Peluang Bisnis Ekspor Sabut Kelapa/Cocofiber


Selama menggeluti bidang usaha produk turunan sabut ini banyak hal yang menarik yang terjadi, lika-liku dan dinamika dalam menjalankan usaha banyak memperkaya pengalaman. Selama ini saya pemilik RumahSabut Yogyakarta hanya fokus ke dalam produk turunan sabut, antara lain produk untuk aplikasi lingkungan seperti cocomesh, cocopot, cocosheet, juga produk untuk kebutuhan rumah tangga yaitu sabutret (produk sabut kelapa berkaret).

Namun dalam perjalanan, teryata banyak para pengunjung blog ini yang menanyakan dan mencari serat sabut kelapa (cocofiber). Begitu banyak orang yang mencari dengan kebutuhan yang sangat besar, utamanya untuk tujuan ekspor, kebutuhan mulai dari 100 ton/ bulan bahkan lebih. NamunĀ  dengan sangat terpaksa, saya pun memberikan jawaban kepada para pencari sabut kelapa, “maaf saya tidak punya serat sabut kelapa (cocofiber), karena sabut kelapa kami sudah habis untuk produksi olahannya”. Begitu sering saya memberikan jawaban seperti itu.

Selama ini saya hanya memandang, bahwa tujuan kami adalah konsen kepada pengembangan produk turunan sabut kelapa. Namun ternyata kebutuhan pasar ternyata berbicara lain. Justru yang lebih banyak adalah yang mencari serat sabut kelapa Cocofiber belum olahan.

Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan bahwa saya tidak akan merubah cita-cita rumahsabut sebagai pelopor dibidang pengembangan produk sabut kelapa, namun pada kesempatan ini, saya juga tidak ingin mengabaikan peluang ekspor yang cukup besar khususnya pasar ekspor serat sabut kelapa. Oleh karena itu kepada para pengunjung blog kelapa ini, yang kebetulan membaca artikel ini, saya ingin menyampaikan bahwa terbuka peluang kerja sama pemasaran sabut kelapa, mengingat saya memiliki database para peminat sabut kelapa untuk ekspor.

Tulisan saya tentang Bisnis Emas Sabut Kelapa menjadi top artikel di blog ini, sangat banyak pencari peluang usaha atau pencari sabut yang masuk ke dalam link tulisan ini. Hal ini sangat menggembirakan, mengingat banyak yang tercerahkan akan potensi sabut kelapa. Namun juga belum teroptimalkan akan potensi yang besar ini.

Nah bagi teman-teman yang mengaku memiliki banyak sabut kelapa, dan ingin mengembangkan bisnis di sabut kelapa, peluang besar ada di depan mata untuk menembus ekspor. Saya pemilik rumahsabut bisa menjembatani bagi yang ingin berinvestasi untuk pengadaan alat dan bisa membantu memberikan akses peluang pasar, juga tersedia pelatihan untuk membuka bagaimana bisnis ini dimulai,

 

Informasi: Mansur Mashuri, Cp : 081328042283

 

 

72 Responses to Peluang Bisnis Ekspor Sabut Kelapa/Cocofiber

  1. tauhid arief mengatakan:

    mas, saya tertarik dengan bisnis serta sabut kelapa. Kira kira bagaimana cara memula? berapa modal yang kita butuhkan untuk skala kecil? tq

  2. imam purbo hartoyo mengatakan:

    pak aku sedang memulai usaha coco peat dan coco fiber tp hanya untuk pasar lokal.
    tolong dibantu informasinya jika kita ingin berhubungan atau mengekspor ke luar negeri
    mohon dibantu tata caranya
    terima kasih.

  3. Abidanish mengatakan:

    Mas Imam,

    Bapak bisa memberikan detail tentang produk bapak ke email saya di mansur_mash@yahoo.com

    Saya tunggu, barangkali nanti ada buyer yang sesuai dengan produk bapak. Tks

  4. akbar mengatakan:

    pada umumnya sulawesi barat mempunyai banyak stok sabut kelapa yang tak terolah khusus kabupaten mamuju

  5. makmun ali mengatakan:

    pak abi yg saya hormati saya ada didaerah purworejo dekat dengan daerah anda bolehkah saya ikut andil dalam usaha anda? saya ingin ikut menyuplai sabut kedaerah anda.mhn info detailny.

    salam hormat saya

    Makmun Ali (081335421484)

  6. e.yuli mengatakan:

    Pertama2 saya ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak imam… setelah membaca artikel ini saya sangat senang sekali … smoga saya bisa segera mengikuti pelatihan di tempat Bapak, jikatidak keberatan apakah ada yg di Jakrta? karena saya berada di Jakarta.. saya akan menghubungi bapak lewat telepon… semoga saya bisa mengambil manfaat dari pelatihan ini nanti…

  7. Abidanish mengatakan:

    Mbak Yuli,

    Silahkan berkunjung ke Yogya :)

  8. tafrikhan mengatakan:

    pak saya siap mengirim sabut kelapa dalam jumlah besar,saya di semarang siap menyuplai sabut kelapa

  9. Seno mengatakan:

    Yth mas Abi,

    saya bekas pengusaha daur ulang plastik (CV. Baroplast) di Gambiran Yogyakarta. Sudah 2 tahun ini saya bermukim si Padang. Didaerah Sumatra Barat ini saya melihat potensi sabut kelapa yang sangat besar. Saat ini saya sedang membuat proposal tentang pengolahan sabut kelapa, pertanyaan saya mas Abi :

    1. Untuk mendapatkan 1 Kg Coco Fiber dibutuhkan berapa butir / kg kelapa (kelapa yg dimaksud sudah hilang tempurung/daging/air) atau dengan kata lain berapa randemen sabut kelapa untuk diolah menjadi Coco Fiber?
    2. Berapa persen dalam point 1 diatas menjadi Coco Peat?
    3. Berapa pasaran harga beli untuk point 1 dan 2 diatas?
    4. Apakah bapak bisa merekomendasikan kemana kami harus membeli mesin dengan kapasitas OUT PUT minimal 1 Ton / hari Coco Fiber.

    Atas perhatian dan kerjasamanya yang baik saya sampaikan terimakasih.

    Salam
    Seno
    t_seno@hotmail.com
    Atas

  10. Abidanish mengatakan:

    Mas seno,

    Jawaban sudah saya balas via email,
    Tks

  11. azhar samdani mengatakan:

    Yth . Bpk Abi

    Salam kenal.

    saya azhar dari banjarmasin, mau nanya seperti pertanyaan bpk seno mengenai :

    1. Untuk mendapatkan 1 Kg Coco Fiber dibutuhkan berapa butir / kg kelapa (kelapa yg dimaksud sudah hilang tempurung/daging/air) atau dengan kata lain berapa randemen sabut kelapa untuk diolah menjadi Coco Fiber?
    2. Berapa persen dalam point 1 diatas menjadi Coco Peat?
    3. Berapa pasaran harga beli untuk point 1 dan 2 diatas?
    4. Apakah bapak bisa merekomendasikan kemana kami harus membeli mesin dengan kapasitas OUT PUT minimal 1 Ton / hari Coco Fiber.

    jawaban bapak atas pertanyaan ini sangat saya perlukan.

    terimakasih

    wasalam,
    azhar

  12. Seno mengatakan:

    Yth Bpk. Manshur,

    Terimakasih atas jawabannya, masih ada satu hal yg membuat saya “blur” , berdasarkan praktek yg bpk lakukan, berapa randemen sabut kelapa setelah menjadi COCO FIBER dan COCO PEAT?
    Penjelasan saya begini pak (maaf maklum masih awam), kalau saya masukkan 1 Ton sabut kelapa kemesin defibering, berapa kg Out Put akan menjadi Coco Fiber dan berapa Kg yang akan menjadi Coco Peat?
    Harga yg bapak sebut itu Loco Pabrik produsen kah?

    Terimakasih.
    Salam

    Seno

  13. azhar samdani mengatakan:

    Yth bpk abi.

    mohon jawaban nya di kirimkan k email saya

    bam.azhar@gmail.com

    terimakasih

    azhar.

  14. lilis mengatakan:

    YTH:BPK MANSUR di tempat saya banyak sabut kelapa tapi cuman di buangi/bakar dan sy tertarik dengan bisnis COCO FIBER . 1.untuk mendapat kan1 kg coco fiber di butuh kan berapa butir kelapa (yg sy maksud udah hilang tempurung ya dan daging air untuk di olah menjadi coco fiber ? .2.berapa persen dalam poin diatas menjadi cocofiber ? .3. berapa pasaran harga beli ya poin 1dan2 ..? 4kemana sy bs membelidengan psilitas OUT PUT yg mnimal 1 ton / hari ya sy harap kerja sama yg baik dan perhtianya sy ucap kan banyak terimakasih

  15. lilis mengatakan:

    di mana sy harus mmbeli mesin ya pak.. terimakasih

  16. dimas hindarto mengatakan:

    ditempat teman saya di sumatra banyak sekali sabut kelapa yang dibuang atau tidak diolah
    kalo boleh saya minta data pabrik pengolahan sabut kelapa di area sumatra atau jabar.
    siapa tahu ada pabrik yang mau menampung sabut kelapa itu.
    saya dijogja sekarang mas kalo boleh kapan2 saya mampir ya.

    terima kasih

  17. Agus Taufik mengatakan:

    Yth Mas Abi,

    Mas saya seorang pemasok buah kelapa di daerah Riau. Dari buah yang dikupas setiap harinya sudah pasti menghasilkan sabut kelapa dalam jumlah yang sangat banyak. Sebetulnya saya tertarik ingin memanfaatkan limbah sabut kelapa tersebut. Namun karena keterbatasan ilmu, dana, dan relasi hal ini belum bisa terealisasikan.

    Maka melalui blog ini saya mohon Mas Abi bisa membantu saya bagaimana supaya sabut-sabut ini bisa bermanfaat daripada sekedar menjadi limbah di kebun-kebun kelapa di daerah saya.
    Atau mungkin bila Mas Abi memiliki informasi siapa yang membutuhkan sabut kelapa belum diolah, saya mohon bantuannya.

    Terima kasih,
    aura.feelgood@yahoo.com
    Tlp. 0813 2179 1307

  18. Yuni-yuyun mengatakan:

    Ass, P’ Mansyur

    Jika bapak berkenan saya mohon infonya……..
    Saya ada di daerah purworejo, saat ini baru memulai mengolah sabut kelapa mjd cocofiber, tetapi belum menemukan pembeli yang cocok untuk memasarkan hasil kami dan banyak kendala yang kami hadapi.
    Yang ingin saya tanyakan :
    1. Kami tidak tahu mutu barang yang kami harus capai,
    2. Bagaimana pengolahan produk sampingnya, karena serbuk/cocopeat yang kami peroleh lebih besar
    jumlahnya dari pada cocofibernya.
    3. Apakah semua jenis sabut dapat digunakan untuk bahan baku?

    Jazk……. Wassalam..

  19. inggie mengatakan:

    Pak abi yang saya hormati, setelah membaca peluang bisnis mengenai ekpor impor serabut kelapa saya menjadi tertarik untuk mendalami peluang bisnis ini.

    akan tetapi saya tidak memiliki pengetahuan sama sekali mengenai pembuatan coco fiber
    sebagai orang awam bolehkan saya meminta sedikit ilmunya mengenai cara produksi coco fiber secara detail prosesnya, kemudian bagaimana proses penjualannya (list mana saja yang membutuhkan coco fiber) dan sepertinya saya juga membutuhkan jawaban atas pertanyaan yang telah dilontarkan oleh para komentator di atas sebelumnya

    atas pertolongannya saya ucapakan banyak terima kasih

  20. Ms.Dian mengatakan:

    Selamat Siang,

    Bisa tahu alamat di Jogja? Kebetulan saya domisili di Jogja. Kebetulan ada teman yang sedang cari produk ini juga

    Terima kasih,
    Dian

  21. didik mengatakan:

    Saya tertarik dengan bisnis anda. tapi saya belum tau caranya mengolah sabut kelapa itu. di tempat banyak sekali kulit kelapa kering. biasanya cuma diambil isinya aja terus kulitnya itu dikeringkan dan digunakan untuk membakar batu kapur. kalau misalnya lebih menguntungkan untuk diolah seperti di bisnis anda, saya ingin sekali tau caranya. kalau sempat tolong cara2nya kirim ke didik_2@yahoo.com.
    saya di madura 0817300760. thx

  22. ary mengatakan:

    yang terhormat pak mansur.
    saya ary dari daerah palu ( sulteng ) di sini tersedia banyak bahan, namun kami belum mendapatkan akses untuk menyalurkan barang ini. kiranya bapak bisa memberikan informasi tuk kami dapat menyalurakn barang tersebut.
    bisa hub: 085284415623 &
    085256008404

  23. ikanlaut mengatakan:

    ditempat saya daerah penghasil kopra, sementara untuk sabut kelapa belum ada yang mengolah hanya dibakar saja, kalau ada yang minat untuk bekerja sama bisa hub sy 081256553342 tqa,., salam

  24. sahrizal mohd noh mengatakan:

    Assalamualaikum, Mas Abidanish. Saya butuhkan sabut kelapa ke Malaysia. Boleh kita berbincang untuk pasaran Malaysia atau kebutuhan kerjasama? email ke saya sahrizal.mn@gmail.com atau SMS saya hp +60127267647 terima kasih

  25. risal thalib mengatakan:

    mas, saya tertarik dengan bisnis serta sabut kelapa. Kira kira bagaimana cara memula? berapa modal yang kita butuhkan untuk skala kecil? sy ada didaerah sulawesi Selatan Kab. Luwu Timur potensi untuk sabuk sangat besar

  26. Andi mengatakan:

    Pak,

    Saya memiliki pabrik sabut kelapa dengan kapasitas +/- 1.5 ton perhari. Dengan lahan 1000 meter dan bangunan yang lengkap ; kamar mandi, listrik, temapt tinggal. Untuk pembeli sabut dan coco peat sudah tersedia. Bahan baku banyak tersedia akrena berada di pusat kelapa didaerah Pandeglang. Saya berniat mau jual sekitar Rp 350 juta karena akan fokus ke spring bed (butuh pabrik dan modal yang sangat besar). Yang berminat dapat hubungi ke coco_mate@yahoo.co.id. Tks, moderator

  27. Abidanish mengatakan:

    Ayo siapa yang mau beli…

    Thanks

  28. Abidanish mengatakan:

    Wassalam

    Mas Sahrizal, saya dah balas via email.

    Thanks

  29. Abidanish mengatakan:

    Ayo SIapa bisa bantu mas Adi….?

  30. sarono mengatakan:

    siapa yg mo beli hasil dr pengolahan sabut kelapa yg berupa sikat cuci dlm berbagai jenis dan kwalitas, kesed sabut kelapa dengan berbagai jenis dan harga relatif Murah,,, kami jg melayani berbagai pesanan.

  31. Abidanish mengatakan:

    Mas Didik,

    Jawaban sudah saya tulis di email ya,

    Tks

  32. Abidanish mengatakan:

    Mbak Inggi,

    Anda dan teman2 yang ingin belajar pemanfaatan sabut, buka di link ini ya , atau klik disini

    Thanks

  33. Abidanish mengatakan:

    Mas Agus,

    Jawaban saya balas via email, atau klik disini ya.

    Thanks

  34. farid mengatakan:

    assalamualaykum..
    baru nemu blog yg lengkap ngebahas kelapa,, kebetulan sy ingin memulai bisnis kelapa.
    mau tanya mas cara pembuatan kopra sederhana bagaimana? dan saya ingin tahu jawaban lengkap, dari pertanyaan mas seno sebelumnya tntang sabut kelapa..
    tolong balas ke email sy y mas..
    trimaksih..

  35. Abidanish mengatakan:

    FARID,

    Jenis Kopra ada kopra putih dan kopra basah,
    Kopra putih, biasanya cukup dengan mencungkil dengan alat pencungkil sederhana atau pakai mesin pencungkil seperti alat cungkil ini, silahkan di klik.

    Kemudian, ada juga kopra hasil pengasapan. Kopra hasil penggasapan adalah kopra yang ditumpuk dalam rak-rak pengasapan/pemanasan oleh kayu bakar dan sejenisnya.

    Yang ketiga adalah kopra hasil pengeringan cahaya matahari. Kopra jenis ini cukup dipanaskan dan dikeringkan mengandalkan terik matahari.

    Dari ketiga jenis kopra yang ada, cara kopra putih dianggap lebih cepat menghasilkan perputaran uang, karena hanya dengan cukup mencungkilnya, dikarung, ditimbang, dijual dan dapat uang :)

    Kemudian kopra hasil pengasapan, dianggap lebih baik kualitasnya dan lebih cepat keringnya sekitar 2-3 hari, hanya memerlukan biaya tambahan bahan bakar untuk mengeringkan kopra, tetapi tempurung kelapa bisa dimanfaatkan.

    kemudian Kopra hasil pengeringan matahari, jenis ini sangat lama menjadi kopra kering, sekitar 7 hari. dan sangat mengandalkan cuaca, hasilnya pun kadang suka berjamur.

    Untuk membedakan kualitas kopra, menurut Mas truli laksono, kopra yang bagus, cirinya ketika dijatuhkan, biasanya dia memantul, dan kelihatan serat-serat minyaknya.

    Nah begitu sekilas ttg kopra ya… :)

  36. Abidanish mengatakan:

    Inggi,

    Jawaban sudah saya balas via email ya… :)

  37. Abidanish mengatakan:

    Mas Azhar,

    jawaban suadah saya balas via email. tks

  38. Made Suarnayasa/Dek no mengatakan:

    pak,
    saya mau tanya apakah mesin pengolahan minyak kelapa itu dengan kapasitas produksi perhari 250liter itu memerlukan tempat yang luas.dan untuk mencapai produksi 250 liter perhari berapa kelapa butiran yang di perlukan…
    terimaksih.

  39. Abidanish mengatakan:

    Mas Made,

    Untuk produksi dengan kapasitas 250 liter perhari, kamu cukup menggunakan rumah sendiri, ya kira-kira 10×10 meter dah cukup pak…

  40. Abidanish mengatakan:

    Sudah saya balas via email ya pak… :)

  41. arin mengatakan:

    Assalamualaikum

    Saya sangat tertarik dengan usaha sabut kelapa..saya di daerah banjarmasin..kira modal minimal yg di butuhkan di bisnis ini berapa dan hitungan untung ruginya seperti apa..

    ditempat saya banyak sabut kelapa ( Bahan baku ) yg belum di olah..kira2 kalo di jual harganya berapa..dana setelah di olah harganya berapa..

    terima kasih

  42. Abidanish mengatakan:

    Arin,

    Untuk mengolah sabut kelapa, menjdai cocofiber, anda bisa membutuhkan alat-alat seperti disini, silahkan diklik yang ini. Biaya investasi kira-kira 85 juta untuk kapasitas 1,5 ton/hari.

    Harga cocofiber, lokal dijual 2000-2500/kg

    Thanks

  43. Abidanish mengatakan:

    Mbak Yuyun,

    Jawaban sudah sya balas via email, hubungi saya di 081328042283

    Thanks

  44. Dafa mengatakan:

    Assalamulaikum Wr.Wb. Mas Mansur, untuk peluang ekspor atas cocofiber ini begitu booming rata2 mereka adalah market follower dimana eksploitasi atas bahanbaku kelapa yang begitu besar. apakah ada peremajaan atas pohon kelapa ini dan brapa usia kelapa untuk siap diambil, kemudian waktu ekonomis usaha produk berbahan kelapa ini bagaimana….jazakallah.

    Salam,
    Daffa

  45. wahyu mengatakan:

    mas abi perkenalkan saya wahyu, saya baru saja dinas kerja di maumere ntt d sini banyak sekali komoditas kelapa untuk kopra, tapi sayang untuk serabutnya tidak di olah menjadi cocofiber, apakah ma abi bsa membantu saya tentang prospek bisnis ini dan siapa yang bisa saya ajak kerjasama, karena saya masih awam dengan bisnis ini. tolong di email ke wahyu.mymail@yahoo.com terima kasih

  46. Abidanish mengatakan:

    Mas Wahyu,
    Jawaban saya balas via email ya :)

  47. elvina mengatakan:

    kita mau membeli sabut kelapa untuk di kirim ke luar negeri…….
    harga per tonny berapa??
    harap ksh petunjukny
    dan berikan alamat yg lengkap di medan

  48. Abidanish mengatakan:

    Elvina,

    Saya tunggu no kontak anda :)

    Tks

  49. joy land mengatakan:

    sy tinggal di salah satu kabupaten di daerah sumut,,,dan u/ potensi dari sabut kelapa sangat besar skali,,,krn masih jarang yang mengolah sabut kelapa….menyambung pertanyaan yg tlh ada seperti..
    1. Untuk mendapatkan 1 Kg Coco Fiber dibutuhkan berapa butir / kg kelapa (kelapa yg dimaksud sudah hilang tempurung/daging/air) atau dengan kata lain berapa randemen sabut kelapa untuk diolah menjadi Coco Fiber?
    2. Berapa persen dalam point 1 diatas menjadi Coco Peat?
    3. Berapa pasaran harga beli untuk point 1 dan 2 diatas?
    4. Apakah bapak bisa merekomendasikan kemana kami harus membeli mesin dengan kapasitas OUT PUT minimal 1 Ton / hari Coco Fiber
    5. apa saja yg dibutuhkan untuk memulai bisnis ini,,,,
    tlng di infokan ke email saya,,,,krn saya masih awam skali mengenai bisnis ini,,,,terima kasih banyak…smoga bisa bekerja sama

  50. joy land mengatakan:

    1 prtanyaan lagi pak,,,smoga tdk keberatan :)
    1. Mesin pengurai sabut kelapa (beserta harga dari mesin tersebut)
    2. Mesin pengayak sabut kelapa (beserta harga dari mesin tersebut)
    3. Mesin press sabut kelapa (beserta harga dari mesin tersebut)
    4. Berapa biji kelapa yg diperlukan untuk menghasilkan 1 Kg sabut kelapa?
    5. Bagaimana peluang usaha ini serta besaran modal yang dibutuhkan?
    6. Spesifikasi teknis serta mesin mesin yg diperlukan dan cara instalasinya untuk mencoba memulai bisnis serabut kelapa?
    7. Kapasitas produksi / jam / hari
    8. Biaya operasi / Kg / Ton
    9. Serbuknya (Cocopeat) katanya juga bernilai ekonomis, jadi gimana cara memulai usaha ini dan kemana dipasarkan?
    10. Berapa harga pasaran lokal saat ini utk 1 kg sabut kelapa yg sudah di proses? dan berapa harga pasar ekspor saat ini?
    11. Dan negara mana yg memerlukan banyak penggunaan sabut kelapa proses ini?
    12. Apakah ada pemilahan kualitas ekspor dan lokal?

    Terima kasih

  51. joni eka candra mengatakan:

    untuk pelatihan pengelolahan sabut kelapa apa sewaktu-waktu selalu ada

  52. anang mengatakan:

    Yth . Bpk Abi

    Salam kenal,

    saya anang dari padang, tertarik untuk usaha sabut kelapa karena di daerah saya sumatera barat belum termanfaat kan maksimal baru sebatas sebagai bahan bakar utk hal2 tertentu saja sementara hasil nya melimpah sekali , saya mau nanya seperti pertanyaan bpk seno mengenai :

    1. Untuk mendapatkan 1 Kg Coco Fiber dibutuhkan berapa butir / kg kelapa (kelapa yg dimaksud sudah hilang tempurung/daging/air) atau dengan kata lain berapa randemen sabut kelapa untuk diolah menjadi Coco Fiber?
    2. Berapa persen dalam point 1 diatas menjadi Coco Peat?
    3. Berapa pasaran harga beli untuk point 1 dan 2 diatas?
    4. Apakah bapak bisa merekomendasikan kemana kami harus membeli mesin dengan kapasitas OUT PUT minimal 1 Ton / hari Coco Fiber.

    tolong balas di email saya, tinozzus@yahoo.com jawaban bapak atas pertanyaan ini sangat saya perlukan.

    terimakasih

    wasalam,
    anang

  53. Hadi mengatakan:

    Numpang Lewat Pak… Sangat bagus memanfaatkan limbah untuk eksport, saya mempunyai rekanan dari ghuang zhou china yang membutuhkan supply coco fiber kualitas eksport dengan kapasitas 80 kontainer tiap bulan, tapi untuk trial 10 kontainer dulu sambil melihat kapasitas supplynya. sekedar informasi, harga FOB USD 280-290/MT. bagi yang serius bisa kontak lewat email : pqr_170170@yahoo.com atau hp : 085257827140 (telkomsel). matur nuwun

  54. farid rintoko mengatakan:

    Bpk yang terhormat, saya ijinkan bertanya, saya seorang yang punya usaha serat alami untuk produk craft, apa boleh saya mendapatkan informasi tentang peluang pasar eksport cocofiber dan cocopeat? terimakasih. farid. interiotatum yogya.

  55. prastyo mengatakan:

    pak mhon bantuan
    1.berapa harga sabut kelapa yg blm diolah,dan skala apa yg digunakan (biji/kg)
    2.utk harga sabut yg sdh diproses hrga brp ya pak
    3.umpama sy ingin memulai produksi dmna sy bs dpt mesin pengolahan sabut klp
    4.utk 1kg sabut kelapa dibutuhkan brp butir kelapa
    tlg bls via e mail sy,,biangroman@yahoo.com/biangroman@gmail.com
    trma ksih pak

  56. angga mengatakan:

    assalamualaikum Pak Abdi, saya mahasiswa di Yogyakarta dari Purworejo yang ingin mendalami bisnis ini,,
    jika saya punya sabut kelapa dalam partai kecil/sedang apa bisa di jual di tempat Bapak??
    tolong kasih prosedur dan perincian harganya pak…
    bisa lewat email; anggara_aw@rocketmil.com atau via sms 085741150404
    saya tunggu..

  57. rahadi4ndian mengatakan:

    aslm.wr.wb
    salam kenal mas..
    saya dian dari medan, saya mau nanyak :
    1. bagaimana bentuk dan kreteria coco fiber yang baik
    2. dimana pemasarannya mas???

  58. deni cahyantoro mengatakan:

    mas, saya asli pacitan jatim. disini sangat banyak produksi kela, tapi sabutnya belum ada yang mengolah. untuk memulai usaha pengolahan sabut kelapa (coco fiber) apa yang perlu dipersiapkan? dan berapa modal usahanya? kebetulan untuk lokasi saya sudah ada dengan ukuran 20mx20m, apakah sudah mencukupi untuk produksi. terima kasih

  59. Abidanish mengatakan:

    Mas Deni,

    Untuk mengolah sabut kelapa, anda cukup membutuhkan mesin yang bisa dibuka di Link Ini.… silahkan di Klik.
    Mesin tersebut terdiri dari mesin pengurai, mesin penyaring dan press.
    Perlu diketahui, kebutuhan ekspor sabut kelapa dalam bentuk cocofiber sangat besar, unlimitted, apalagi jika posisi kita di pulau jawa, yang dapat memudahkan proses ekspor.
    Modal yang dibutuhkan bisa mulai dari 80jutaan sampai 130jutaan untuk memperoleh cocofiber per hari rata-rata antara 1-2 ton cocofiber kering.
    Untuk lahan 20×20 saya kira bisa dimaksimalkan mas…

    Thanks

    selamat mencoba…

  60. Abidanish mengatakan:

    Rahadi,

    Untuk cocofiber yang baik, rata-rata panjang minimal 10cm, kemudian pengotor sabut yang gak jadi tidak lebih dari 5% dan kadar abunya tidak lebih dari 3%.

    Pemasarannya banyak yang cari mas, silahkan cari pembeli di blog ini juga bisa :)

  61. Abidanish mengatakan:

    Mas Prasetyo…
    saya jawab singkat ya :)
    1. satu kg cocofiber diperoleh dari 6-8 butir sabut kelapa
    2. 1 kg cocofiber dihargai antara 2200-2400/kg (lokal)
    3. Harga sabut belum diolah Rp 100
    4. Untuk mesin sabut kelapa bisa pesan saya mas :)

    Thanks

  62. Abidanish mengatakan:

    Mas Farid,

    Untuk produk cocofiber dan cocopeat banyak dijual untuk eskpor bapak…
    Rata-rata diual masih dalam bentu mentahan, Saya berharap dari tangan mas farid bisa muncul kreativitas untuk lebih menghargai sabut kelapa yang berkelas ekspor, Jogja adalah Gudang Manusia Kreatif bapak…

  63. Abidanish mengatakan:

    Mantaff….!

  64. Abidanish mengatakan:

    Mas Anang,

    Saya jawab singkat ya :)
    1. satu kg cocofiber diperoleh dari 6-8 butir sabut
    2. Cocopeat biasanya 100-150% dari cocofibernya
    3. Harga cocofiber rata-rata 2200/kg jg cocopeat blok
    4. Untuk pembelian mesin, bisa lewat saya mas :)

    Thanks

  65. Abidanish mengatakan:

    Joy,

    Jawaban sudah saya balas via email ya… :)
    Kelanjutan dan kerjasamanya ditunggu ya…..

  66. Abidanish mengatakan:

    Joy…

    saya balas secara singkat ya…
    1. 1 kg cocofiber dari 6-8 butir sabut kelapa
    2. 1 kg cocofiber dapat 1,5-2 kg cocopeat
    3. harganya 2000-2400 /kg (lokal)
    4. Bisa, di Saya :)
    5. Untuk bisnis ini just do it…

  67. hermanto mengatakan:

    di daerah sy,sabut kelapa dibuang sj,sy bs dpt minimal 5 kwintal/hr

  68. hendri mengatakan:

    insya allah saya bisa menyediakan sabut kelapa, saya butuh pembeli langsung untuk ekspor. HP 081370905338, ini merupakan peluang besar bagi saya

  69. br mengatakan:

    dear all, saya ada stock dan kapasitas produksi saya bisa samapi 100 ton lebih per bulan, apakah teman teman ada referensi pembeli yang bagus, baik lokal maupun luar negeri

  70. eko mengatakan:

    salam kenal dari kediri,,.
    mas saya sangat tertarik terhadap pemanfaatan limbah serabut kelapa saya sudah punya mesinpengurai dan pengayak serabut dan satu lagi saya mempunyai mesin khusus untuk cocofiber panjang yang khusus digunakan untuk pembuatan sapu..tapi saya masih bingung untuk pemasaranya.mohon bantuanya…
    trimakasih

    wasalam,.

  71. Muh Sahir mengatakan:

    Yth mas Abi,

    saya bekas pengusaha penyuplay kelapa di balikpapan ini saya bermukim di Palu ( sulawesi tengah ). Didaerah Sulawesi tengah ini saya melihat potensi sabut kelapa yang sangat besar,karna rata-rata mata pencaharian penduduk adalah perkebunan kelapa. Saat ini saya sedang membuat proposal tentang pengolahan sabut kelapa, pertanyaan saya mas Abi :

    1. Untuk mendapatkan 1 Kg Coco Fiber dibutuhkan berapa butir / kg kelapa (kelapa yg dimaksud sudah hilang tempurung/daging/air) atau dengan kata lain berapa randemen sabut kelapa untuk diolah menjadi Coco Fiber?
    2. Berapa persen dalam point 1 diatas menjadi Coco Peat?
    3. Berapa pasaran harga beli untuk point 1 dan 2 diatas?
    4. Apakah bapak bisa merekomendasikan kemana kami harus membeli mesin dengan kapasitas OUT PUT minimal 1 Ton / hari Coco Fiber.

    Atas perhatian dan kerjasamanya yang baik saya sampaikan terimakasih.

    Salam

    Muh Sahir
    muh_sahir89@yahoo.co.id

    mohon infonynya mas Abi

  72. Muhammad Sahir mengatakan:

    Yth Mas Abi

    saya Sahir dari daerah Palu ( sulteng ) di sini tersedia banyak kelapa dan sabut hanya di bakar untuk arang, namun kami belum mendapatkan akses untuk menyalurkan barang ini. kiranya bapak bisa memberikan informasi tuk kami dapat menyalurakn barang tersebut.bisa di email muh_sahir89@yahoo.co.id.dan jika ada yang berminat bekerjasama silahkan hub 085292474222

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 104 pengikut lainnya.

