Harga Kopra Merosot Harga Kopra Putih Melangit Stabil


Harga Kopra merosot Harga Kopra Putih Melangit Stabil, inilah judul coretan blog saya setelah lama menghilang dari blog kelapa tercinta ini.

Mencermati harga kopra terakhir ini, memang sangat memprihatinkan. Update harga yang saya terima hari ini tanggal 29/09/2011, harga trima di jakarta sekitar 5000/kg, sementara surabaya masih 6000/kg. Nominal harga tersebut tentunya bertolak belakang dari kondisi sebelumnya, dimana harga kopra stabil diatas harga Rp 8000,-.

Kondisi terakhir mengakibatkan lesunya bisnis kopra. Banyak rekan petani mengeluhkan kondisi terakhir ini. Banyak kopra yang sudah siap kirim, namun harga pabrik yang sangat rendah, menyebabkan kebingunan, apakah dijual dengan harga murah atau dikonversi dalam bentuk lain (contoh minyak goreng, catatan : sayang membuat MGK dari kopra jauh lebih sulit dari cara basah/ssantan)

Kondisi ini sangat dipengaruhi oleh cuaca yang bagus untuk buat kopra, musim kemarau membuat pengeringan jauh lebih mudah, manjat kelapa lebih enak karena tidak licin. Faktor ini membuat kopra melimpah, hingga dipasaran turun.

Selama ini kopra umum dibuat dengan cara pengeringan dan pengasapan dan menghasilkan kopra biasa dan harga jual kopra biasa adalah yang berlakuk sekarang ini.

Nah adakah solusi untuk meningkatkan harga kopra yang tidak bergantung kepada musim…?

Saya ingin memberikan informasiĀ  ternyata bahwa harga KOPRA PUTIH jauh lebih stabil dari kopra biasa. Kopra putih adalah kopra yang diperoleh dari hasil pengovenan. Warnanya lebih bersih karena tidak ada asap. Kopra putih ini biasanya untuk tujuan ekspor.

Informasi yang saya terima dari beberapa eksportir, harga Kopra Putih masih berkisar 8500-9500/kg (trima di Pelabuhan). Harganya terpaut jauh dengan kopra biasa.

Selain itu pembuatan kopra putih dengan cara oven lebih menguntungkan, karena tidak bergantung kepada cuaca. pada saat hujan pun, produksi bisa tetap berjalan, karena ada di ruangann tertutup.

Nah, barangkali ada yang tertarik dengan pembuatan kopra putih, alat ini (klik disini) bisa membantu bapak/Ibu untuk mulai berinvestasi di Bidang Kopra putih.

Demikian semoga bisa membantu.

By. Mansur Mashuri

 

 

15 Responses to Harga Kopra Merosot Harga Kopra Putih Melangit Stabil

  1. Sandy Rachmad mengatakan:

    Lalu kemana saya harus menjual kopra putih? Kepada siapa saya bisa berkomunikasi untuk melakukan penjualan kopra putih?

  2. sugiarto mengatakan:

    Salam.
    Saya sudah produksi kopra putih di Lampung, ada 12 unit oven rekayasa sendiri produksi 2 ton per unit per hari, putih kadar air < 5%. Butuh buyer yg solid.Tks

  3. didit mengatakan:

    salam sukses,

    kebetulan saya orang baru yg tergiur akan “manisnya” kelapa..tp saya sejauh ini masih kurang ilmu untuk mengolah hasil kelapa dengan lebih baik..kebetulan untuk saat ini saya baru terjun kedunia kopra, saya berniat untuk dapat mengolah kopra dan teman2nya skalian seperti serabut, air, dan batok…tolong pencerahannya klo ada master yg ada di daerah semarang (kebetulan saya berdomisili di semarang :P) untuk menampung saya agar dapat belajar lebih dekat tentang kelapa, saya akan bertemikasih sekali… :D

  4. Abidanish mengatakan:

    Didit…

    Yang dekat semarang adalah Jogja mas…, anda bisa hubungi kontak person yang punya blog ini :D

  5. Abidanish mengatakan:

    MantapppS….

  6. Abidanish mengatakan:

    Sandy,

    Coba anda lakukan penawaran kopra putih dengan buat blog penawaran kopra putih, jika sudah buat, saya yakin sebelum 3 bulan, anda sudah ada yang menghubungi untuk beli kopra putih… silahkan :)

  7. Wisnu Pambudi mengatakan:

    Pak Sugiarto di Lampung, bisa sms saya di 081225680048, setelah Bapak sms Insya Alloh saya yang akan telepon Bapak, kalo cocock mutu dan harga Insya Alloh akan saya beli. Salam – Wisnu di Kudus.

  8. Wisnu Pambudi mengatakan:

    Pak Sandy di mana ? Bisa sms saya di no 081225680048 siapa tau mutu dan harga cocok, salam Wisnu di Kudus.

  9. Abidanish mengatakan:

    Monggo…. :)

  10. Abidanish mengatakan:

    Siiipppp…. :)

  11. nurdian mengatakan:

    Ass, mohon info untuk harga kopra dan kelapa kelas c berapa, kami untuk produksi CCO di bekasi, jika harga cocok insya allah dapat bekerjasama dengan baik dan berlanjut, mohon info sms ke
    0856 949 00629, salam.

  12. Joni mengatakan:

    Pak d mana saya bisa jual hasil kopra saya

  13. enita mengatakan:

    mohon diberi penjelasan cara produksi kopra putih pak. brp biaya produksi utk hasilkan 1 ton. tks wass.

  14. Abidanish mengatakan:

    Ibu Riri,

    Untuk Produksi Kopra Putih dengan cara oven, ada beberapa cara.
    1. kelapa dicungkil dulu, kemudian masuk oven, waktu lebih cepat
    2. Kelapa dibelah 2, masuk oven, kemudian dicungkil, masuk oven lagi, waktu lebih lama.

    Tks

  15. Ismail deo mengatakan:

    Asslm, wr wb….
    Salam hangat semuanya mohon info dunk pembeli kopra yg Bagus, yg bisa di ajak kerja sama berkepanjangan…. Terutama kopra putih….

    Tks, wassalam
    Kontak 085333335223
    Ismail deo

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 101 pengikut lainnya.

