Kompor LPG vs Kompor Bioetanol


Percobaan adalah hal penting untuk menguji kualitas sesuatu. berkualitas atau tidak, menjadi solusi, atau menambah sangsi.

ok, kemarin saya posting tentang kompor bioethanol untuk rakyat. akan saya berikan gambaran perbandingan antara penggunaan kompos gas LPG dan Kompor bioethanol.

data percobaan adalah sebagai berikut:

Kompor gas LPG,

(saya menggunakan metode kira-kira ya, karena tidak ada pengukur gas yang keluar dari tabung gas, tetapi ciri gas yang dikeluarkan adalah api berwarna biru, jadi kelihatan gas yang dikeluarkan sedikit, pas. beda kalau tekanan pengeluaran gas banyak, maka biasanya api berwarna agak menguning)

1. Jumlah air yang dipanasi = 2 liter

2. waktu didih  = 16 menit

ok, sekarang kompor bioetanol desain kami

1. jumlah air yang dipanasi = 2 liter

2. waktu didih = 20 menit

3. etanol 70% yang digunakan 35 ml,   sedikit khan….?

lumayan khan, ayo siapa yang mau coba…

menghitung dari data yang ada, maka etanol 1 liter bisa memasak air sekitar 57 liter, hebat kan…?

ada yang tahu berapa kemampuan minyak tanah bisa mengodok air hingga 57 liter….? brapa habisnya…

Mansur Mashuri,ST

Manager R&D Repindo/PPKT

6 pemikiran pada “Kompor LPG vs Kompor Bioetanol

  1. Hmm.. Gampang saja pak.. untuk beli tinggal Transfer ke Rek BCA KCP Katamso Yogyakarta atas nama : mansur mashuri No Rek : 445-096-1391

  2. Yth Bapak Mansur,

    Saya sangat tertarik dengan kompor hasil temuan Bapak, karena saya tinggal di Yogya, saya ingin tahu alamat bapak dan saya akan datang untuk membeli. Untuk saat ini harganya berapa dan untuk etanolnya dapat dibeli dimana? Terima kasih dan saya tunggu jawabannya.

    Ferida Fita. e-mail:feri_toy@yahoo.com.

  3. Bpk mansur Yth
    yang saya mw tahu berapa tekanan yg anda gunakan pada saat percobaan kompor etanol??titik bakar bioetanol sngat tnggi pak, jadi kita perlu melakukan pemanasan awal agar bioetanol dapat menguap dan terbakar.kira kira bgmana cra mengoprasikan kmpor anda???
    terima kasih.

Tinggalkan Balasan

