Manfaat Dahsyat Air Kelapa untuk Ibu Hamil


Jakarta, Air kelapa tak hanya bisa melepaskan dahaga, tetapi kandungan gizi yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya, minum air kelapa selama kehamilan sangat dianjurkan, karena memiliki banyak manfaat kesehatan bagi ibu serta bayi.

Ada banyak nutrisi penting dalam air kelapa dan memiliki tingkat yang sama dengan keseimbangan elektrolitik yang kita miliki dalam darah. Air kelapa juga steril secara alami. Secara umum, air kelapa sangat sehat, tetapi bahkan lebih menguntungkan untuk wanita hamil.

Di negara-negara tropis yang hangat, dan kelapa tersedia dengan mudah, dokter sering kali merekomendasikan minimum satu gelas air kelapa per hari untuk wanita hamil. Kelapa membantu menjaga kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.

Air kelapa tender (empuk atau muda) dikenal sebagai sumber terkaya elektrolit, oleh karena itu sangat dianjurkan bagi orang yang menderita penyakit apa pun. Air kelapa juga mengandung klorida, kalium, magnesium, moderat jumlah gula, natrium dan protein yang tinggi.

Kalium dari minum air kelapa dapat membantu mengatur tekanan darah dan fungsi jantung. Juga merupakan sumber yang sangat baik dari serat, mangan, kalsium, riboflavin dan vitamin C.

Seperti dilansir dari babycenter dan buzzle, Senin (22/3/2010), beberapa manfaat dari air kelapa untuk wanita hamil adalah sebagai berikut:

  1. Air kelapa adalah minuman isotonik alami. Ini membantu dalam pengisian cairan dan hilangnya garam alami yang dilepaskan oleh tubuh. Air kelapa dapat sangat mencegah dehidrasi dan kelelahan.
  2. Air kelapa pada dasarnya bebas lemak dan dikenal sebagai minuman nol kolesterol. Beberapa studi telah melaporkan, bahwa air kelapa juga memiliki efek positif untuk menaikkan tingkat HDL (High-density lipoprotein), yaitu kadar kolesterol yang baik dalam tubuh. Hal ini dapat membantu menjaga kadar kolesterol tinggi.
  3. Air kelapa sangat dikenal untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena air kelapa kaya dengan asam laurat yang digunakan tubuh untuk menghasilkan monolaurin yang dapat memerangi penyakit asam lemak turunan. Asam laurat dapat memiliki anti bakteri, anti virus dan anti jamur. Kandungan seperti itu dapat sangat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu dan pertumbuhan janin, dan sangat mencegah terjadinya infeksi flu, HIV, herpes, dan lainnya.
  4. Manfaat kesehatan lain dari air kelapa adalah bahwa dapat membantu mencegah dan mengobati mulas. Air kelapa secara efektif membantu membersihkan usus dan saluran pencernaan. Hal ini dapat meringankan wanita hamil dari mulas dan sembelit, juga disarankan untuk orang yang menderita bisul.
  5. Sebagian besar wanita menderita urinary tract infection (infeksi saluran kemih atau UTI). Air kelapa menjadi diuretik alami, dapat membantu meningkatkan aliran dan frekuensi urin. Dengan demikian, air kelapa dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh dengan mudah, sehingga dapat mencegah infeksi saluran kemih dan timbulnya batu ginjal.
  6. Air kelapa adalah sumber alami dan aman untuk hidrat tubuh, dan melancarkan pencernaan, dan juga merupakan bahan kimia gratis yang mengandung jumlah elektrolit yang tinggi.
  7. Air kelapa ringan dan bahkan dapat membantu dalam penurunan berat badan. Satu cangkir air kelapa hanya mengandung 46 kalori, air kelapa seperti 95 persennya adalah air.

Air kelapa secara umum memiliki banyak manfaat kesehatan, dan merupakan sumber besar untuk mengisi kembali jumlah elektrolit tubuh, itulah sebabnya dianjurkan untuk orang tua dan orang sakit.

Jadi, ibu hamil sangat dianjurkan minum air kelapa setiap hari untuk mendapatkan semua manfaat kesehatan seperti yang disebutkan di atas. Minum air kelapa selama hamil juga dianjurkan dicampur dengan gula atau kunyit. Daging putih kelapa juga dapat dikonsumsi, karena sehat bagi ibu dan janin.( Merry Wahyuningsih – detikHealth)

Sumber: http://health.detik.com

About these ads

24 Responses to Manfaat Dahsyat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

  1. mamad mengatakan:

    bahan rawatan di rawatan ikhwan di sentul city diantara iar kelapa. air kelapa ditambah air penawar ikhwan telah banayk menyehatkan pasien gangguan sihir dan jin sertapenyakit lainnya.hub rawatan Ikhwan Plaza Niaga 2. E 7. Jl M Thamrin Bukit Sentul. sentul city. bogor

  2. Kautsar mengatakan:

    alam memang telah menyediakan begitu banyak manfaat berupa obat-obatan, jadi sebaiknya kita memang harus kembali ke pengobatan alami tanpa menafikan bahwa kita juga butuh pengobatan kimiawi.

  3. dek_dew mengatakan:

    semua kembali kepada Sang Maha Pencipta,yg terpenting berdoa dan berusaha…

  4. febri mengatakan:

    trimakasih sebelumnya…..mb merri…saya jadi tahu tentang manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil..kebetulan saudara saya hamil.sekali lagi trimakasih

  5. aini cahaya mengatakan:

    saya sangat terkesan atas infonya ttg manfaat air klp. Karena saya sendiri pernah mengalami kembung bbrp hari. Tp stlh minum air klp hlg dan alhamdullillah sembuh.

  6. Abidanish mengatakan:

    Aini,

    Great to… :)

  7. anah mengatakan:

    klo bwt yg hmil muda_disarankan ga untuk meminumnya. soalnya sya prnh dengar klo yg hamil di bawah 7 bulan itu tidak boleh.bisa menyebabkan keguguran. sekarang sya tengah hamil 14 minggu_tolong infonya ya. krna sangat bermanfaat buat kandungan saya. trma ksih

  8. bintoro Wijoyo mengatakan:

    saya tertarik dgan bisnis minyak kelapa karena di wilayah saya Kabupaten lombok Utara prov Nusa Tenggara Barat NTB mempunyai sumber daya alam kelapa yang cukup lumayan. setelah membaca di blog bapak ini sepertinya ada solusi. kalau bisa kita komunikasi lebih jauh lwat mail ataau handfond
    aja. gmna?

  9. Abidanish mengatakan:

    pak Bintoro,

    Dengan senang hati saya bisa membantu bapak, untuk balasan tentang minyak goreng, saya jawab via email ya bapak.

    Terim Kasih

  10. Abidanish mengatakan:

    Air kelapa banyak menganduk isotonik alami, jadi bisa membuat para ibu yang sedhang hamil, bisa menambah tenaga, jadi jangan takut ya bu :)

  11. vita mengatakan:

    hmee..air kelapa muda..seger!!

  12. pulzzahut mengatakan:

    mantap nih buat pengetahuan kita nanti :)

  13. andewi mengatakan:

    jgn meminum air kelapa saat hamil muda,krn saya prnh minum saat hamil muda stlah minum bdan trasa lemas dan g pny tenaga,sampai gemetar,alhamdulillah g smpe keguguran skrng kehamilan aku dah jln 7bln.

  14. Firly Humairo mengatakan:

    apakah air kelapa muda dapat diminum oleh ibu hamil yg usia kandungannya masih muda????saaya pernah dengar air kelapa muda dapat membersihkan sisa darah bagi wanita yang mengalami keguguran????

    bgi yg tahu jawabannya……tolong jawb ya,,,heheheh lg bingung nh,,,,^_^

  15. Abidanish mengatakan:

    Hehehehe… bisa dicoba :)

  16. Abidanish mengatakan:

    Mbak Andewi…

    Masak Sihhh, mbaknya belum sarapan kali…. wong air kelapa mudah Uenak Banget kan :)

  17. Aves mengatakan:

    Apa juga bisa memperkuat kandungan,???

  18. Abidanish mengatakan:

    Allahu ‘alam… ada yg tahu :)

  19. echy mengatakan:

    bnr gx c mbax lw hmil muda gx blh mnum air klpa tw dogan ? ?
    saya lg hamil 3 bln pgn bgt ne mnum es dogan gmn blh gx ? ?

  20. Toko DELI mengatakan:

    Ternyata tidak untuk konsumsi ibu hamil muda ya? Lebih baik konsultasi dulu ke dokter kehamilan.

  21. luar biasa manfaat kelapa ini

  22. Abidanish mengatakan:

    SIIIPPPP

  23. broto mengatakan:

    Wah manteb,ternyata air kelapa punya kehebatan segitu banyak yaa..

  24. primadona alifia mengatakan:

    Terima kasih infonya semoga bermanfaat,,,,amiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 104 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: