Membuat Kopra Putih Untung Melangit


Industri kelapa yang paling menguntungkan saat ini adalah Kopra. Bagaimana tidak, saat ini Kopra dijual stabil pada kisaran harga Rp 9000-9700/kg. Pembuatan kopra yang sederhana, hanya mengandalkan pemanasan semata, membuat alternatif pengolahan kelapa kopra ini banyak dilakukan oleh petani kelapa.

Meskipun proses pengolahan kopra hanya pengeringan, namun ternyata ada beberapa cara pengeringan kopra, yang nantinya dapat berpengaruh terhadap hasil kopra. Untuk mengenal cara pengeringan kopra, dapat dilihat di link ini atau silahkan klik disini

Pada artikel ini saya akan mencoba mengulas tentang kopra putih. Ada beberapa referensi yang dapat dijadikan acuan tentang kopra putih. Menurut Bapak Kopra “Trully Laksono” arek surabaya yang ahli dalam Kopra, beliau menyampaikan bahwa KOPRA PUTIH adalah istilah untuk kelapa Segar yang belum di proses. Murni kelapa hasil pencungkilan.

Tetapi juga ada blog yang mengulas tentang kopra putih, bisa dibaca disini. menurut Versi blog ini, kopra putih adalah kopra hasil pengovenan, kualitasnya bagus, kadar air kecil dan bersih. dan yang menarik dari sumber tulisan dari blog ini, harga kopra melangit, mampu meningkatkan harga kopra lebih tinggi dari pada umumnya yang diterima pabrik. Jika benar, saya IKUT SENANG :) Tetapi jika merujuk Bapak Kopra “Mr. Trully Laksono” Tulisan dari blog diatas, bisa jadi debatable.

Ok terlepas dari perbedaan pendapat tersebut, saya ingin menyampaikan bagaimana cara membuat Kopra Putih yang memiliki ciri, bersih, kualitas super, dan kadar airnya kecil.

Untuk mendapatkan KOPRA PUTIH Tersebut, dapat mengambil suatu referensi dari Website ini. Dimana intinya dari proses pembuatan Kopra Putih adalah dengan cara Pengovenan.

Teknik pengeringan kopra ini adalah yang terbaik untuk menghasilkan kopra. Teknik yang dipakai adalah model Lade oven. Prosesnya adalah kelapa basah disusun dalam lemari oven yang telah tersedia, kemudian dipanasi dalam kondisi tertutup; ke dalam ruangan ini dialirkan panas dengan suhu 40 derajat Celcius sampai 80 derajat Celcius. Panas dihasilkan dari pembakaran biomassa yang menghasilkan asap dan panas, kemudian dialirkan oleh blower untuk mengaliri oven pengering kopra”

Nah, untuk membuat KOPRA PUTIH Tersebut, membutuhkan alat Pengering kopra atau Oven Kopra. Untuk memudahkan mencari referensi mesin pengering kopra putih, dapat dilihat disini, atau cek di http://rumahmesin.com.

Semoga artikel ini dapat membantu mencerahkan bagi para petani kopra kelapa baik yang akan memulai atau yang sudah berpengalaman dan ingin meningkatkan kualitas kopra.

26 Responses to Membuat Kopra Putih Untung Melangit

  1. obinhut mengatakan:

    Assalamualaikum pak, saya mau tanya nih, berapa lama sih kopra bisa bertahan awet ? Soalnya waktu ini harga jualnya rendah, saya mau jualnya ntar kalau harganya udah naik, jadi ada tidak batasan kadaluarsa kopra tersebut. Trims, balas di blog saya, jika saya terlupa maen ke sini lagi. Obinhut.blogspot.comi harga jualnya rendah, saya mau jualnya ntar kalau harganya udah naik, jadi ada tidak batasan kadaluarsa kopra tersebut. Trims, balas di blog saya, jika saya terlupa maen ke sini lagi. Obinhut.blogspot.com

  2. SUGIARTO mengatakan:

    Saya sudah mengembangkan kopra putih di Sumatra dengan alat hasil rekayasa sendiri yg bisa disesuaikan dengan kondisi2 setempat dan anggaran . HASILNYA BAGUS DAN BIAYA MURAH. Saya sudah berhasil menjual langsung (expor) ke Banglades. Bagi yg berminat bisa sharing . Salam.

  3. didi mengatakan:

    dimana dijual kopra putih ?

  4. Abidanish mengatakan:

    Untuk ekspor….

  5. Abidanish mengatakan:

    Mas Sugiarto,

    Thanks atas share nya, boleh minta kontak bapak pak… :)

  6. Abidanish mengatakan:

    Thanks Infonya mas… :)

  7. Abidanish mengatakan:

    Obin,

    Kopra akan awet, jika kualitas kadar airnya bagus…, dia akan lebih tahan dari jamur.

  8. leni mardiyanti mengatakan:

    pak sugiarto..dimana sy bisa menghubungi bpk?

  9. Danny mengatakan:

    Mas Sugiarto,

    Thanks atas share nya, boleh minta kontak bapakā€¦

  10. Abidanish mengatakan:

    Ayooo pak Giarto…

    Ditunggu :)

  11. tony mengatakan:

    Salut sm pak sugiarto.. Blh sharing pak, sy planning buat di lampung, tks..

  12. Abidanish mengatakan:

    Siiiip

  13. Awal Usman mengatakan:

    gmn carax jd pengusaha kopra trik apa yg harus dilalui..

  14. dozer2000 mengatakan:

    Kami memproduksi kopra putih dan membutuhkan
    Pembeli, kalo rekan2 ada yg berminat kopra putih hasil produksi kami bisa hubungi 085769735365

  15. Abidanish mengatakan:

    Mas Indra….

    Ya… selamat. Anda sudah menulis tentang NO telp anda di Blog ini, mudah-mudahan akan ada segera membeli kopra putih anda. Optimis mas… :)

  16. Adi Purnomo mengatakan:

    Askum,,mohon dibantu info mengenai kopra putih / kopra oven,,
    saat ini saya sedang belajar untuk produksi kopra tsb, ovennya saya buat sendiri, dan untuk pembakaran kopra yang terbaik itu berapa jam? mohon dibimbing mengenai ini, mengingat didaerah (Lampung) saya banyak sekali tanaman kelapa dan saya mencoba untuk produksi kopra putih.

    Salam,

  17. Abidanish mengatakan:

    Mas Adi…

    Mantaff

  18. chandra mengatakan:

    saya chandra di lampung juga.. baru mulai produksi.. sya butuh tempat penjualan dan modal utk mengembangkan usaha saya..

  19. Bambang mengatakan:

    pak Sugiarto, bisa minta no kontak nya….

  20. saiful mengatakan:

    pak sugiarto boleh minta no kontaknya, saya jg lg buat kopra di aceh siapa tau kita bisa krjsama, i no kontak saya085371491839, tuk pak abid trmaksih bnayk, blognya sangat bermanfaat

  21. Joni mengatakan:

    Di mana saya bisa jual hasil kopra nya pak. Saya dari sumsel

  22. Bowo mengatakan:

    Nanti sy maen krmh bpk,skalian bw kopra y

  23. Abidanish mengatakan:

    Silahkan pak…

  24. Harie Akhir mengatakan:

    salam ..
    saya sering melihat produksi kopra putih di wilayah lampung khusus nya di wilayah natar, proses pengawetanya menggunakan blerang . apakah tag ber bahaya bagi kesehatan manusia ? trims….

  25. Abidanish mengatakan:

    Mas Hari…

    Belerang digunakan untuk mengurangi jamur, kalau saran saya bisa dicoba menggunakan asap cair dari tempurung kelapa yang lebih organik, fungsi sama bisa mencegah pertumbuhan bakteri atau jamur..

    Semoga manfaat :)

    Tks

  26. Bersatulah mengatakan:

    Asslm Alkm .WR wB.Pak Sugiarto dan teman lainnya.Trimakasi infonya saya sngt tertarik dgn bisnis ini.saya bisa siapkan beberapa kopra,tolong share tehnik terbaru untuk kopra putih dan hubungi saya di Naufalyah@gmail.com.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 104 pengikut lainnya.

