Deteksi Air Dangkal dg Pohon Kelapa


Air tanah merupakan sumber air utama untuk memenuhi hajat hidup orang banyak. Namun, eksploitasi yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai dampak negatif. Lalu bagaimana mendeteksi potensi dan keberadaan air tanah secara cepat dan tepat tanpa mengebornya?

ada beberapa alternatif untuk mendeteksinya.

1. dengan Bantuan alat resistivity meter/terameter

Air tanah dalam dapat dideteksi dengan menggunakan alat  resistiv-ity meter/terameter melalui survei geolistrik. Terameter bekerja dengan cara menembakkan arus listrik ke dalam tanah dengan memakai elektrode kemudian mengukur nilai hambatannya. Alat ini dapat menunjukkan material di bawah permukaan bumi pada kedalaman lebih dari 100 m tanpa melalui pengeboran. Survei geolistrik merupakan salah satu metode geofisika untuk menduga kondisi geologi di bawah permukaan tanah, terutama jenis dan sifat batuan berdasarkan sifat-sifat kelistrikan batuan.

cara ini sangat mahal, tidak semua orang dapat memakainya. nah kalau oarang Kampung, coba tanyakan kepada mereka, mereka pasti bisa. ya, caranya seperti yang dibawah ini.

2. Dengan memperhatikan pohon kelapa

bagaimana caraya…? sangat-sangat mudah, asal kita mau awas  saja, dan mau memperhatikan tanda-tanda alam. begini caranya..

Apabila kita melewati suatu lokasi yang terdapat pohon kelapa, dimana daunnya turun tidak seperti kebanyakan pohon kelapa lainnya, atau dalam bahasa jawa disebut sengkleh, maka kemungkinan besar di daerah tersebut mempunyai sumber air yang relatif dangkal, yaitu kurang dari 7 meter. Fenomena alam ini sangat membantu bukan?, sehingga sudah sewajarnya alam ini kita jaga, jangan sampai rusak. Dengan demikian kita akan dapat mempelajari alam dengan alam itu sendiri.

Silahkan Buktikan…

#dari berbagai sumber#.

3 pemikiran pada “Deteksi Air Dangkal dg Pohon Kelapa

  1. lalu bagaimana asal dari air kelapa tersebut?
    proses terbentuknya shga menjadi air kelapa?

    >
    >
    Nice Qustions mba..
    Anda ingat kambium dalam batang pohon kelapa..?
    akar kelapa yang panjang, memudahkan mencari sumber mata air untuk sumber kehidupannya.
    nah dari akar, naik melalui kambiun batang pohon tsb, dari situ akan dialirkan kepada beberapa bagian yang membuthkan, termasuk buah kelapa.
    ada pendapat lain..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s