Cara Pintar Membuat Minyak Goreng Kelapa Premium


Minyak goreng kelapa premium adalah sebutan saya terhadap minyak goreng kelapa yang berkualitas barco (merk minyak kelapa dipasaran). Minyak ini sangat bagus, kualitasnya sama dengan yang ada dipasaran, Bisa tahan sampai 2-3 tahun.

Membuat minyak ini mudah, sangat tepat diajarkan kepada para petani kelapa untuk memulai usaha mengolah daging kelapa menjadi minyak goreng kelapa berkualitas.

Proses yang dilakukan adalah :

  1. Proses membuat CCO/VCO
  2. Proses Netralisasi
  3. Proses penyaringan

Untuk bisa membuat VCO/CCO dapat dilihat di artikel ini. Kemudian untuk proses netralisasi adalah menghilangkan free fatty acid dengan mengikatnya dengan basa menjadi sabun. Ukuran basa adalah 4M dari total minyak.

Langkah terakhir adalah dengan pemisahan dan penyaringan sabun/gliserol  yang terbentuk dari minyak goreng. Hasilnya akan diperoleh minyak goreng sesuai standar  SNI.

Bagi calon pengusaha atau pemerintah daerah terkait yang mau ikut mengembangkan potensi kelapa menjadi minyak goreng kelapa ini dapat mengikuti Pelatihan Membuat Minyak Goreng Kelapa Premium di sentra usaha kami. Kami akan membantu memberikan konsultansi proses dari hulu ke hilir dalam pengembangan minyak goreng kelapa ini.

Kami menawarkan juga paket kemitraan pembuatan Pabrik Minyak Goreng Kelapa Premium, paket hemat dan Paket Lengkap.

Informasi Produk Kemitraan Paket Hemat dan Paket Lengkap dapat diaksis di link berikut http://produkkelapa.wordpress.com, Silahkan klik. Terima kasih

Oleh : Manshur Mashuri, ST*

Cp. 081328042283 (SMS only)

* Praktisi kelapa, tinggal di Yogyakarta

103 Responses to Cara Pintar Membuat Minyak Goreng Kelapa Premium

  1. Abdul ghanie mengatakan:

    trima kasih atas infonya,tapi saya punya pertanyaan,,,bagaimana agar minyak kelapa tidak tengik….
    saya berada di daerah ciamis selatan kebetulan di sini mayoritas kehidupan dari kelapa,saya akan mencoba membuka usaha bikin minyak kelapa,tapi setelah di coba hasilny tengik…
    terima kasih atas jawabannya

  2. Abidanish mengatakan:

    Mas Abdul Ghanie,

    Untuk mengetahui cara pembuatan MGK tidak tengik, bapak bisa ikut pelatihan di tempat kami.

    Tk

  3. Eduard T mengatakan:

    sy rencana membuat pabrik minyak goreng dari buah kelapa(bkn sawit) kapasitas 2000/ hari. mulai dari buah kelapa sampai jadi minyak goreng siap di paking. mesin2 apa sja yg di butuh kan dan berapa harga nya. terima kasih. eduard t

  4. Subekti Mardjono mengatakan:

    Terima kasih atas informasinya, saya berminat utk mengetahui lebih lanjut ttg pembuatan minyak kelapa premium ini, harap diberikan alamat dan contact person agar saya dapat menguhubungi. Terima kasih.

  5. Abidanish mengatakan:

    Pak Edu,

    Jawaban sudah saya balas via email pak.

    tk

  6. TRIONO mengatakan:

    MOHON DI KIRIM CONTAC PERSONYA AGAR KAMI BISA KONFIRMASI LEBIH LANJUT, TRIMAKASIH NI DARI PACITAN

  7. Robby mengatakan:

    Pak saya ingin belajar u/ pembuatan minyak goreng kelapa/setara barko. Kiranya mesin apa saja beserta hasil produk sampingan yg bisa saya dapatkan?

  8. Grace mengatakan:

    Saya berniat membuat pabrik minyak goreng dari bahan buah kelapa (bukan kelapa sawit).apakah yang harus dipersiapkan (mulai dari alat2, mesin dll) dalam pengolahan buah kelapa sampai jadi minyak goreng siap pakai? kira-kira untuk tahap awal yang paling sederhana, berapa biaya yang dibutuhkan?
    Terimakasih banyak untuk bantuannya.

  9. Wirawan mengatakan:

    alo pak manshur, bole tanya apa perbedaan dengan minyak goreng biasa pada umumnya? dan untuk mengikuti pelatihan dari bapak berapa biaya yang diperlukan serta apakah butuh investasi besar dalam usaha ini??
    terima kasih.

  10. Lasmoro mengatakan:

    Jika Allah mengijinkan, sy rencana membuat pabrik minyak goreng dari buah kelapa di daerah kebumen, jika kapasitas 2000/ hari. mulai dari buah kelapa sampai jadi minyak goreng siap di paking. mesin2 apa sja yg di butuh kan dan berapa harga nya. tolong sekalian luas lahan yang bisa saya gunakan, terima kasih. Lasmoro tks

  11. Abidanish mengatakan:

    Mas Lasmoro,

    Jawaban sudah saya balas via email. Tks

  12. Adit mengatakan:

    Saya sangat teratrik untuk membuat usaha minyak goreng kelapa. Namun saya ingin lebih banyak tahu tentang usaha tersebut. pengetahuan mulai dari buah kelapa sampai jadi minyak goreng siap di paking. mesin2 apa sja yg di butuh kan dan berapa harga nya. tolong sekalian luas lahan yang bisa saya gunakan, terima kasih.
    adit trims.

  13. Abidanish mengatakan:

    Mas Adit,

    Kalau ingin secara jelas mengetaui teknik pembuatan minyak goreng kelapa dan seluk beluknya, kami di lembaga ada pelatihannya yang bisa diikuti.

    untuk info pelatihan bisa call di 081328042283

  14. afif mengatakan:

    ditunggu contact personnya untuk info lebih lanjut yaa…..

  15. Abidanish mengatakan:

    Afif,

    hubungi saya di 081328042283

    Thanks

  16. david baikole mengatakan:

    ini yang menjadi impian saya dari lama karena saya sudah punya rencana untuk mengelolah kelapa yang ada di maluku utara khususnya halmahera karena disana kelapa tidak dikelola dengan baik, jadi dengan adanya informasi ini saya sangat terbantu. thx

  17. Abidanish mengatakan:

    mas david, saya siap bantu anda :)

    ayo kapan..?

  18. kevin L mengatakan:

    saya berniat menjalankan usaha pabrik minyak goreng, kira2 apa yang harus saya persiapkan (mulai dari peralatan; harganya dsb) serta teknik pembuatannya dan seluk beluk usaha ini. bisa bapak membantu saya?

  19. Abidanish mengatakan:

    Mas Kevin,

    Balasan ttg keinginan bapak, sudah sampaikan Via Email.

    Thanks

  20. M.Faizin mengatakan:

    Halo pak,
    kami ada rancana mau mengolah buah kelapa yang ada didaerah, kurang lebih dari poso 300km, kami mau membuat minyak goreng kelapa, apa saja peralatan yang kami butuhkan dan berapa biayanya. terima kasih

  21. Abidanish mengatakan:

    Pak Faizin,

    Jawaban saya balas via email pak,

    Thanks

  22. chandra mengatakan:

    tlg krm analisa ush m.grg kelapa premium dan cocofiber ke email sy,pak.pemasarannya kemana saja,pak?

  23. Abidanish mengatakan:

    Chandra,
    Untuk lebih jelas ttg analisa usaha sabut dan minyakgoreng kelapa, ada pelatihan di tempat kami.
    Thanks

  24. yugosusetyanto mengatakan:

    saya tertarik usaha minyak goreng ini mohon informasi:
    1.berapa harga mesin pengelolaan minyak gorengnya?
    2.limbahnya apa tidak mengganggu lingkungan?
    3.bagaimana cara memproduksinya?
    4.bagaimana cara mencari ordernya?
    5.apa perbedaannya jika menggunakan bahan buah kelapa dan kelapa sawit?

  25. Abidanish mengatakan:

    Yugo,

    Jawaban sudah saya balas via email. Tks

  26. Ping-balik: Dari Jogja Untuk Indonesia (Mengolah Minyak Goreng Kelapa Premium) « Produk Olahan Hasil Kelapa

  27. eddy ryantobi mengatakan:

    mas, please..bantu aku.. aku punya usaha minyak kelapa, tapi proses pengolahannya masih tradisional,yang ada cuman tiga mesin pemarut kelapa..jelas produksinya hanya 500 buah kelapa per hari.oh ya …lokasi usaha Adonara-flores timur-NTT.dimanakah aku bisa dapatkan peralatan penunjang lainnya(mesin lainnya)yang dekat dengan lokasi usaha Adonara??? dan kira kira harganya berapa???? walau masih tradisional,aku memang sangat serius dengan usaha ini.. makasih mas atas bantuannya….

  28. Abidanish mengatakan:

    Mas Edi, Jawaban saya balas via email.

    Tks

  29. atep mengatakan:

    sama seperti pertanyaan diatas mas,
    kami mau membuat minyak goreng kelapa, apa saja peralatan yang kami butuhkan dan berapa biayanya. terima kasih

  30. Abidanish mengatakan:

    Atep,

    Jawaban sudah saya balas via email. Nuwun

  31. veronica sekar widuri mengatakan:

    sugeng siang pak….
    saya pegawai negeri sipil, kebetulan ingin usaha home industri, mengingat daerah kami banyak sekali kelapa dan murah harga jual dan belinya ditambah suami lagi belum ada kegiatan, bisakah saya dikirim contact person bapak, sehingga saya ato suami bisa belajar lebih lanjut tentang minyak kelapa…
    Matur nuwun sakderengipun, sugeng siang…..

  32. Abidanish mengatakan:

    Bu Veronica,

    Untuk belajar minyak goreng kelapa, bisa hub saya di 081328042283. tks

  33. Wadianto mengatakan:

    Dari widianto tegal untuk menghasilkan 1kg minyak kira2 berapa butir kelapa yg di butuhkan coz harga kelapa di sini agak mahal,.terima kasih

  34. fauzi mengatakan:

    Assalamualaikum pak,
    kami berencana mau mengolah buah kelapa yang ada didaerah majalengka, kami mau membuat minyak goreng kelapa, apa saja peralatan serta bahan sampai pengepakan yang kami butuhkan dan berapa biayanya. terima kasih

  35. wisak mengatakan:

    Pak, bisa minta info kelayakan usahanya dan untuk mengikuti pelatihan berapa biayanya?

    salam

  36. Abidanish mengatakan:

    Wisak,

    Jawaban sudah saya balas via email. tks

  37. Abidanish mengatakan:

    Wadianto,

    Untuk 1 kg minyak diperoleh dari 10 butir kelpa.

    Tks

  38. lusia mengatakan:

    pak saya mw tanya bapak saya itu bwt pabrik minyak kopra
    sebenernya uda jadi minyaknya pokonya dah bsa i mkan masalahnya baunya ama rasanya yg gg enak
    saya minta tolonggg banget kasi tw caranya

  39. Abidanish mengatakan:

    Mbak Lusia,

    membuat minyak dari kopra sangat kompleks prosesnya. ada beberapa hal yang perlu dikerjakan, seperti pengendapan getah atau dengan degumming, refining atau pemurnian menggunakan basa NaoH/KOH untuk menghilangkan asam lemak bebas/FFA Free Fatty Acid, kemudian karena masih kurang jernih/kuning kerug, minyak hasil refinasi dilakukan bleaching atau pemucatan, dan yang terakhir, harus dilakukan deodorisasi dan terakhir adalah penyaringan.

    Kompleknya pembuatan minyak kopra, karena hasil press minyak kopra berkarakter kotor, kental karena ada getahnya, berwarna kuning pekat karena banyak jamur selama pengeringan.

    Cara kopra sangat pas dilakukan oleh industri menengah dan besar, untuk industri kecil akan sangat merepotkan. Selain prosesnya sangat panjang, juga biayanya jadi mahal.

    Sebenarnya ada cara yang mudah untuk membuat minyak goreng kelapa, bahkan hasilnya lebih bagus, prosesnya hanya dengan mengeluarkan minyak dengan cara basah, waktunya hanya 1 hari, langsung dibuat minyak goreng juga bisa.

    Untuk lebih jelas bisa hubungi saya di 081328042283.

    Thanks

  40. Budy mengatakan:

    Saya berniat membuat pabrik minyak goreng dari bahan buah kelapa (bukan kelapa sawit).apakah yang harus dipersiapkan (mulai dari alat2, mesin dll) dalam pengolahan buah kelapa sampai jadi minyak goreng siap pakai? kira-kira untuk tahap awal yang paling sederhana, berapa biaya yang dibutuhkan?
    Terimakasih banyak untuk bantuannya.

  41. agung b mengatakan:

    malam bos…jadi teringat dengan minyak merek barco di pasaran, minyak ini kebanyakan hanya di pasar semi modern dan modern saja, untuk jenis minyak kelapa ini sangat jarang atau bahkan tidak ada di pasar pasar tradisional. mungkin dikarenakan harga yang lebih tinggi dibandingkan minyak sawit yang lebih terjangkau. menurut anda apakah minyak kelapa ini (hasil proses sendiri)bisa masuk dan diterima di pasar tradisional dengan harga yang bersaing dengan minyak sawit kebanyakan? Terimakasih, tak tunggu jawabannya.

  42. Abidanish mengatakan:

    Agung,

    Untuk masuk ke pasar, segala hal bisa diupayakan, gmana maunya pasar,kita tinggal ngikut tren yang ada, sebagai calon pengusaha, kita harus pintang membuat peluang, memanfaatkan peluang. semuanya bisa. It real bos…

    Thanks

  43. lilis mengatakan:

    PAGI PAK ;saya berniat ingin bikin pabrik minyak goreng bahan dari buah kelapa biasa (bukan kelapa sawit) dan yg pasalitas 500 ltr / hari ap yang harus saya siap kan mulai dari alat2dan mesin dan lain2 .dalam pengolahan buah kelapa sampai jadi minyak goreng siap di pakai dan tidak bauk dan warna ya bisa kuning bening ? saya tunggu info dari bpk di email terima ksh sebelum ya

  44. ardi kurnia mengatakan:

    pa abi makasih buat infonya. tolong kirim secara detail ya berapa biaya untuk mengikuti training di tempat bapa. oya alamatnya juga yang lengkap y pa ya makasih.

  45. lilis mengatakan:

    makasih banyak info yg telah sy trm dari bapak dan sy berminat sekali saya sekarang masih kerja di hong kong dan nanti sy pulang mau hubungin bapak mau ikut kursus dan yg sy tanyakan pak PEMESANAN MESIN MINYAK GORENG APAKAH LANSUNG BISA DI AMBIL, AP HRS PESAN DULU SEBELUM YA BERAPA BULAN soal ya saya di indo cuma cuti 1 bulan . mohon di bls via email terima kasih

  46. fatahnf mengatakan:

    mas, mohon infonya, saya berniat membuat pengolahan minyak goreng kelapa.

    1. apa saja yg harus dipersiapkan?
    2. mesin2 apa yg harus dibeli dan berapa harganya?
    3.pelatihan pembuatan minyak dr bapak berapa hari dan biayanya berapa?
    4.langkah2 pengolahan minyak dr awal sampai akhir bagaimana?
    5. 1 kg kelapa bisa menjadi berapa liter minyak goreng?
    6.lebih sehat dan bagus mana antara minyak goreng kelapa dgn minyak goreng kelapa sawit?
    7.berapa kapasitas liter/hari dari mesin2 pengolah tsb?

    terimakasih banyak mas atas penjelasannya.

  47. asih warsito mengatakan:

    pak saya mau tanya alat untuk pengolahan minyak apa bisa pakai alat sederhana.untuk alat berapa harganya pak.terus untuk pembuatan minyak dr kelapa sawit apa prosesnya sama pak.trima kasih

  48. nunung mhd anwar mengatakan:

    dear…

    Saya sangat tertarik dengan bisnis ini..
    Berapa dana minimal yang harus saya alokasikan utk bisnis tsb dalam sekala kecil terlebih dahulu..

    TQ..

  49. Ajeng mengatakan:

    boleh minta CP….tolong kirim via email

  50. Abidanish mengatakan:

    Saya balas ke email ya mbak ajeng….

  51. Abidanish mengatakan:

    Mas Nunung,

    Brapapun biaya anda, bisa kami bantu mas…

    Hubungi saya di 081328042283

  52. Abidanish mengatakan:

    Mas Asih,

    Alat yang kami pakai sangat sederhana, harga alat dapat menghubungi saya di 081328042283

    Sementara untuk proses pembuatan minyak sawit dan kelapa, ada perbedaan tetapi ada juga kesamaan, tetapi banyak bedanya mas,

  53. Abidanish mengatakan:

    Jawaban sudah saya balas via email, mas fatah.

    Thanks

  54. Budy mengatakan:

    Bisa tolong diemailkan jawaban pertanyaan2 diatas kepada saya juga? Terima kasih. Dan satu pertanyaan lagi, apakah pelatihan hanya diadakan di Yogjakarta? Terima kasih

  55. Abidanish mengatakan:

    Ardi,

    jawab saya balas via email ya… :)

  56. Pak budi mengatakan:

    saya sangat tertarik dg peluang usaha yg bapak tawarkan..namun terus terang saya blm pnya byk modal shg kalo untuk biaya pelatihannya dulu saja berapa pak, dan diadakan dimana, mhn alamat jelas dkrm kpda kami 085921872283. trma ksh

  57. Erhan mengatakan:

    Asw,mas,bisa tolong kirimkan daftar harga mesin pembuat minyak goreng?bisa dikirim luar pulau ke banjarmasin,trims.0813 4830 3471

  58. Mario mengatakan:

    ada cara pembuatan minyak goreng dari bahan CPO atu buah sawit karena di tempat kami merupakan banyak petani sawit
    mohon dapat dibalas hal ini

    regard

    mario

  59. Abidanish mengatakan:

    Mas Mario,

    Untuk pembuatan minyak dari sawit, mohon maaf kami belum bisa.

    Thanks

  60. Abidanish mengatakan:

    Mas Erhan,

    Jawaban saya balas via email.

    Thanks

  61. Rosyi mengatakan:

    Saya bersama rekan ada rencana untuk membuat minyak kelapa, kami menginginkan hasil minyaknya maksimal(tidak banyak yang terbuang berupa blondo, dan tidak mudah tengik, tidak ada bau kelapa) kami mohon bantuan saran untuk cara pembuatan, mesin beserta harganya. Terima kasih

  62. Abidanish mengatakan:

    Mas Rosyi,

    Jawaban kami balas via email. Tks

  63. Hary mengatakan:

    Askum Pak Mansur Mashuri

    Berapa biaya kursus cara membuat minyak goreng premium dari buah kelapa dan kapan ada skedul pelatihannya dan mhn alamatnya dimana pak?

    Salam hormat.
    Harys

  64. Abidanish mengatakan:

    mas hary,

    untuk pelatihan hubungi saya di 081328042283

  65. Tri Wibowo mengatakan:

    ass… pak. sya tri dari solo.. sy tertarik dengan usaha minyak kelapa.. mohon info cara kerjasamanya, mesin yang dipakai, info pengadaan kelapa dan analisis usahanya, maturnuwun

  66. H. Ruddy Prasetyo mengatakan:

    Ass.Wr.Wb.

    Saya tertarik bikin pabrik minyak goreng kelapa yg berkapasitas 500 ltr / hari untuk home industri, rencana lokasinya di daerah Bintauna – Bolaang Mangondow Sulut. Kebetulan kami ada perkebunan kelapa milik keluarga mertua yg pengelolaannya kayaknya kurang maksimal menurut saya.
    Mohon informasinya apa saja yang harus saya lakukan untuk mendirikan pabrik tersebut dan berapa biaya kursus dan harga mesinnya, terima kasih wass.

    Salam Hormat

    H. Ruddy P

  67. Johana mengatakan:

    Bagi rekan-rekan yang membutuhkan bahan bleaching untuk minyak goreng kelapa yaitu bentonit aktif atau bleaching earth dapat menghubungi saya di email : johanafr@yahoo.co.id, terima kasih.

  68. sahrizal mengatakan:

    salam mas,

    saya ingin membeli 1 liter minyak kelapa dara premium (cooking) untuk trial di Malaysia. Saya harap mas sudi membantu.

    Sahrizal

    +60127267647 ( Malaysia )

  69. Abidanish mengatakan:

    Ayoooo,

    siapa yang mau bantu :)

  70. sugie mengatakan:

    mohon info cara pembuatan dari awal sampai akhir minyak goreng berbahan baku kelapa.

    brp harga mesin/alat pengolahannya.

    terima kasih…

    Regard
    SUGIE

  71. Abidanish mengatakan:

    Mas Sugih,

    Cara pembuatan minyak goreng kelapa secara umum bisa dilihat pada artikel diatas.
    Kemudian untuk alat dan mesinnya, silahkan bapak buka LINK PENAWARAN saya berikut ini. Silahkan di KLIK

    Nuwun mas…

  72. Abidanish mengatakan:

    Thanks Infonya…… :)

  73. Abidanish mengatakan:

    Bapak Rudi…,

    Mohon maaf baru bisa balas pertanyaannya, jawaban tentang alat dan mesin sudah saya balas via email bapak.
    Untuk biaya kursus pembuatan minyak goreng kelapa premiumnya, kami menyediakan dg biaya 1,5 juta/orang.

    Thanks

  74. Abidanish mengatakan:

    Bapak Tri…

    Untuk alat dan mesinnya, saya jawabkan via email ya bapak..
    Untuk kisaran harga mulai dari 20jtan….
    Thanks

  75. Danny mengatakan:

    ass… sy tertarik dengan usaha minyak kelapa.. mohon info ttg mesin yang dipakai, info pemasarannya dan analisis usahanya…..Terma kasih..

  76. Abidanish mengatakan:

    Ok mas Danny…

    Analisa dan info pemasaraan saya emailkan ya..
    tapi hal yang paling mendasar, untuk pemasaran minyak goreng kelapa, saya berharap tercipta iklim pemasaran untuk daerah setempat, karena selama ini, di daerah penghasil kelapa, masyarakat justru malah mengkonsumsi minyak sawit. Jadi dengan keunggulan bahan kelapa yang melimpah dan banyak, diharapkan menjadi alternatif, adanya minyak goreng kelapa dg kualitas bagus juga harganya hampir sama dg minyak sawit.

    Thanks

  77. barryono basuki mengatakan:

    Menarik sekali

  78. Abidanish mengatakan:

    Thanks :)

  79. Adrianto Yogi Prasetyo mengatakan:

    Dear Pak,

    Jika boleh saya ingin menanyakan hal2 yang berkaitan dengan usaha tersebut, al:
    1. Mesin apa kita kita butuhkan dan harganya berapa?
    2. Bisa minta estimasi laba rugi jika menjalani usaha ini?
    3. Kemana saya bisa pasarkan produknya?

    Mohon pencerahannya ya pak, juga apakah saya bisa minta jadwal pelatihan yang ada di tempat bapak?

    Salam sukses,

    Adrianto Yogi Prasetyo

  80. Abidanish mengatakan:

    Mas Yogi,

    jawaban sudah saya balas via email ya :)

  81. desmala yanti mengatakan:

    Met sre pak, sαyα ♍ăü nanya tempat pemesanan minyak goreng curah. Tlong infonya pak lewat sms. Trimakasih. 082113643856

  82. Novi Tjandrawinata mengatakan:

    seperti teman2 diatas, saya tertarik untuk mengetahui info mengenai pengolahan kelapa, mohon infonya, terima kasih atas waktunya…

  83. Ndaru mengatakan:

    salam .. minta info spec dan harga mesin dan program anda ..apa ada pelatihan jarak jauh setelah pembelian alat

  84. Abidanish mengatakan:

    Ndaru…

    Ok spek sya kirimkan, pelatihan pasti ada dong…

  85. Masykur mengatakan:

    Terimakasih atas infonya,kemitraan untuk luar jawa (sulawesi selatan) bisa tidak,mohon infonya

  86. rukijo mengatakan:

    Ass wr wb. Pak Mansur, saya berminat bikin usaha pengolahan kopra menjadi minyak goreng kelapa, mohon saran dan info ttg mesin yang dipakai, dan analisis usahanya, termasuk perbandingan banyaknya bahan kopra yang digunakan untuk menghasilkan setiap liter minyak kelapa. terma kasih

  87. agus priyo mengatakan:

    sy rencana membuat pabrik minyak goreng dari buah kelapa(bkn sawit) kapasitas 2000/ hari. mulai dari buah kelapa sampai jadi minyak goreng siap di paking. mesin2 apa sja yg di butuh kan dan berapa harga nya. terima kasih. agus

  88. agus priyo mengatakan:

    Yth Pak Manshur,

    Terimakasih atas penjelasan bapak selama ini, kami sudah bikin rekapitulasi tentang Pabrik Sabut Kelapa di kep. Mentawai, setelah melalui beberapa kajian ternyata untuk industri Sabut Kelapa jika running sendirian di kep. Mentawai hasilnya akan Defisit alias merugi.
    Maka harus ada pengolahan kelapa terpadu yaitu : Daging Kelapa, Tempurung dan Sabut.
    Mas Abi, tolong dibahas kajian teknis untuk pabrik :

    1. Minyak Kelapa
    a. Berapa butir kelapa dibutuhkan untuk menghasilkan 1 liter minyak goreng.
    b. Berapa daya listrik dibutuhkan untuk mesin tsb komplit dari pencungkil kelapa sampai menjadi minyak goreng?
    c. Berapa tenaga kerja dibutuhkan untuk point b tsb?
    d. Berapa M2 luas bangunan dibutuhkan?
    2. Tempurung menjadi briket arang.
    Sama seperti point 1 diatas mas Abi

    Atas bantuan mas Abi saya sampaikan terimakasih.

    Salam

  89. Mas is mengatakan:

    Mohon info harga mesin pembuat minyak kelapa skala ukm…&berapa lm utk pelatihanya..tq

  90. Abidanish mengatakan:

    Oke mas…

  91. Abidanish mengatakan:

    Pak Agus…

    Sya kirimakan via email, seperetinya pertanyaan sejenis sudah sya sering jawab deh :(

    Tks

  92. Abidanish mengatakan:

    Ok pak Rukijo…

  93. Abidanish mengatakan:

    Bisa mas Masykur.. :)

  94. krishnamurti mengatakan:

    Saya berminat utk memproduksi mnyak kelapa

  95. Abidanish mengatakan:

    Silahkan mas kris, sya bisa bantu.

    Tks

  96. saulinaziz mengatakan:

    sebelomnya saya minta maaf pak,saya mo nanya berapa biaya serta mesinya sampe produksi akir.apa saja mesin yg di perlukan dan berapa harganya.

  97. hamid mengatakan:

    kalau memisahkan minyak dari kelapa kerina / kopra gimana?

  98. juardin mengatakan:

    di daerah saya cukup banyak kelapa namun harga jual kopra saat ini cukup rendah sehingga saya berminat untuk membuat minyak kelapa, kira – kira alat alat apa saja yang digunakan dan berapa taksiran biayanya terima kasih

  99. Ibu Lala mengatakan:

    Salam kenal mas Abi,
    Saya amat tertarik dengan kebaikan mas Abi yang mau berbagi keahlian ini. Semoga mas diberkahi selalu oleh Tuhan. Amin..
    Mas Abi, boleh saya minta di email tentang penjelasan :
    Pengolahan Minyak Kelapa
    a. Berapa butir kelapa dibutuhkan untuk menghasilkan 1 liter minyak goreng.
    b. Berapa daya listrik dibutuhkan untuk mesin tsb komplit dari pencungkil kelapa sampai menjadi minyak goreng?
    c. Berapa tenaga kerja dibutuhkan untuk point b tsb?
    d. Berapa M2 luas bangunan dibutuhkan?
    e. Mesin apa saja yang digunakan? Harga berapa?
    Trima kasih , mas.

    Ibu Lala

  100. Ibu Lala mengatakan:

    Mas, ada koreksi alamat email bu Lala,ya.. maaf salah ketik

  101. Abidanish mengatakan:

    Juardin,
    Lengkap saya kirim via email ya :)

  102. Abidanish mengatakan:

    Mas Hamid,

    Memisahkan minyak dari kopra ada 3 tahapan
    1. Merajang kopra
    2. press dengan screw press / expeller
    3. Saring dangan Filter pressnya bapak.

    TKs

  103. Abidanish mengatakan:

    Saya balas via email ya

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 104 pengikut lainnya.

