Asap Cair Penggumpal Karet Lateks


karet-dg-asap-cairTeman Kami pernah berkunjung ke Kebun Krumput PTPN IX, disana adalah salah satu prusahaan produsen Karet alam RSS (Ribbed Smoke Sheet).

Masalah yang dihadapi adalah adalah timbulnya jamur pada sheet / lembaran karet yang diakibatkan oleh jumlah dan kamar asap yang tidak memenuhi produksi. Selama ini Kebun Krumput untuk mengatasi Jamur menggunakan Formalin sebagai desinfektan. namun akibat adanya larangan penggunaan formalin pada makanan, maka mendorong harga formalin naik (mahal) dan pernah melonjak di kisaran harga 25.000 per liter. akhirnya biaya produksi meningkat. setara dengan pengurangan keuntungan.

Masalah itu ditindaklanjuti oleh teman kami, untuk melakukan riset terhadap penggunaan asap cair pengganti formalin.

kenapa memakai asap cair..?

asap cair diketahui memiliki sifat antioksidan dan anti mikrobia, terutama diperoleh oleh senyawa fenol yang merupakan komponen aktiv dalam asap cair. selain itu asap cair harganya masih murah.  maka dipilihlah asap cair  sebagai alternatif pda penggumpalan karet Lateks.

Asap cair yang digunakan adalah dari Tempurung kelapa dengan konsentrasi grade 3. asap cair ini adalah hasil distilasi tingkat pertama. menggunakan produksii PPKT Yogayakarta

stelah dicoba dengan berbagai campuran diperoleh kombinasi asap cair dan asam formiat 50:50. hasil ini memiliki waktu penggumpalan yang relativ lebih cepat. seru yang dihasilkan lebih sedikit, hasil penggumpalan lebih kokoh dan menghasilkan warna sheet lembaran yang lebih ceraah setelah pengasapan.

dan yang jelas, penggunaan asap cair dapat mengurangi biaya produksi. dan keuntungan  bertambah.

(Nurfitriasari dkk, 2006)

Untuk pemesanan dan diskusinya, bisa menghubingi saya

Mansur Mashuri, ST (manager R&D CV PPKT)

kunjungi terus ; http://produkkelapa.wordpress.com

email : mansur_mash@yahoo.com

13 Responses to Asap Cair Penggumpal Karet Lateks

  1. willy mengatakan:

    Saya sudah coba g2 sebagai rubber coagulant. tapi bekunya berjam-jan. Pakai asam formiat cuma 5 menit lansung latexnya beku. pekebun tidak mau, karena jika ditinggal berjam-jam bisa dicuri orang!

  2. Abidanish mengatakan:

    sebenarnya yang kami pakai bukan grade 2 tetapi grade 3 pak. hasil pirolisis langsung.
    thanks

  3. taufiq mengatakan:

    tolong dijelaskan secara rinci bagaimana caranya bila ingin menggunakan asap cair gr.3 sebagai penggumpal karet, terima kasih

  4. Ronny mengatakan:

    Saya punya pasar penggumpal karet di sumatera, kira2 berapa harganya serta dosis penggunaan bagaimana? tks

  5. Abidanish mengatakan:

    Pak Roni,

    Untuk penggumpal karet, menggunakan asap cair grade 3, harga kami 15.000 per liter.

    untuk dosis, sering bervariasi, tapi bisa dicoba dari mulai 1/10nya.

  6. dono mengatakan:

    itu kan untuk penggumpalan karet….kalau untuk mengencerkan karet mentah pake asap cair jg bs??nuwun

  7. dedy ariansyah mengatakan:

    saya berminat untuk buka usaha pembuatan Minyak Goreng Kelapa mohon bimbingannya pak terima kasih.

  8. johansyah mengatakan:

    Saya mahasiswa pertanian USU semester 9 lagi penelitian tentang asap cair dari tempurung kelapa untuk koagulan lateks. saya sangat senang dan mengharap apabila bapak sudi membantu baik bimbingan maupun yang berkenaan dengan penelitian saya. di tunggu ya pak konfirmasinya . . .
    thanks sebelumnya . .

  9. Abidanish mengatakan:

    Johansyah,

    dengan senang hati saya bisa membantu :)

    Salam

  10. nasrudin mengatakan:

    saya mahasiswa kimia FMIPA UNLAM (kalsel) semester 7,, saya juga lg belajar bikin asap cair.. rencananya mau bikin penelitian tentang asap cair sebagai penggumpal lateks…

    kalau boleh tau,, perbandingan waktu antara pemakaian asam formiat dengan asap cair 50:50,,, berapa yah?

    kalau pakai asap cair G3 100% bisa ga?

  11. William mengatakan:

    Salam Pak, Saya William mahasiswa semester 9 Unika Musi di Palembang yang sedang penelitian tentang aspek bisnis asap cair sebagai penggumpal lateks, terutama karena prospek karet yang sangat besar (terbesar di Indonesia) di Sumsel, karena itu saya berharap bapak dapat membantu saya tentang asap cair ini terutama bagaimana penggunaana asap cair yang benar sehingga bisa dipasarkan dan mengimbangi produk penggumpal lateks yang lain seperti cuka para dan tawas. Saya telah mengadakan survey kepada petani-petani karet untuk menanyakan kenapa mereka tidak memakai penggumpal lain, dan jawaban mereka sederhana, kalau asam format itu mahal harganya sedangkan asap cair lama menggumpalnya. Karena itu mereka tetap memakai cuka para.
    Saya berpendapat bahwa dengan sosialisasi yang tepat dan dengan adanya Gerakan Nasional Bokar Bersih produk asap cair ini dapat menjadi komoditi yang memiliki prospek yang tinggi
    Saya mengharapkan jawaban dari bapak, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

  12. Yon Apiek mengatakan:

    jika untuk penggumpal karet apakah ada campuran airnya pak?

  13. Abidanish mengatakan:

    Tidak ada :)

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 104 pengikut lainnya.

