Coco Mesh (Jaring Sabut Kelapa) Untuk Penahan Erosi


Lahan bekas galian tambang

Lahan bekas galian tambang

Lahan tambang bekas galian yang tersebar di daerah-daerah penghasil bahan tambang terlihat sangat mengerikan. Kerusakan yang diciptakannya berpotensi menyebabkan tanah longsor, erosi, pengikisan air tanah, bahkan banjir. Hal itu banyak terjadi di daerah seperti di pulau Belitong, Berau dan tempat-tempat lainnya. Contoh konkrit seperti kalimantan, sekarang telah menjadi langganan Banjir, manakala musim penghujan tiba.

Kerusakan alam yang terjadi ini, membutuhkan penanganan serius dari semua pihak, terutama pengelola tambang. Mereka diwajibkan mereklamasi lahan bekas galian tambang. ada banyak langkah yang bisa dilakukan untuk mereklamasi lahan bekas galian tambang tsb seperti menanam kembali lahan, atau merubah areal lahan tersebut untuk usaha produktif seperti perikanan dll.

Langkah terbaik untuk mengurangi kerusakan tersebut adalah dengan menanaminya kembali, reboisasasi. Namun ada langkah penting sebelum dilakukan proses reboisasi, yaitu dengan menanam lahan dengan Cocomesh. Cocomesh adalah jaring yang dibuat dari sabut kelapa. Biasanya dibuat seperti seukuran net bola volly atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan lahan. Penggunaan Cocomesh ini terbukti efektif dalam mencegah longsor ataupun banjir. Dengan mematok ujung-ujungnya, cocomesh dihamparkan dalam lahan bekas galian tambang. pemasangannnya disesuaikan dengan struktur tanah. Bisa miring, atau datar. Untuk Pemasangan biasanya dibuat dalam 2 lapisan.

Penggunaan Cocomesh ini terbukti efektif dalam mencegah banjir, tanah longsor, seperti yang telah dilakukan oleh perusahaan Berau Cool di Kaltim. Keunggulan lain dari cocomesh ini adalah, ketika cocomesh sudah dihamparkan, maka media tersebut, sangat mudah untuk menggemburkan tanah bekas galian tambang, sehingga dapat dikatakan sebagai media tanam yang bagus.

Kami RumahSabut sebagai pabric manufacture menyediakan berbagai macam ukuran cocomesh untuk keperluan reklamasi tambang, pencegahan longsor tebing, covering lapangan golf atau sepakbola.

Ukuran yang tersedia adalah

  1. Jarak antar tali : 2×2 cm, 3×3 cm, 4xcm
  2. Diameter tali : 0,5 cm
  3. dimensi : 1×50 m, 1x30m , 2x25m, 2x30m, 2×50 m as requirement
  4. Harga : menyesuaikan ukuran
  5. Kapasitas produksi : > 20.000 m2 / bulan
  6. Pengangkutan : kontainer 20 ft ~ 4300 m2,
    truk fuso ~ 6000 m2, truk tronton ~ 10.000m2

Workshop :
Jalan Parangtritis Km 5.8 Yogyakarta, Indonesia

Office :
Jalan Gedongkuning Selatan 202 Yogyakarta, Indonesia
email : mansur_mash@yahoo.com
Contact person : Mansur Mashuri (081328042283)

7 pemikiran pada “Coco Mesh (Jaring Sabut Kelapa) Untuk Penahan Erosi

  1. Saya sangat tertarik untuk ikut pelatihan pembuatan Coco Mesh (Jaring sabut kelapa)yang bapak tawarkan .boleh saya tau di mana lokasinya karena perusahaan kami sedang mencaritempat pembuatan coco mesh untuk keperluan penghijauan kembali bekas tambang….Terima kasih

  2. Pak saya di lampung punya banyak sabut kelapa (per hari 1.500 butir kelapa), bisa kita kerjasama untuk bahan baku saja ? atau lebih baik saya ikut pelatihan bapak, kemudian hasil produksinya baru kita kerjasama ? atau bagaiman baiknya ?

    tx

  3. Pak saya di Riau punya banyak sabut kelapa (per hari 5.000 butir kelapa), bisa kita kerjasama untuk bahan baku saja? Pembuatan Industri juga bisa. Bagaimana baiknya?

    tx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s