Memurnikan Asap Cair


Redestilasi Asap Cai

Redestilasi Asap Cai

Asap cair yang diperoleh dari pirolisis termasuk grade 3. warnanya coklat pekat, kandungan ter masih banyak. Grade ini sangat cocok untuk penggumpalan karet, pengawetan kayu dll. Jika digunakan untuk pengawet pada makanan, maka Grade 3 harus ditingkatkan ke Grade 2. Grade 2, memiliki warna yang lebih coklat bening, kandungan ter jauh berkurang. aroma asapnya sudah agak berkurang. nah, bagaimana membuatnya..? akan saya berikan trik pengolahannya.

1. Endapkan asap cair grade 3 selama minimal 1 minggu, untk mengendapak ter

2. saring dengan zeoilt

3. Distilasi ulang asap cair grade 3 tsb. distilasi dilakukan pada suhu 120 – 150 C

mudah bukan…?

(mansur mashuri)

26 Responses to Memurnikan Asap Cair

  1. immanuel Ginting mengatakan:

    terima kasih atas informasi Redestilasi asap cair. kami masih menantikan gambar pemasukan dan pengeluaran bahan baku arang batok dalam proses pembuatan asap cair, atas bantuan bapak kami ucapkan terima kasih

  2. Abidanish mengatakan:

    he2x… wah jangan semuanya pak.. RHS.

  3. jimes kurniawan mengatakan:

    sy tertarik untuk ikut meramaikan bisnis asap cair. dimana sy dapat memperoleh alatx n ada tak yg m,au transfer teknologi? berapa kira2 biaya investx?

  4. Abidanish mengatakan:

    Mas jimes… Alat bisa pesan saya..sekaligus saya bisa transfer teknologi.
    Contact Japri Via email : mansur_mash@yahoo.com

  5. faisal mengatakan:

    dimana saya bisa dapatkan zeolitnya.dan berapa harganya

  6. Abidanish mengatakan:

    Zeoilit ada di toko bahan kimia, seperti Brataco dll.
    per kg rata2 dijual antara 5.000 -10.000

  7. Herman mengatakan:

    Hormat saya,
    Tolong dong pak informasi pemasaran produk…!
    saya sudah coba cari informasi tapi belum berhasil. Saya sudah coba menghub Bpk Imam Nurhidayat yg masuk majalah Trubus katanya butuh banyak untuk memenuhi pasar yg katanya 10 ton dan produksi beliau masih 2,3 ton tapi ditolak beliau dengan alasan keseragaman mutu,padahal mutukan bisa kita sesuaikan dengan permintaan.hal ini membuat saya sangsi apakah benar pangsa pasar masih terbuka lebar. kalau benar masih menjanjikan tolong dong informasi pemasarannya doalnya saya sudah terlanjur setengah jalan,sudan tanam modal cukup besar untuk memproduKsi asap cair. Tolong di informasikan ke email saya herman_tjoa@ymail.com atau (021)70716775.
    terima kasih atas informasinya.

  8. surya cahyadi mengatakan:

    saya perna ikut pelatihan pengolahan produksi asap cair tempurung kelapa.. mulai dari situ saya sudah tertarik bisnis ini, tapi kendalanya modal saya tidak cukup untuk membeli pelatan pirolisis dan destilasi asap cair.. apakah ada alat produksi asap cair yang lebih sederhana dan harga lebih terjangkau… dari teori yang saya dapatkan.. arang aktif secara mekanis dihasilkan pada pembakaran suhu 300-450oC.. ini adalah suhu yang tepat untuk produksi asap cair.. apakah arang hasil produksi asap cair termasuk arang aktif dan dapat digunakan sebagai penyerap bau, pada berbagai perusahaan, seperti minyak goreng, air minum, dll..
    terima kasih
    tolong informasinya dikirim ke email saya surya_goya@yahoo.co.id (085230630542)

  9. Abidanish mengatakan:

    Arang yang dihasilkan dari proses pirolisis belum menjadi arang active, baru setengahnya. jadi belum maksimal untuk digunakan sebagai arang active, tapi bisa di coba mas surya.

  10. sholeh pradana mengatakan:

    saya adalah pembuat arang kayu dan arang batok, dan saya tertarik banget dengan istilah asap cair ini, kira kira apa bisa ya sekali jalan ? arang dapat dan asap cair juga dapat sesuai dengan mutu dan kwalitasnya ? dan kira kira ada g perusahaan yang siap menerima asap cair tersebut dan juga untuk meningkatkan jumlah pemasaran kami, saya juga membutuhkan rekananuntuk peasaran arang kayu dan batok tsb. bagi siapa aja yang bisa membantu, place hub ms_pradana@yahoo.co.id.
    saya berada di banyuwangi jawa timur.
    sekian terima kasih

  11. Abidanish mengatakan:

    pak Soleh,
    Pada prinsipnya pembuatan asap cair dapat langsung menghasilkan arang batok.
    untuk mutunya perlu proses distilasi dan penyerapan senyawa benzopiren untuk pemakaian / aplikasi tertentu.
    Info pemasarannya, ayo siapa yan tertarik.
    Makasih

  12. febri mengatakan:

    ql diJogja siapa yang tau dimana yang jual asap cair?.
    bagi siapa yang tau saya mohon bantuannya.
    tank

  13. John Baso mengatakan:

    bagaimana kalau asap cairnya dijual di Makassar.wslm

  14. John Baso mengatakan:

    bagaimana kalau asap cairnya dijual di Makassar. wslm.

  15. Abidanish mengatakan:

    Pak John,

    Asap cairnya bisa dijual di Makassar, tinggal pesan ke saya :)
    tk

  16. faisal mengatakan:

    apabila asaop cair grade 3 dimurnikan dengan cara destilasi dengan suhu 120-150 c.apakah masih dapat gunakan sebagai pembeku karet.

  17. Budiman mengatakan:

    Pak, kalau bisa tolong kirimkan gambar detail alat penyaring asap cair grade #3 dengan menggunakan zeolite

  18. Ari mengatakan:

    saya pengin nanya apakah bapak punya resep penggunaan asap cair untuk produksi mei basah (mie bakso), bagaimana cara penggunaannnya dan berapa kadarnya, tolong balas ke email saya, terima kasih

  19. damanik mengatakan:

    kl di Medan, kami ada stock. tks

  20. Caktik mengatakan:

    Kapan ya ada seminar pelatihan Di surabaya…?

  21. reni mengatakan:

    bapak… bisa tolong kasi info tentang spesifikasi alat asap cair
    dan juga cara untuk redestilasinya

  22. amrullah mengatakan:

    assalamualaikum. saya juga mangalami kendala yang sama seperti pak herman. saya mohon mas infokan pemasaran asap cairnya. bagi pembaca di sumatera utara yang membutuhkan asap cair dalam jumlah banyak tolong hubungi saya ke email amrullahhubay@yahoo.com terima kasih.

  23. Abidanish mengatakan:

    Bapak Amrullah,

    Untuk pemasaran asap cair, saya sarankan bapak terlebih dahulu mengetahui manfaat dan kegunaan asap cair tersebut. Misal untuk pengawetan ikan, daging dll.
    Namun untuk yang lebih masal, saya yakin di aceh banyak tanaman karet, coba bapak aplikasikan untuk penggumpalan karet. Kawan saya di medan sudah berhasil memanfaatkan asap cair untuk penggumpalan karet, bahkan jadi komoditas yang diharapakan dalam industri karet bapak.

    Thanks

  24. djamaludin mengatakan:

    mohon info tentang spesikasi secara fisika dan kimiany untuk asap cair pada masing2 gradenya, terimakasih

  25. Muhammadrobi mengatakan:

    Assalammu’alaikum,saya mau nanya asap cair grade 3 diberi larutan alkohol dan h2so4 pekat terbentuk asap cair apa pak?trimakasih saya nunggu kabarnya lewat email,wassalam saya robby.

  26. Muhammadrobi mengatakan:

    Assalammu’alaikum,asap cair grade 3 diberi etanol,h2so4 pekat,asam asetat dipanas diatas air mendidih dapat terbentuk etil asetat trimakasih,wassalam saya robby

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 101 pengikut lainnya.

