Kenapa Harus PNS…?


Hampir tiap tahun terjadi eporia dari para sarjana untuk menembus Ujian CPNS.

Berbondong-bondong, ribuan fresh graduate, sarjana yang sudah kerja namun mapan, ikut hiruk pikuk pendapftaran CPNS.

ada yang lolos seleksi, ada yang gagal, ada yang nangis juga tertawa. riuh rendah dilihatnya. ada yang gagal ngulang lagi begitu seterusnya. aneh kelakuan dari tabiat anak bangsa ini. seolah PNS adalah harga mati untuk hidup terhormat, Hidup Mapan di tengah masyarakat.

ada yang terbuai dengan janji – janji calo, mereka rela menggadaikan dirinya untuk Harga PNS. Coba saya ingin menelisik, apa hanya tujuan itu  dari mengejar dari PNS..?

Mestinya, para mahasiswswa itu harus mulai berpikir lain dari PNS, Semangat kemandirian. itu yang perlu dikembangkan. mental priyayi yang gak mau susah-susah mencari uang, sudah mendarah daging dalam darah anak bangsa ini. seolah orang yang mau berwirausaha tidak dianggap sebagai orang. padahal orang yang berwirausaha dalah penggerak ekonomi, baik makro juga mikro. mereka yang menggerakkan dan mengangkat harkat bangsa, tidak hanya PNS.

Tujuan Jadi PNS pun mestinya di revisi, Bukan semata hidup mapan dan terhormat, tetapi lebih dari Itu. PNS adalah ABDI Masyarakat, Pelayan Masyarakat, bukan memanfaatkan masyarakat. Gaji yang Layak harus diimbangi dengan pelayanan yang maksimal. bukan untuk datang, duduk, diam, dan dapat duit. bukan untuk bekerja di akhir-akhir penutupan anggaran… bukan. PNS adalah untuk melayani.

Ok selamat yang sudah jadi PNS. Selamat bekerja.

By. Mansur

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s