fraksi di Asap cair.

    Tapi nampaknya, claim sana sini, yg terdepan dan lain-lain itu bagian dari proses mas.., kalau anda yg terbaik dan bisa mengalahkan Profesor kami Bambang Setiadji, hebat dong wow lah..
    Tapi ada peribahasa jawa itu “OJO DUMEH” ojo koyo KODHOK KETUTUPAN BATHOK,
    Sehingga maaf, Pangsa menunjukkan bangsa, umpama durian.

    Jadi bijak saja ya dengan penemuan-penemuan yang sudah kita temukan, seperti Ayak Lukman Al hakim yang sangat bijak saat memberikan wejangan kepada anaknya, kemudian tertera dalam Alquran, “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.”(QS.Luqman-18)”

    Syukron atas kunjungannya, jangan kapok ya :)

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 104 pengikut lainnya.

