Membran untuk Etanol 100%


food_membrane_fig31

Terinspirasi oleh Ir Gede Wenten, yang telah berhasil membuat serat membrane dari Chitosan dan PVA (Polivinil Alkohol) yang berfungsi untuk meninggikan kadar alcohol, aku mencoba mereka-reka ulang penelitian sejenis dengan sedikit pengetahuan yang ku peroleh dari berbagai literature.

alhamdulillah setalah melalui beberapa tahapan penelitian, membran yang kubuat berhasil menghasilkan etanol 100%. membran tersebut ternyata tidak tahan dengan air. penggunaan membran untuk etanol yang konsentrasi air tinggi sangat dianjurkan untuk dihindari, karena akan mengurangi umur membrane.

etanol memiliki kondisi setimbang pada konsentrasi 96%. atau pd titik azeotropnya. pada konsentrasi 100%, maka dia (etanol) akan mencari titik kesetimbangannya itu. maka salah satu sifat etanol 100% adalah higroskopis. dia akan menarik udara luar yang mengandung air untuk menyeimbangkan struktur etanol tsb. salah satu masalah dalam pengembangan etanol 100% tersebut adalah mencari alat/kondisi untuk mempertahankan etanol 100%.

kondisi hampa adalah salah satu jawaban untuk mengatasinya. kemudian penambahan unsur absorber uap air harus ditambhakn untuk mengatasi uap air masuk.. hmm aku punya ide…. ntar ya nanti kalau dah berhasil ku coba.

by…

Mansur Mashuri, ST

manager R&D REPINDO Yogyakarta

Contact Person : 081328042283

9 pemikiran pada “Membran untuk Etanol 100%

  1. assalamualaikum pak mansur, saya pendatang baru pada blog jenenggan, kalo boleh tau kabar….bagaimana hasil penelitian membran citosan&PVA, sudah di dapatkah yang betul-betul tahan air saat di pake penyulingan?

  2. Wslm pa Rahmanto…
    Selamat Bergabung pak..
    Saya sekarang sedang dalam tahap penyempurnaan alatnya. jadi belum bisa menghadirkan fakta2 penelitian saya pak. Insyaalllah jika sudah selesai smua, akan saya launching di Blog ini pak, tetapi menurut hasil awal penelitian saya, membran tetap memiliki nilai jenuhnya, nah, sekarang sy sedang menuntaskan sampai sejauh mana kemampuan membran saya pak
    tks.

  3. Kang Mansur,

    salam kenal, saya angat tertarik dengan penelitian kang mansur.. bisa dapat info detailnya gak perbedaan membran kang mansur dengan pak wenten?

  4. Secara persis saya tidak tahu membrannya pak Wenten. membran yang saya buat hanya terinspirasi oleh beliau. kebetulan saya melakukan pembuatan membran berdasar ujicoba/riset mandiri.
    thanks

  5. Boleh juga tuh dilanjut pecobaan-nya, kang Mansur.
    Kalo bisa 100%, aq mo buat pabrik Etanol, sampean Direktur’e..niat dulu, gpp toh kang..??!!
    Saya interest u/ tunggu info selanjut-nya dr kang Mansur.
    Saya juga masih ragu, bahan baku yang digunakan u/ membuat membran pak Gede wenten..opo yo Kang..?? didalam negri gampang ga dapetin-nya..?? Harus-nya tny ke pak Gede, donk..??!! he..he..
    suwun Kang..

  6. Salam kenal Pak Mansur, kira-kira kalau penelitian Membran Sitosan&PVA bapak sudah berhasil dan alatnya dijual di pasar harganya berapa ya ?
    Terima kasih informasinya.

  7. alhamdulillah sudah berhasil, hanya penyempurnaannya belum saya lakukan kembali, saya masih terbentur dengan pekerjaan lain pak.

  8. assalamualaikum wr wb , pak mansyur sy mau tanya ,apakah membran yang anda buat sudah bisa di beli dan harganya berapa ?

Tinggalkan Balasan

