Asap Cair untuk Pengawetan Kayu


Jika kita memotong pohon untuk kayu yang masih muda, biasanya akan mendapatkan kayu yang muda juga. kayuwarnanya terlihat putih. Tidak kelihatan tua. Harga jualnya pun pasti tidak akan sebesar kayu yang tua. atau jika ada pemborong yang ingin mendapatkan kayu yang kelihatan tua tetapi dengan harga yang murah, biasanya si tukang kayu akan memberi kayu yang memang kualitasnya tidak sebagus yang tua tetapi nampak tua. nah kalau terjadi seperti ini, biasanya para tukang kayu sering ngakalin “nakal dikit”. mereka biasa membuat “Nampak” Tua pada kayu.  kira-kira apa yang mereka lakukan ya..? kalau dari penelusuran kepada tukang kayu, biasanya memakai trik “ngakalin” tersebut dengan cara memoles kayu dengan cairan kimia seperti soda api atau NaOH atau Natrium Hidroksida. pemolesan kayu dengan NaOH, sekilas memang akan menghitamkan kayu yang muda menjadi nampak tua. Cara ini umum dilakukan oleh para tukang kayu.

NaOH adalah termasuk basa keras, jika direaksikan dengan air, maka dia akan mengeluarkan panas. Aplikasi NaOH sangat banyak dilapangan. bisa untuk bahan sabun, katalis dan lain-lain. atau cara yang umum biasanya untuk memecah sumbatan pada saluran pembuangan. sumbatan yang terdiri dari kotoran biasanya akan hancur terkena NaOH.

Nah, sekarang bagaimana dengan NaOH jika digunakan untuk kayu..?

NaOH yang dilarutkan dalam air, maka akan mencair dan menimbulkan panas. Lalu jika dipoleskan ke dalam Kayu, menyerap ke dalam kayu, maka kayu akan terlihat menghitam setelah mengering. ada proses pemasakan pada kayu. Berhasil sudah cara penuaan pada kayu.

Nah, itu cara penuaan kayu secara kimia. Lalu ada gak kira-kira cara yang lain yang menggunakan bahan organik atau alami. yang tentunya memiliki keuntungan yang lebih. Aman, Alami, dan punya efek pengawetan.

Jawabannnya  ada.

Asap Cair yang adalah jawaban yang tepat. Asap cair yang diperoleh dari arang batok kelapa, ternyata juga bisa menggantikan fungsi NaOH. lebih alami, aman dan ada efek pengawetan pada kayu.

Dengan menggunakan asap cair grade 3, dan dengan dicampur dengan spirtus, kayu-kayu sengon yang terlihat putih setelah dioleh oleh asap cair, terlihat tua.  hal itu telah dipraktekkan oleh pengrajin-pengrajin kayu untuk mainan. hasilnya bagus.

asap cair memiliki fungsi anti rayap, sehingga jika digunakan dapat menghindari dari serangan rayap yang dapat mengurangi umur pada kayu.

so… silahkan buktikan sendiri.

8 pemikiran pada “Asap Cair untuk Pengawetan Kayu

  1. Terimah kasih Atas Info Yang berkaitan tentang kegunaan asap cair yang bisa juga di gunakan untuk product kayu ..
    pertanyaan .. sampai berapa lama asap cair bisa menahan dari serangan jamur dan rayap ??
    apakah akan ada perubahan pada kayu yang akan di kirim ke negara yang 4 musim .. ?
    Terima kasih untuk info

  2. Bagi pembaca pengusaha kayu di aceh dan sumatera utara,saya punya asap cair grade 3 utk penggumpal lateks dan pengawetan kayu.085358415915.

Tinggalkan komentar