Memilih Kopra VS Minyak Goreng Kelapa Premium…?


Di beberapa sentra kelapa, para petani seolah tidak memiliki pilihan lain mengolah daging kelapa hanya menjadi kopra. Kopra adalah daging kelapa kering yang memiliki kadar air sekitar 15-20%. Kopra biasanya akan diproses menjadi minyak goreng kelapa. Proses kopra bisa dilakukan dengan pengeringan dibawah sinar matahari atau pengasapan. Para petani segerea menjual kopra kepada para pengepul dengan harapan segera mendapatkan uang untuk menutupi kehidupan sehari-harinya.

Namun ternyata siklus kopra dengan para petani tersebut tidak segera menambah/merubah siklus kehidupan para petani kelapa. Mereka tetap miskin. Bagaimana tidak, kopra hanya dijual dengan harga Rp -+ 2500/kg. Padahal 1 kg kopra diperoleh dari 5-6 butir kelapa setara dengan harga Rp 2.000-2.500. Jadi mereka hanya mendapat margin dari kopra per kg sekitar -+ Rp 100-200/kg.

Bisa dibayangkan, dengan irama kerja membuka kelapa, mencungkil, mengeringkan, atau mengasapkan dengan beberapa hari, mereka mendapatkan margin per kg hanya +- Rp 200…?

Adakah proses lain yang lebih menguntungkan. Saya kira, jika para petani diberikan sentuhan teknologi sedikit bagaimana mengolah kelapa tidak hanya menjadi kopra, tetapi dari daging kelapa dapat diolah menjadi minyak kelapa mentah CCO (Crude Coconut Oil) atau VCO (virgin coconut oil), yang harganya pasti lebih bagus, bisa dijual dengan harga bisa Rp 9-10ribu. Asumsi 1 liter kelapa diperoleh dari 10 kelapa. Harga 1 butir kelapa Rp 500. (catatan dibeberapa daerah harga kelapa banyak dijual dengan harga 250-350 rupiah) menguntungkan bukan…?

Akan jauh menguntungkan lagi, jika CCO/VCO kemudian di0lah menjadi minyak goreng kelapa premium. minyak goreng setara barco yang sudah ada dipasaran.  Apa bisa…? Jawabannya pasti bisa. Hanya dengan memberikan sedikit sentuhan netralisasi pada minyak kelapa kemudian disaring, hasil yang akan diperoleh adalah minyak goreng kelapa sesuai standar Nasional Indonesia. Kebetulan saya pernah melakukannya dengan membuat minyak goreng kelapa sesuai standar SNI dan HACCP :). Proses tersebut masih dilakukan di Kawasan Industri Minyak Kelapa Kulonprogo Yogyakarta.

Tidak sulit untuk memulai, asal ada kemauan. Peran pemerintah daerah sangat diharapkan untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan produk kelapa menjadi unggulan di daerahnya sendiri. Kelemahan minyak goreng kelapa yang diolah saat ini adalah tidak tahan lama, hanya mampu bertahan sekitar 1-2 mingguan. Lewat dari masa itu sudah tengik, Maka sering terdengar istilah minyak Goreng Kampung. Penamaan yang tidak menjual. Masyarakat kelas tertentu pun ogah menggunakan minyak goreng kelapa tersebut. Karena memang kesan yang dibuat adalah Kampung, Jelek, tidak bermutu (ini adalah pembunuhan karakter yang terkesan halus).

Nah, kelompok-kelompok tani yang mengolah daging kelapa menjadi kopra, sudah saatnya diarahkan mengolah daging kelapa menjadi minyak goreng kelapa premium yang harganya bisa bersaing dengan minyak goreng sawit. Hingga harapannya tumbuh sentra ekonomi rakyat yang lebih bergairah.

By : Manshur Mashuri

75 Responses to Memilih Kopra VS Minyak Goreng Kelapa Premium…?

  1. mobil88 mengatakan:

    Blog yang luar biasa…teruslah berkarya !! :)

    http://mobil88.wordpress.com

  2. jemy mengatakan:

    Luar biasa ulasannya …. cuma sangat disayangkan…. Aspek yg begitu menyentuh rakyat banyak khususnya kita RAKYAT INDONESIA, anda masih lebih mengedepankan unsur bisnisx… kenapa harus PEMDA??? kenapa tidak mulai dari ANDA???

  3. Abidanish mengatakan:

    Jimes,

    Terima kasih atas kritikannya,
    ttg MGK, kami (saya dan teman2) di Yogyakarta sudah membuat MGK (minyak goreng kelapa premium) sejak tahun 2006
    Jatuh bangun sudah kami rasakan untuk memulai bisnis ini, kami sekarang sekadar ingin berbagi bagi mereka yang punya peluang bahan baku murah, tapi tidak ada kemampuan untuk mengolahnya.

    Bukankah begitu jimes..?

    thanks

  4. theo mengatakan:

    kalo boleh saya akan mempelajari lebih jauh tentang kopra,mohon info alamat.supaya saya bisa datang untukmelihat dan mempelajari

  5. theo mengatakan:

    kalo ada yang punya info tentang kopra di jogyakarata mohoninfo di 0274 7889828

  6. isna mengatakan:

    Yth,, Bp. Abidanish,,,

    Sudah adakah formula sehingga minyak goreng bisa lebih tahan lama, tidak menimbulkan bau tengik setelah 2 minggu? Kenapa Minyak sawit yang beredar di pasaran, disupermaket bisa tahan lebih lama? Bisakah formula ketahanan dipakai untuk Minyak Goreng Kelapa? Mohon Info

    Isna 08122658039

  7. rudy mengatakan:

    bro saya dapat kabar bahwa kopra tdk hanya dapat di proses pengeringan dgn di jemur utuh daging nya melain kan di kukur ter lebih dahulu juga bisa.
    apa itu betul?
    tks

  8. angga mengatakan:

    ..Saya sedang mendalami mengenai bisnis minyak kopra ni..
    saya punya kendala untuk membeli mesin tersebut,,
    (saya sudah dapat orang yang membuat mesin tersebut jauh di harga pasaran)

    ada solusi tidak?

    tks

  9. Adam mengatakan:

    Yth.Bpk Abidanish

    Ditempat saya sentra/penghasil kelapa. Apakah bapak punya teknologi untuk dapat memproduksi minyak goreng kelapa premium ? saya pernah mempelajari proses pembuatan VCO.dan saat ini saya tertarik dengan produksi minyak goreng kelapa.
    Mohon informasinya.

    Salam,
    Adam – Manado,SULUT

  10. Abidanish mengatakan:

    Mas Adam,

    Jawaban sudah saya balas via email.

    Tks

  11. Ade Nuryaman mengatakan:

    Asalamualaikum mas Abidanish .

    Saya mempunyai beberapa pertanyaan .
    1. Bagaimana Cara mengolah kopra menjadi minyak premium ?
    2. bagaimana cara mengatasi problem minyak yang berbau tengik .

    Saya mau mencoba membuka usaha minyak kelapa , karena kebetulan di daerah saya bahan bakunya cukum memumpuni .
    Untuk mesin pengolah saya buat sendiri ,
    kalau boleh saya minta alamat bapak karena saya ingin belajar tekniknya .
    untuk jawabannya boleh di kirim lewat email .
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih .

    Sukses selalu

  12. Abidanish mengatakan:

    Mas Ade,

    Jawaban sudah saya balas via email.

    Tks

  13. ary mengatakan:

    Asalamualaikum mas Abidanish…

    maaf sblm nya saya msh newbe bngt tentang bidang ini,
    apakah saya bs dpt bimbinganya?
    soalnya di daerah saya bnyak se x petani kelapa.
    mungkin saya bs dpt teknis ato prosesnya untuk pengolahan kopra menjadi VCO,
    biar hasilnya tdk tengik ato bisa tahan lama..
    matur suwun sebelumnya,
    mungkin balasanya bs dikirim lwt e-mail ..
    thx again…
    wassalamualaikum….

  14. Abidanish mengatakan:

    Ari,

    Untuk bimbingan teknis, kami ada pelatihan yang bisa anda ikuti.

    Thanks

  15. indra mengatakan:

    pak, saya ingin tanya . CCO yg didapat dr kopra dengan CCO yg di dapat dr proses santan ( mirip vco ) kualitasnya bagus mana ?? dan untuk awetnya apakah bisa sama ??
    saya berminat untuk menggeluti bidang ini,
    dulu pengalaman saya dibidang export hasil laut ,
    maturnuwun

  16. usman mengatakan:

    asslamualaikum pak….!

    1.bagaimana cara membuat minyak kelapa secara basah tanpa pemanasan…?
    2.bagaimana supaya minyak kelapa tidak tengik. bales lewat email

  17. Abidanish mengatakan:

    Usman,

    Jawaban sudah saya balas via email.
    Thanks

  18. Abidanish mengatakan:

    Indra,

    Jawaban saya balas via email. Nuwun

  19. indra mengatakan:

    ngga masuk pak , bisa di kirim ulang ???

  20. Abidanish mengatakan:

    Silahkan dilihat lagi mas,
    sudah saya ulang

  21. Oki mengatakan:

    maaf sblm-nya saya msh
    awam di bidang
    ini,
    dr ulasan anda spt-nya bidang ini jd menarik, dan jg d dkt daerah saya ada bnyk petani kelapa. krn itu bisa tidak saya mendapatkan info mengenai proses pembuatan kopra yg efisien dgn kualitas yg bagus serta pengolahannya menjadi minyak goreng kelapa premium (dimana kualitasnya setara dgn minyak goreng sawit).
    Jika memungkinkan apakah diperbolehkan untuk melihat dan belajar langsung ke rumah produksi anda.
    Terima kasih atas perhatin dan infonya,
    Balasanya bs
    dikirim lwt e-mail ..
    thx again …

  22. Oki mengatakan:

    Maaf sblm-nya saya msh
    awam di bidang
    ini,
    Dr ulasan anda spt-nya bidang ini jd menarik, dan jg d dkt daerah saya ada bnyk petani kelapa. krn itu bisa tidak saya mendapatkan info mengenai proses pembuatan kopra yg efisien dgn kualitas yg bagus serta pengolahannya menjadi minyak goreng kelapa premium (dimana kualitasnya setara dgn minyak goreng sawit).
    Jika memungkinkan apakah diperbolehkan untuk melihat dan belajar langsung ke rumah produksi anda.
    Terima kasih atas perhatin dan infonya.

  23. Abidanish mengatakan:

    Mas Oki,

    Jawaban saya balas Via email ya.

    Tks

  24. susalid mengatakan:

    PAk, saya tertarik dengan pemanfaatan dari kelapa dan turunannya, karena saya juga memanfaatkan batoknya untuk arang.
    Apakah saya bisa mendapat penjelasan untuk pengolahan kopra yg baik, kebetulan produksi arang saya di lampung akan segera berjalan, dan saya bisa sambil ngopra, jadi batok bisa saya manfaatkan juga.
    Mohon penjelasan untuk alat pengering yg sederhana beserta skemanya.

    Salam

    Abukayla

  25. syukur mengatakan:

    pak, ini ada web juga tentang sentra minyak kelapa di jogja, dan dia meng klaim yg asli, bgmn ini pak ?? apa bpk 1 group ?

    http://pelatihanrepindo.blogspot.com/

  26. Abidanish mengatakan:

    Mas syukur,

    Jwaban sya balas via email. Tks

  27. Abidanish mengatakan:

    Terima kasih atas pertanyaannya. Ttg siapa yang asli, siapapun boleh mengklaim atas dasar perhitungan bisnis. Mungkin diperbolehkan. Namun saya sendiri tidak bernafsu untuk mengatakannya. Ilmu adalah memang harus diwariskan, ditularkan. Bisnis adalah kepercayaan, kalau atas dasar bisnis kemudian membuat pernyataan-pernyataan yang menekan lawan bisnis bahkan menjatuhkan, itu adalah haknya. Yang jelas saya sendiri dalam mengelola blog berdasarkan pengalaman pribadi yang saya tuangkan ke dalam tulisan.

    Kalau terdapat irisan yang bersinggungan dan muungkin ada yang terganggu kepentingannya, maka itu adalah resiko dalam sebuah kompetisi ber fastabiqul khairaat. Sah-sah saja. Hanya saya ingin bersikap easy going aja terhadap omongan yang miring tersebut.

    Pengelola blog http://pelatihanrepindo.blogspot.com adalah memang sahabat kami saat masih bersama dalam 1 urusan kantor, tetapi ketika saya memutuskan untuk keluar, maka persoalan-persoalan yang dulunya diselesaikanm dalam satu kantor menjadi berbeda, kira-kira begitu persoalannya. saat masih di kantor yang sama, memang saya menjabat sebagai manager riset dan pengembangan, jadi saya sedikit banyak mengetahui segala hal tentang pengembangan kelapa, kemudian saya tuliskan dalam blog.

    Maka ketika saya keluar dan karena memang kantor tidak sanggup untuk menjaga kami, saya dengan membawa berbagai macam bekal yang saya dapat, kemudian dikembangkan sendiri, dan ada yang tidak senang dengan langkah kami.

    Jadi untuk saudaraku abang syukur, kira-kira begitu jawaban saya, mudah-mudahan ini bisa mengklarifikasi atas semua yang dituduhkan oleh saudara kami.

    Monggo mas syukur, panjenengan memiliki pilihan sendiri dalam memutuskan akan pertanyaan anda sendiri.

    Terima kasih

    Salam

    Mansur Mashuri

  28. Opik mengatakan:

    Pak, saya ingin mulai bisnis untuk mensupply kopra, bagaimanakah cara mengetahui kualitas kopra. Boleh minta alamat bapak? Saya ingin belajar langsung dilapangan, bls di e-mail saya, thanks

  29. victor mengatakan:

    asslamualaikum pak Abi,
    Ulasan yang bagus dan sangat kritis akan kemajuan petani kopra kita… Saya tertarik dengan ulasan bapak untuk conversi ke MGK Premium, bisakah anda menularkan info untuk kami tentang cara pembuatannya… Gimana cara menghilangkan bau tengik pada minyak kelapa? Tolong dibantu
    Terima kasih
    salam

    victor auddy

  30. Abidanish mengatakan:

    Mas Victor,

    Jawaban saya balas via email ya…
    Tks

  31. Ahmad Gozali mengatakan:

    Aslm.. Wr..Wb..
    Mas Abi, mohon informasinya juga tentang cara & teknis membuat kopra jadi minyak yg tidak mudah tengik.
    Bila berkenan, tolong kirim via email.

    Waslm..

    Gozali

  32. Robianto Muklim mengatakan:

    selamat malam mas,kita mahasiswa yang mao coba-coba kerja bisnis kelapa,bisa gak klo kita tanya-tanya mas dan menjadi mentoring kita?kira-kira jika mas berkenan kita bisa hubungan via apa?terima kasih atas kerja sama nya.
    email saya:robi1790@yahoo.com

  33. Abidanish mengatakan:

    Robianto,
    Silahkan, sebatas apa yang saya bisa.

    Tks

  34. Abidanish mengatakan:

    Baik mas Ahmad…

  35. unischadori mengatakan:

    ass wr wb…

    pak abidanish
    saat ne saya lagi usaha kelapa dari lombok,, dan lagi berencana membuat kopra disana. saya belum paham cara pembuatannya agar menjadi kopra yg kualitasx baik hingga minyak yg dihasilkan juga baik.
    mohon bimbingannya terima kasih.

  36. Abidanish mengatakan:

    Wassalam.

    Mas Unis, tentang keinginan bapak ingin membuat minyak dari kopra, saya sarankan bapak lihat tulisan ini dulu ya…, silahkan baca disini atau klik disni atau baca juga yang ini

    Terima kasih..

    Lebih jelas hub saya di 081328042283

  37. adie sukardi mengatakan:

    Assalamu ‘alaikum ww.

    Salam kenal pak. Saya asli dari sukoharjo namun sekarang lagi survey pasar kopra dan kelapa di sulawesi selatan. Saya ada order 100 ton kopra per bulan. dari hasil jalan-2 saya mala kepikiran membuka usaha pengolahn kopra disini. Dan membaca tulisan bapak diatas malah tertarik juga membuat minyak kelapa premiun.
    Kalo boleh tau barang kali bapak punya pasarnya dimana tempat saya nanti melempar minyak kelapa ini pak soalnya saya baru dibidang ini. Dan kalo bisa bantu saya baraqkali bapak punya chanel yang bisa suplai kopra 100 ton per bulan.

    Trims. Wassalam ww.

  38. lilis mengatakan:

    salam kenal pak Abi….

    Suami saya punya usaha mendatangkan kopra dari luar pulau. mungkin bapak punya contact person yang bisa saya hubungi untuk saya beli kopra nya.

    Saya punya pengalaman kopra tsb berjamur ketika sampai ditempat tujuan. Bagaimana supaya hal ini tidak terjadi lagi?

    Matur nuwun atas jawabannya

  39. lilis mengatakan:

    salam kenal pak Abi…..

    Suami saya punya usaha untuk mendatangkan kopra dari daerah, saya mohon bapak bisa membantu memberi contact person untuk saya beli kopranya.

    saya punya pengalaman kopra tersebut berjamur ketika sampai ditempat tujuan. Bagaimana agar tidak terjadi lagi? dan jika harus di reject sebagai pembeli apa yang harus saya lakukan?

    Matur nuwon pak atas jawabannya

  40. Darwin mengatakan:

    mau numpang nanya nich…
    1. bagaimana cara mengolah dari buah kelapa menjadi minyak kelapa dengan kwalitas premium?
    2. bagaimana cara menaksir kwalitas kopra?
    3. bagaimana cara menghilangkan bau tegik pada minyak kelapa?
    Thx atas informasinya.

  41. adi salmi mengatakan:

    salam kenal pak, saya berminat sekali untuk memulai usaha minyak goren dari kelapa saya tinggal di sumbar di daerah saya hasil kebunya kelapa. saya mintak bantu sama bapak cara mengolah kelapa menjadi minyak goreng, dan bagai mana supaya minyaknya bisa tahan lama. alat-alat, mesin apa yang di pergunakan dalam pengolahan dan berapa modal awal yang di butukan

    .

    kirim lewat imel saya: adisalmi60@yahoo.co.id

    sebelumnya
    saya ucapkan terima kasih….

  42. Abidanish mengatakan:

    Mas Adi,
    Jawaban Saya balas Via Email pak..

    Thanks

  43. putu mengatakan:

    apabila ada yang berminat dengan kopra, silahkan menghubungi saya via Email THX

  44. Abidanish mengatakan:

    Coba diasap mbak lilis….

  45. abhie mengatakan:

    assalamualaikum…
    saya sangat tertarik dengan bisnis perkelapaan ini.
    tapi saya masih sangat awam. kebetulan saya tinggal dekat jogja
    bolehkah saya datang ketempat bapak. untuk belajar mengolah kelapa menjadi CCO/VCO.

  46. rio mengatakan:

    salam kenal pak abi…

    saya sangat tertarik dengan ulasan bapak…
    selama ini saya hanya bergerak dengan kopra..
    bisakah saya dapat info lebih lanjut apa saja yang diperlukan untuk memulai pengloahan kopra jadi CCO atau VCO ????

    matur nuwun pak abi…

  47. Abidanish mengatakan:

    Rio,

    Untuk pengolaana VCO dan CCO bapak bisa mengikuti pelatihannya di tempat kami :)

    Thanks

  48. Abidanish mengatakan:

    Abhie,

    Silahkan ya… :)

  49. abbas mengatakan:

    blog yang luar biasa!!!
    mohon di kirimkan via email ke saya untuk pembuatan minyak kelapa premium denga alat/paket mesin pembuatan minyak kelapa yang anda jual mas.
    saya sangat tertarik dan ingin mencoba-karena selama ini saya hanya sebagai suplier kopra ke gudang besar dengan suply rata2 40-50 ton perbulan terima kasih
    ABBAS AL IDRUS—GORONTALO

  50. Abidanish mengatakan:

    Pak Abbas,

    Saya balas Via email pak,

    Thanks

  51. Nina Arien W mengatakan:

    Assalamu’alaikum.. Saya sangat tertarik dg tulisan anda.. Sperti tmen yg laen saya mau mencoba membuka usaha minyak kelapa didaerah saya,kerna derah saya jg penghasil kelapa yg lumayan tp sll djual keluar kota dg hrga yg murah..terpikir oleh saya,kenapa tidak di olah sndiri aja kmudian djual dg hrga yg lbih tinggi tentunya.
    yang ingin sya tanyakan :
    1. Bagaimana cara mengolah kopra menjadi minyak premium ?
    2. Bagaimana cara mengatasi problem minyak yang berbau tengik ?
    3. Kalau bs skalian dg mesin untuk pengolahan

    untuk jawabannya bs di kirim lewat email .
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih .

  52. Abidanish mengatakan:

    Mbak Nina,

    Jawaban sudah sya balas via email ya… :)

    Thanks

  53. william mengatakan:

    Assalamu’alaikum pak..
    wah sangat menarik ini kayaknya pak…
    bagaimana caranya agar saya dapat memulai bisnis ini pak?
    pertayaan saya sama dengan pertanyaan2 di atas :
    1. Bagaimana cara mengolah kopra menjadi minyak premium ? alatnya juga bisa di dptkan di mana pak?
    2. Bagaimana cara mengatasi problem minyak yang berbau tengik ?
    3. Mesin mengelola kelapanya agar dapat menjadi minyak dapat di beli dmn ya pak?
    kalau berkenan, sisipkan juga harga dari alat2 pengelolanya pak..

    mungkin itu saja yang saya ingin tanyakan pak…
    makasih pak…

  54. Abidanish mengatakan:

    Pak William,

    jawaban saya balas via email ya.
    tks

  55. Retno Widyastuti mengatakan:

    Pagi mas Abi, semangat pagi….maaf saya baru bergabung, salam kenal sebelumnya…saya amat sangat tertarik akan ulasan mas Abi tentang pengolahan kelapa menjadi kopra, bolehkah berbagi ilmu ke saya tentang tehnis dr awal sampek akhir pengolahan klapa sampai menjadi kopra, dan tips-tips nya agar olahan minyak dari kopra bisa sekelas dengan minyak premium, serta alat/mesin pengolahannya yg gmn, hrg, dan beli dmn? bisakah saya dapat bimbingan langsung dr mas Abi untuk datang di pabrik kopranya bl mas Abi berkenan. Suwun sanget.

    mohon balasannya…

  56. anes mengatakan:

    salama kenal mas abi saya ingin bertanya tentang proses ini, karena saya sangat tertarik dengan ulasan yang anda buat, membuat saya ingin melakukan usaha ini, kebtulan saya berada pada daerah yang cukup banyak menghasilkan kelapa

    1. alat yang harus di gunakan untuk mengolah minyak menjadi minyak premium
    2. Bagaimana cara mengatasi problem minyak yang berbau tengik ?
    3.proses pengerjaannya dari awal hingga akhir, dan kira2 barapa dana yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini

    mohon bimbingannya mas abi. . .
    trimakasih. .

    anes_more@yahoo.com

  57. kardi ajie mengatakan:

    Ass. wr. wb.
    Pak Abidanish, Dalam rangka penelitian saya pernah keliling Jogja tahun 2000an ke UGM ketemu Pak Bambang penggagas VCO, ke kulon progo lihat proses produksinya, dan yang saya temukan hanya minyak VCO yang dijual mahal dibanding minyak goreng, saya lihat di gudang minyak goreng tengik menggunung menunggu ditemukan formulanya untuk diolah sehingga bisa di manfaatkan. Minyak tengik karena kadar air lebih dari 2,5%, Sejak itu saya cari formula untuk membuat kadar air sesuai standar minyak goreng tetapi nihil.
    Belakangan ini saya buka lagi arsip saya tentang minyak kelapa dan saya mendapatkan blog ini, mohon bantuan informasinya, untuk :
    1. Bagaimana proses pembuatan minyak goreng kelapa sehingga kadar air max 2,5%
    2. Seperti apa bisnis proses pengolahan dari kelapa mentah hingga proses akhir berupa
    minyak goreng
    3. Teknologi apa yang dipakai
    4. Berapa nilai investasinya
    5. Adakah pengolahan turunan kelapa yang lainnya sehingga tidak ada scrap.
    Demikian terima kasih atas kebijaksanaannya.
    mohon jawabannya ke email : kardiajie@yahoo.com

  58. welisantri mengatakan:

    Bisa minta tolong formulanya agar tidak mudah tengik pak?

    Tks

  59. Abidanish mengatakan:

    Weliii…

    Ada dengan dengan cara pemurnian minyak mas…
    Caranya dengan menambahkan sejumlah bahan aktiv seperti NAOH untuk mengikat Asam lemak bebasnya.
    Lebih detil, kami ada pelatihanya.

    Thanks

  60. Abidanish mengatakan:

    Mas kardi,
    1. Disaring pake zeolit
    2. Teknologi yang kami pakai adalah netralisasi minyak kelapa mentah
    3. Investasi yang kami tawarkan mulai dari 25jt

    Thanks

  61. Abidanish mengatakan:

    Anes…

    Jawaban lengkap saya email ya :)

  62. Abidanish mengatakan:

    ANes…

    Jawban suaya balas via email ya

  63. Abidanish mengatakan:

    Ibu Retno….

    Untuk membuat minyak premium, syarat utama bahan baku haruskan super, seperti bening, jernih dan bukan dari proses kopra atau pemanasan, tetapi dibuat dg cara basah, via fermentasi atau metode perbedaan emulsi.

    Kalau sudah dapat minyak mentahnyak, baru kemudian dinetralisasi dan dsaring. :)

  64. sandhy nasution mengatakan:

    Bisa dikembangkan tu.coba saudara buat kalkulasi dana untuk 1ton kopra dijadikan minyak.

  65. nanan mengatakan:

    Ass.wr.wb…

    Salam kenal Pak Abidanish…
    Saya nanan, saya tertarik untuk mencoba bisnis kopra dan pengolahannya. kalo menurut bapak sebagai pendatang baru baiknya memulai dari mana ya Pak? dari kopranya atau langsung pengolahannya?

    Terimakasih atas Info dan bantuannya

  66. Asseri mengatakan:

    Sy puny kopra tp tk punya tempt menjual dg harga yg sesuai 0812 6851 888

  67. daniel siahaan mengatakan:

    saya sangat tertarik krn selama in saya sudah jalankan usaha kpra putih. tp yg ini lebih menarik, lengkapnya tolong di e-mail ke sini dan alat2 yg dibutuhkan. trimakasih. e-mail: dani_mamuju@yahoo.co.id

  68. Abidanish mengatakan:

    Bapak Daniel,

    Jawaban sudah saya balas Via email ya :)

  69. Iswar mengatakan:

    Asslmkm. Mas abidin. Sy sdh membuat minyak kelapa dlm skla rmh tgga. Tpi sy mndpt kendala yaitu minyak yg saya buat berbau tengik dan tdk tahan lama. Mas Abidanish.. Bagaimana cara tradisional membuat minyak kelapa agar tdk berbau tengik dan tahan lama. Tolong ya mas penjelasannya. Hp 085260001007

  70. Iswar mengatakan:

    Asslmkm. Mas. Abidanish. Sy iswar dari Batubara prop.SUMUT. Didaerah sy bnyk kelapa. Dan saat ini lg usaha buat minyak kelapa. Sy mau tanya bgmana cara tradisional membuat minyak kelapa agar tdk berbau tengik dan dpt tahan lama. Mhn mas.abidanish penjelasannya. Trimakasih. Wassalam

  71. vinvin mengatakan:

    saya tertarik akan fungsi dari minyak kelapa.
    Saya ingin tau bagaimana minyak kelapa bertahan lama.
    tolong infonya pak
    terima kasih

  72. Abidanish mengatakan:

    Vivin,

    Minyak di Netralisasi bu..

  73. jumadian mengatakan:

    Mas tlg kirimkan email k saya cr membuat minyak kelapa premium tsb? Sy blm pernah k jogja mhn alamat lengkap dan no hp mas krn sy mau blajar lsg cr pembuatsnnya. Mksh, alamat email sy : insanmandiri77@gmail.com( by jumadian)

  74. ivan mengatakan:

    mas tolong di emailken cara pengolahan kelapa melalui proses basah dan kering, serta langkah langkahnya, sekalian saja di masukkan harga mesin pemrosesnya dari awal hingga akhir produksi siap jual, ( tolong disertaken foto ditiap langkahnya,
    matur nuwun sanget.

  75. irfan Ode mengatakan:

    ass.. wrwb… pak.., mohon petunjukx tentang Bagaimana cara mengolah kopra menjadi minyak premium tanpa panas dan bagaimana mengatasi bau tengikx serta gimana dapetin mesinx klu menggunakan mesin..
    atas bantuanx sy ucapkan banyak terimakasi smoga Allah dpt membalas…

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 104 pengikut lainnya.

