Analisa Bisnis Minyak Goreng Kelapa VCO


Anda yang berada di daerah Sumatera, Sulawesi, Maluku, Kalimantan berbahagialah. Sumber daya alam anda melimpah. Namun jangan terlena, segera sambut usaha pemakmuran SDA tersebut dengan berfikir. Bagaimana mengolah ladang emas tidur tersebut menjadi ladang Emas yang hidup.

Sebagai contoh kasus saya akan mengambil kopra.

Kopra 1 kg dihargai Rp 2.500 – 3.000. 1 kg kopra diperoleh dari 4-5 butir kelapa. Jika harga 1 butir kelapa Rp 350, setara dengan Rp 1750 bahan baku ditambah biaya produksi per kg = Rp 500. Artinya Harga Pokok Produksi Kopra adalah Rp (1750+500) = Rp 2.250. Ada margin keuntungan Rp 250-750.

Keuntungan bisa naik atau turun. Tetapi seringnya, harga kopra jatuh. Para pengepul lah yang sering mendapatkan keuntungan. Bahkan para petani sering merugi. dilihat dari contoh kasus diatas, petani kopra memperoleh margin keuntungan per kg berkisar antara 250 – 750 Rupiah.

Sekarang, mari kita bandingkan jika petani diberi keterampilan mengolah kelapa menjadi minyak goreng kelapa premium, atau refining VCO.

1 liter VCO diperoleh dari 10 butir kelapa. Harga per butir Rp 350. Biaya produksi Rp 1000. artinya Hpp Produksi 1 liter VCO = Rp 4.500.

Kemudian dari VCO diolah lagi menjadi minyak goreng premium/ refining VCO. Biaya produksi minyak goreng per liter = Rp 1000. kemudian minyak goreng kelapa dijual dengan harga Rp 10.000,- maka keuntungan akan diperoleh sebesar (10.000 – (4500 + 1000)) = Rp 4.500.

Untung dari mengolah minyak goreng VCO adalah 4500/liter. itu masih belum ditambah dari penjualan dari minyak second/sisa.

Dari kasus ini dapat dilihat bahwa, jika faktor produksi jalan, maka keuntungan secara ekonomi akan bertambah. Jika 1 kg kopra memperoleh keuntungan maksimal Rp 750, sedangkan jika dibuat minyak goreng kelapa maka keuntungan 1 kg liter bisa mencapai Rp 4500.

Analisa bisnis seperti ini, harus diajarkan kepada para petani, bahwa jika menguasai faktor produksi, atau keterampilan, maka yang banyak diuntungkan adalah petani kelapa itu sendiri. Lebih jauh adalah masyarakat secara keseluruhan.

Praktik ini tidaklah sulit dilakukan, asal ada kemauan dari semua pihak. Petani, dinas terkait, LSM atau para pengusaha yang mau sedikiti repot untuk memikirkan nasib kelapa.

Untuk Mempertajam lebih dalam, kami di Kawasan industri minyak kelapa Kulonprogo, siap membantu anda yang mau terlibat dalam upaya pemberdayaan masyarakat petani kelapa. Kami menyediakan Kursus singkat atau pelatihan untuk mengolah kelapa menjadi Minyak Goreng kelapa Premium.

Info Pelatihan dapat menghubungi : Mansur Mashuri, ST (no HP : 081328042283)

About these ads

46 Responses to Analisa Bisnis Minyak Goreng Kelapa VCO

  1. Teddy Halim mengatakan:

    Berapa harga per kg nya? Kalau dibutuhkan 30-50 kg per bulan apakah bisa merekomendasikan pemasok nya?

    Terima kasih

    th

  2. Abidanish mengatakan:

    Pak Tedi,
    Jawaban sudah saya balas via email. tk

  3. handi mengatakan:

    Pak, harga per kg ? Pelatihannya ? Tks, pak

  4. MONA mengatakan:

    ass…saya dari sumbar seorang guru…di SMK kimia industri…saya ingin sekali memberdayakan murid2 saya spy bisa mandiri setelah tamat…apalagi SDA disini mengenai kelapa sangat banyak…maukah bapak berbagi ilmu ntuk kami di sini….

  5. Abidanish mengatakan:

    Ibu Mona,

    Balasan sudah saya jawab via email.

    Tk

  6. nizar mengatakan:

    saya dari solo mau menanyakan apakah pelatiahan yang diadakakan juga meliputi biodesel. terima kasih

  7. ilyas mengatakan:

    mohon info tentang biaya dan waktu mengikuti pelatihan. terima kasih

  8. Abidanish mengatakan:

    Ilyas,

    Jawaban sudah saya balas via email

    Tk

  9. Wirawan mengatakan:

    halo pak, sy ingin bertanya bagaimana perbedaaanya dengan minyak goreng yg biasa? dan berapa investasi dan bagaimana perlatihan yg deperlukan??
    dan apakah bpk jg menguasai pembuatan minyak goreng yg biasa??
    trima kasih, ditunggu jawabannya…

  10. Aang mengatakan:

    Selamat pagi Pak..
    Saya pernah menjadi pengumpul kopra, namun keuntungan tidak seperti yg diharapkan, malah kadang2 harus merugi.
    Saya sangat tertarik dengan ide mengolah kopra menjadi minyak. Bulan depan saya berencana untuk terjun ke bisnis kelapa lagi.. Kira2, modal minimum untuk mengolah menjadi minyak kelapa berapa? Alat dan bahannya apa saja? dan keuntungan minimumnya berapa?
    Trims atas infonya pak.
    Ditunggu di email saya yaa..
    Thank you very much.. God Bless You..

  11. Anggiat Sihombing mengatakan:

    Assalamu’alaikum Pak Abidanish,
    Saya jadi terinspirasi dengan tulisan Bapak, saya saat ini masih bekerja sebagai pelaksana project di Sumatera Utara, dan daerah saya itu banyak sekali kebun kelapa, dan saat ini hanya dijual sebagai kelapa cungkil dan kopra. Karena itu saya mau buat industri rumahan untuk minyak kelapa premium, tapi saya tidak tau prosesnya, juga bagaimana saya bisa mendapatkan pasar yang tetap supaya usaha saya nantinya akan diikuti juga oleh masyarakat lainnya sehingga penebangan kelapa yang sudah mereka lakukan bisa stop kalau sudah ada usaha ini, maklum Pak di Sumatera Utara masyarakat tergila-gila menanam sawit yang keuntungannya jauh lebih besar karena tidak mengolah kelapa jadi minyak goreng, tolong ya Pak, terima kasih

  12. RACHMAD mengatakan:

    SAYA MEMPUNYAI KELOMPOK YANG MEMPRODUKSI MINYAK KOPRA DG KAPASITA +/- 500LT/HARI. kAMI MENAWARKAN KEPADA SIAPA SAJA YG MEMBTUHKAN BISA MENGHUBUNGI SAYA DI 081329345665 / 0271-9191580. HRG UTK WILAYAH JAWA TENGAH SAAT INI +/- 11.000/LT, KARENA HARGA TIDAK MENGIKAT KECUALI SETELAH ADA MOU. TRIMAKASIH

  13. K. Sabeleake mengatakan:

    Selamat sore pak Abi…saya seorang aktipis di daerah kepulauan mentawai, kelapa merupakan hasil utama masyarakat, namun dihargai sangat murah karena biaya transportasi sangat mahal pakai kapal. saya ingin mencoba mengolah kelapa menjadi minyak goreng, sehingga bila ini sudah jadi masyarakat pasti akan belajar dan saya akan mengajarkan mereka.Dalam hal ini saya ingin belajar ditempat yang bapak tunjuk, berapa biayanya dan berapa lapa pelatihannya pak?….

    terimakasih atas informasi yang sangat berarti dari bapak.

  14. Abidanish mengatakan:

    Mas Sabeleake,

    Jawaban sudah saya balas via email pak.

    terima kasih, konformasi saya tunggu.
    :)

  15. sudianto mengatakan:

    saya mau memulai usaha MEMPRODUKSI MINYAK dari KOPRA/kelapa dan saya berdomensili di daerah sumenep atau pulau madura didaerah saya buah kelapa sangat banyak …kira2 berapa biaya yg diperlukan untuk memulai dari awal?dan apa saja yg perlu saya persiapkan, trims

  16. Abidanish mengatakan:

    Sudianto,

    Jawaban saya balas via email.

    Thanks

  17. ustad yafie mengatakan:

    pak saya ingin sekali mengikuti pelatihan dimana tempatnya dan bisa tidak, biaya pelatihannya brapa ? terimah kasih sebelumnya

  18. Abidanish mengatakan:

    Jawaban sudah saya balas via email, ustad Yafie. Nwun

  19. Madawa mengatakan:

    Bapak Abi, pertanyaan saya persis seperti bpk Sudianto, bedanya saya tinggal diflores,disini byk sekali kelapa. Kira2 apa saja yg dibutuhkan dan berapa modal awal yg dibutuhkan? Seandainya harus ikut pelatihan, boleh tidak jarak jauh, lewat modul ato video?? Terimakasih jawabannya bapak Abi.

  20. Abidanish mengatakan:

    Bapak Madawa,

    Untuk membuat minyak goreng kelapa, modal bisa berapa saja yang bapak miliki, tapi kira-kira minimal 20-20 jt untuk dapat membuat minyak goreng secara layak.

    Untuk pelatihan jarak jauh, bisa saja pak, bapak hubungi saya di 081328042283.

    Thanks

  21. yudi mengatakan:

    pak, saya mau tanya harga per butir kelapa Rp 350,- di daerah mana? karena di daerah saya purbalingga kelapa per butir udah sampai Rp. 1300,- kira2 apa masih memungkinkan untuk dijadikan usaha pembuatan minyak goreng kelapa? mengingat satu liter minyak berasal dari 10 butir. trimakasih.

  22. Abidanish mengatakan:

    Mas Yudi, harga kelapa Rp 350 adalah diluar jawa, spt sulawesi, maluku dan sebagian sumatera,
    Untuk harga kelapa Rp 1300, masih sangat mungkin, kami sendiri memproduksi minyak dari bahan baku dengan kisaran harga yang sama dengan anda,

    Untuk lebih jelas, tentang analisa bisnis minyak kelapa, mas yudi, bisa ikut pelatihannya di tempat kami,

    Tks

  23. hanif mengatakan:

    Assalamu’alikum pak abidanish
    saya sangat tertarik dengan bisnis minyak kelapa. bisa saya minta alamat lengkap isyaAllah saya akan silaturrahmi kempat bapak.
    terimakasih

  24. imam suhadi mengatakan:

    saya punya bahan baku kelapa yang melimpah, ingin saya olah jadi minyak asap, memasarkanya gimana.

  25. asih warsito mengatakan:

    pak di daerah saya saat ini harga kelapa 1 butir 1500.apa masih ekonomis.sedangkan harga minyak di pasaran 10000 saat ini.trima kasih

  26. Abidanish mengatakan:

    Mas Asih,

    Bisa aja pak, mau buat kopra, sekarang kopra harga per kg 10.000, minyak kelapa, harga sekarang 20.000, ayo mau pilih mana…?

  27. Abidanish mengatakan:

    Mas hanif,

    Alamat lengkap saya di Jalan Gedongkuning Selatan 202 Yogyakarta.
    Tks

  28. Rama mengatakan:

    Pak, Terima Kasih sebelumnya atas informasi analisis bisnis VCO ini.
    Semoga bisa menjadi inspirasi untuk Calon Skripsi saya dan bisa mengembangkannya di kemudian hari.
    Kebetulan saya Mahasiswa Pertanian dan sangat tertarik untuk mengamati VCO yang kini sangat kalah pamor dibandingkan CPO.
    sebagai perbandingan, secara ekonomis apakah VCO lebih menguntungkan daripada CPO?

    Matur Suwun,

  29. Abidanish mengatakan:

    Rama,

    Kondisi pasar sangat bergejolak dan fluktuafif dan banyak faktor yang mempengaruhinya.

    Saat ini, harga buah kelapanya saja mahal, kalau untuk VCO, pasti sangat mengganggu sistem produksi, padahal kadang untuk menjual, pembeli dg harga tetap :(

    Thanks

  30. Awirudin mengatakan:

    asslm saya petani kelapa di daerah banyuasin sumetra selatan, bagaimana pemasaran VCO di daerah saya

  31. abi mengatakan:

    bisa minta info pelatihan nya pak?

  32. aji mengatakan:

    pak jadwal dan biaya nya berapa?tq

  33. arif zaenur mengatakan:

    mau tanya sy mau mulai usaha ini , tp saya masih binggung untuk menjual hasil minya kelapa ya ke mana,,,,

  34. Abidanish mengatakan:

    Arif,

    Bingung menjual minyak kelapa, alihkan saja untuk minyak goreng, pasti banyak yang suka :)

  35. Abidanish mengatakan:

    Pelatihan minyak goreng kelapa,
    waktu 1-2 hari
    Materi : teori dan praktek langsung dilapangan
    Biaya : 1,5 juta

    thanks

  36. arif zaenur mengatakan:

    berarti inti VCO ini di jual untuk minysk goreng…

  37. Abidanish mengatakan:

    Arif,

    Untuk minyak goreng, bisa juga tuh dibuat, malah rasanya enak banget, dan kualitas minyak premium pak :)

  38. muhammad david mengatakan:

    tolong info pemasaran minyak goreng kelapa dan kopra.. info ditunggu tks @ david… hp 0813.106.88.777

  39. Kim Kow mengatakan:

    Selamat siang pak, saya mau bertanya nih;
    Di supermarket saya lihat produk VCO dan minyak goreng kelapa diletakkan di etalase yang terpisah, memangnya dari tingkat kemurnian, dua produk tersebut manakah yang lebih murni pak? karena saya pernah dengar VCO dari kelapa segar dan minyak goreng dari kopra.
    Untuk mesin, berapa modal yang diperlukan pak? apakah disertai alat penuang ke kemasan juga?
    Adakah tips biar barang masuk supermarket lebih mudah pak? karena pernah barang saya ditolak masuk (makanan ringan) dengan alasan etalase penuh.
    Terimakasih sebelumnya.

  40. sholachudin mengatakan:

    saya mau ingin memproduksi vco di daerah lampung masalahnya saya kesulitan untuk pemasaran hasil produk kami mohon bantuannya

  41. Abidanish mengatakan:

    Waduh mas….

    coba bisnis lewat internet aja mas, facebook, twitter, blog bisa untuk memulai usaha penjualan termasuk VCO… silahkan dicoba :)

  42. Abidanish mengatakan:

    Kim Kow,

    VCo lebih ke obat, minyak goreng kelapa untuk bahan masak, murni tidaknya tergantung kepada penggunaan.
    Untuk pembuatan minyak goreng kelapa yang bagus, saya menyediakan mesinnya.

    Jawaban lengkap sayua balas via email ya,

  43. Yuli anita mengatakan:

    Pak saya mau tanya berapa ya sekarang kisaran harga VCO per kg yg untuk obat?
    saya ingin beli tp dalam bentul kg an (kapasitas besar).

    apa yang membedakan kelapa untuk minyak goreng dengan Kelapa / vco untuk obat? ( produksinya, hasil akhirnya)?

    Sebelumnya terima kasih ….

  44. Tri Martha mengatakan:

    Bisakah saya dibantu tentang studi kelayakan usaha kopra dan vco ini ?
    sebab harga kelapa di tiap daerah sangat fluktuatif,,
    biaya tenaga kerja juga demikian,,,
    terima kasih sebelumnya.

  45. Abidanish mengatakan:

    Yuli…

    VCO harga kisarn per liter 60.000-100.000 rupiah :)

  46. Havis mengatakan:

    ada yang tau nama prodesen yang terbesar dijepara?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 101 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: