Pemberdayaan Petani Kelapa dengan Gula Semut


Pengembangan produk kelapa, bukan hanya sebatas kopra, minyak goreng, arang bahkan Gula Jawa/gula kelapa. Namun ternyata dari gula kelapa, masih bisa dikembangkan menjadi produk yang lebih bagus dan harganya lebih ok dan yang paling penting penerimaan di masyarakat luas lebih menggembirakan.

Produk apa itu..? produk turunan gula kelapa itu disebut sebagai Gula Semut atau palm sugar atau brown sugar.

Sebenarnya apa sih yang membedakan antara gula kelapa, gula semut atau gula merah. Berikut ada sedikit pembahasan supaya pembaca tidak bingung akan istilah-istilah tersebut.euan

Istilah gula merah biasanya diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan.

Gula kelapa adalah gula yang dihasilkan dari penguapan nira pohon kelapa. Gula kelapa atau dalam perdagangan disebut gula jawa, gula merah atau gula nira, biasanya dijual dalam bentuk setengah mangkok atau setengah elip. Bentuk demikian ini dihasilkan dari cetakan yang digunakan berupa setengah tempurung kelapa (jawa:bathok).kecuali itu, adapula yang menggunakan cetakan bambu, sehingga bentuknya bulat silindris.

Gula KelapaGula kelapa masih banyak digunakan khususnya masyarakat jawa sebagai bumbu masak karena memiliki aroma dan rasa yang khas karamel palma. Disamping itu, gula kelapa juga digunakan untuk pemanis minuman, bahan pembuat kecap, bahan pembuat dodol, dan pembuat kue serta bahan penambah cita rasa pada makanan. Selain gula kelapa dalam setengah tempurung kelapa dan bulat silindris, adapula dalam bentuk gula semut.

Nah tentang gula semut, ia adalah turunan dari gula kelapa yang berbentuk kristal, berikut penjelasannya : Gula Semut adalah istilah yang digunakan untuk menamakan gula kelapa dalam bentuk kristal. Gula semut mempunyai keunggulan tersendiri yaitu berbentuk kristal kecil-kecil yang mudah larut dalam air panas ataupun air dingin, disamping itu gula kristal(jawa:gula semut) dapat dibuat menjadi berbagai macam rasa dengan khasiat yang berbeda-beda, misalnya gula kristal rasa jahe dapat mencegah dan menyembuhkan masuk angin, batuk, flu, perut kembung, rasa kencur dapat mencegah dan menyembuhkan pegel linu, encok, sakit perut atau rasa lainnya sehingga apabila dipakai dalam minuman akan memberikan rasa yang khas.

Gula semut memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan gula kelapa lainn, yaitu antara lain :

  • Bentuknya kristal dan mudah terlarut.
  • Gula semut dapat ditambahkan berbagai macam flavoring agent alami diantaranya jahe, kencur, temulawak sehingga dapat digunakan sebagai bahan minuman alami.
  • Nilai ekonomisnya lebih tinggi dan memiliki aroma yang khas.
  • Gula semut memiliki umur simpan yang lebih panjang (dengan kadar air 2-3% dengan pengemasan yang tertutup rapat).

Banyaknya keuunggulan dari gula semut ini, memberi efek positif pada manfaatnya. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh, ketika kita mengkonsumsinya antara lain :

  • Sebagai pengganti gula pasir, gula semut sangat nikmat bila dipakai sebagai pemanis minuman teh dan kopi.
  • Menurut para peneliti kandungan gula kelapa cukup baik dibanding gula yang dibuat dari bahan yang lain serta mengandung kalori yang tinggi dan efek sampingnya tidak begitu besar pada tubuh.
  • Selain glukosa, terdapat protein kasar, mineral, vitaminC, riboflavin, thiamine, fosfor dan calsium.
  • Sebagai penguat rasa dan penguat khasiat minuman kesehatan, tambahkan gula semut ke dalam seduhan kunyit asam, temulawak, wedang jahe dan mengkudu.
  • Minuman ini tidak hanya sangat bermanfaat terhadap kebugaran tubuh tapi juga ramah di lidah Selain berfungsi sebagai pemanis biasa, gula semut digunakan dalam industri roti ( bakery), kue- kue, kecap, sirup, makanan bayi dan makanan lainnya.
  • Yang dimanfaatkan bukan hanya rasa manisnya tapi juga warna coklat yang cantik untuk memperkuat tampilan fisik makanan

  • Nah pembaca sekalian, betapa hebatnya gula semut ini sebagai gula organik yang memiliki banyak manfaat kesehatan maupun secara ekonomi, sangat layak dikembangkan untuk daerah-daerah penghasil kelapa untuk memberdayakan petani kelapa sebagai alternatif pengolahan.

    Jika pembaca sekalian tertarik akan bisnis ini, kami bersedia membantu saudara semua, untuk ikut pelatihan di tempat kami.

    Info Pelatihan:

|RumahKelapaIndonesia| Jl. Gedongkuning Selatan 2o2, Yogyakarta |Cp: Mansur Mashuri| Hp: 081328042283| email: mansur_mash@yahoo.com

      About these ads

      4 Responses to Pemberdayaan Petani Kelapa dengan Gula Semut

      1. wahyu widyanto mengatakan:

        gimana peluang ekspornya kami punya link untuk ekspor

      2. endang sw mengatakan:

        saya punya barangnya (gula semut) dari bahan gula kelapa asal kulonprogo berminat silakan hubungi saya 0274-9300111

      3. indra cokelat mengatakan:

        harga satuan /kg berapa ya?? terimakasih

      4. muh. ishaq mengatakan:

        saya berminat untuk mengembangkan bisnis brown sugar sebagai penggati gula pasir, tapi bagaimana cara mengolah gulah merah menjadi serbuk atau gula Semut (apa ada teknologinya

      Tinggalkan Balasan

      Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

      WordPress.com Logo

      You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

      Twitter picture

      You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

      Facebook photo

      You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

      Google+ photo

      You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

      Connecting to %s

      Ikuti

      Get every new post delivered to your Inbox.

      Bergabunglah dengan 101 pengikut lainnya.

      %d bloggers like this: