Membrane untuk Bioetanol 100% *New


etanol 100%  apa bisa ya..? khan etanol memiliki titik maksimal konsentrasi pada 96%. atau titik azeotropnya pada titik 96%. titik azeotrop adalah titik kesetimbangan antara air dan etanol. kalau mereka dipisah, dibuat tidak seimbang, pasti akan mencari titik kesetimbangannya lagi. etanol 96% tidak dapat dipisahkan dengan cara pemisahan biasa (distilasi), terkecuali dengan teknik lain. apa itu…?

Namun dengan teknologi yang semakin berkembang, etanol 96% dapat dengan mudah dipisahkan, salah satunya dengan sistem membran. ya membran yang banyak dipakai adalah dengan menggunakan bahan PVA dan chitosan.

berdasar sedikit informasi yang diambil dari sana sini, telah dilakukan penelitian pembuatan pemurni etanol menjadi 100%.. alhamdulillah telah berhasil dilakukan, meskipun masih terus dikembangkan. hasil penelitian sementara disajikan sebagai berikut:x-banner1-111x3001

Setelah Beberapa kali percobaan , akhirnya aku mendapatkan beberapa kesimpulan perbaikan alat:

1. etanol 100% sangat hygroscopis , ketika kontak dengan udara luar, maka akan  mencari titik azeotropnya, sehingga akan kembali ke konsentrasi 95% jika dibiarkan. berdasarkan hasil pengatan, selama 1 jam kontak dengan udara luar, etanol 100% sudah kembali kepada titik azeotropnya yaitu 95 – 96%

2. salah satu solusi adalah menutup peluang kontak dengan udara luar. atau memberikan absorpsi tidak langsung dengan etanol. bisa dicoba dengan CaO.

3. mengurangi koagulan pada bahan membran. kasus, koagulan yang ditambahkan pada proses pembuatan membrane, memberi efek buruk bagi etanol 100%. etanol keruh, akibat koagulan yang terbawa. 4. Hasil etanol 100% siip deh, siapa yang mau coba…..?

by : Mansur Mashuri, ST

Manager R&D Yayasan Riset Pembangunan Indonesia REPINDO

Iklan

Satu pemikiran pada “Membrane untuk Bioetanol 100% *New

  1. Dear, Kangmansur.

    Infonya sangat bermanfaat sekali.
    Saya mau tanya (maaf). Apakah sudah ada yang menerapkan hasil penelitiaan ini dalam skala industri. Seingat saya, Ecogreen, Medco ethanol, etc, masih kewalahan untuk meningkatkan kemurnian ethanol.
    Terus fungsi n segmen pasarnya gimana !

    Regards.
    Skimaters.
    http://www.smk3ae.wordpress.com

    Terus berkarya.

    Ok..thanks atas kunjungannnya..
    untuk alat itu sangat siap diaplikasikan di Industri, minimal kita akan coba untuk industri rumahan atau menengah, kami sedang merintis pengembangan alat itu dengan sentra industri alkohol bekonang. di bekonang rata-rata per hari menghasilkan alkohol 90% sekitar 10.000 liter. peluangnya cukup besar.

    ayo pa, mari kita sama-sama berkarya untuk kemajuan kita bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s