Infrastruktur Pengolahan Asap Cair


Pusat Pengolahan Kelapa Terpadu, yang menjadi home base pertama pengolahan asap cair di Yogyakarta, memiliki beberapa infrastruktur alat pengolahan asap cair yang dapat menjadi rujukan untuk pengembangan pengolahan yang lain. Memiliki fasitas proses pirolisis, alat distilasi ulang, bagian pemurnian produk dan ruang pengepakan.

Alat dibawah ini adalah reaktor pirolisis dengan kapasitas 250 kg per sekali masak tempurung. Reaktor pirolisis dibalut dengan selimut dari bata dan tanah untuk menghindari panas keluar berlebih, memakai bahan bakar kompor minyak tanah, kemudian dilengkapi dengan alat penangkap ter dan seperangkat alat condensasi.

Pirolisis Tempurung Kelapa

Pirolisis Tempurung Kelapa

Gambar 1. Intsalasi pengolahan asap cair

Jika alat ini dioperasikan, maka membutuhkan waktu 6-8 jam. Dan akan menghasilkan komposisi produk 40-45% tempurung, 40-45% asap cair dan 10 % ter.

Tempurung yang dihasilkan dari proses pirolisis ini, memiliki struktur yang sangat keras, sangat baik jika diteruskan untuk diolah menjadi arang aktiv. Namun jika digunakan untuk briket pun, sangat bagus. Kemudian asap cair yang dihasilkan adalah termasuk grade 3, yang harus ditreatmen lagi jika ingin digunakan untuk pengawet makanan. Grade 1 bisa digunakan untuk pengolahan penggumpalan karet, pengawetan kayu, pengawetan kulit. Sementara ternya bisa untuk pengawetan kayu yang dicampur dengan asap cair grade 3.

BRIKET ARANG KELAPA

BRIKET ARANG KELAPA

Gambar 2. Briket arang yang dihasilkan dari arang proses pirolisis.

Asap cair Grade 3 belum layak untuk dijadikan sebagai pengawet makanan, atau penambah citarasa flavours. Maka asap cair grade 3 harus dimurnikan terlebih dahulu, dengan cara diredistilasi. Dengan cara ini, maka kandungan benzopiren yang masih terikat dalam ter yang ada pada asap cair grade 3, maka akan berkurang. Benzopiren adalah senyawa yang dapat menimbulkan kanker pada tubuh. Dengan cara ini, menurut hasil lab kami, kandungan benzopiren sudah tidak terdeteksi atau dibawah ambang batas aman. Dan aman untuk dikonsumsi.

Selain itu yang tak kalah penting adalah proses filtrasi untuk mengikat benzopiren yang tersisa. Untuk filtrasi yang paling umum digunakan adalah dengan menggunakan zeolit.

61 pemikiran pada “Infrastruktur Pengolahan Asap Cair

  1. Ass. saya Mahasiswa FKIP UNTAD melakukan penelitian dengan judul STUDI KANDUNGAN KIMIA ASAP CAIR SABUT KELAPA,saya mengalami kendala yang cukup rumit,selain literatur yang masih terbatas juga sulit mencari orang yang benar-benar mengerti kondisi saya saat ini.

    >
    >
    mmh apa yang bisa saya bantu nih…

  2. maaf saya setelah lama mencari2 bahan pengawet namun belum nemu2. sampailah pada situs ini. yg ingin saya tanyakan ialah:
    1. apakah asap cair dari tempurung kelapa bisa untuk pengawetan untuk jenis burung,ular,kadal,ikan,beyawak, dll. ( reptil ) untuk hiasan dinding/ruangan.
    2.kalau bisa di mana asap cair bisa saya dapat/beli.
    3.yg tak kalah penting ialah harganya berapa.
    kalau asap cair blm/ga bisa untuk yg saya tanyakan di atas,mohon bantuanya petunjuknya dengan bahan2 kimia apa saya bisa mengawetkan. mohon respon dan balasanya. terimakasih.

    >
    >
    untuk bentuk itu belum saya coba mas,a
    tapi berdasar pengalaman kami, untuk mengawetkan kulit pada kambing, kulit kambing lebih cerah, hasilnya bagus. mungkin bisa dicoba sama bapak.. 🙂

    untuk bisa beli asap cair, bisa menghubungi saya di 081328042283, untuk mengawetkan kulit, pake grade 3, harga 8500 per liter.

    tks

  3. saya berencana akan membentuk suatu unit produksi asap cair
    1. apakah gambar di atas mewakili instalasi secara keseluruhan?
    2. berapa perkiraan modal yang harus dikeluarkan untuk industri skala kecil dan berapa kapasitasnya?
    3. apakah tersedia mesin yang up-gradeable jika ingin menambah kapasitas?

  4. 1. untuk peralatan insyaallah sudah mewakili, tetapi untuk gambar belum pak.
    2. modal untuk skala kecil sekitar 50 jt.
    3. saya siap membantu untk pengadaaan mesin pak.
    thanks

  5. saya berminat untuk memproduksi asapcair dari cangkang kelapa sawit, dimana saya bisa mengikuti pelatihan cara pembuatan asap cair di daerah saya. terima kasih

  6. Trima kasih atas informasi infra struktur pengolahan asap cair yang bapak paparkan. Yang ingin kami tanyakan : 1. lubang pemasukan bahan baku batok kelapa dan pengeluaran produk pada tungku bapak tidak terlihat jadi kami belum dapat gambaran yang jelas. Mohon gambarnya pak kalau bapak berkenan. 2. Apakah fungsi asap cair dari kayu sama dengan asap cair dari batok kelapa. Terima kasih kami menunggu jawaban dari bapak.

  7. untuk gambar detil, maaf sy tidak bisa ngasih seluruhnya pak. dari kayu dan batok, harus dites dulu kontennya. kalau menyerupai dg batok, boleh jadi fungsinya sama.

  8. ada yg ingin saya tanyakan tentang benzopirena yang terdapat pada asap cair,setelah diperoleh destilat asap cair, perlu berapa kali redestilasi untuk menghilangkan benzopiren tsb, jika kita tidak menggunakan filtrasi zeolit?

    kemudian standar apa yang bapak gunakan untuk menentukan produk bapak itu sudah dibawah ambang batas aman? apakah dari BPPOM atau yang lain?

    thanks

  9. assalamualaikum..saya mau menanyakan asap cair yang untuk pembeku karet,itu grade berapa dan bagaimana cara pemakaiannya.dan juga apa keunggulan dari asap cair itu sendiri.mohon penjelasannya.

  10. Saya ingin memesan alat pirolisis dan Destilasi
    Bagaimana caranya? apakah ada nomor yang bisa di hubungi?

  11. Pak Agung, saya mohon maaf, etikanya kami tidak boleh memberikan apa yang kami miliki itu semurah-murahnya kepada orang lain. kami yang bergerak di Industri riset, telah mengeluarkan biaya dan waktu sangat besar. jadi mohon pengertiannya.
    bahan baku asap cair selain tempurung kelapa, masih banyak yang lain, sperti dari cangkang sawit, bambu dll.
    thanks

  12. Pak,kami di Indonesia Timur sangat melimpah bahan baku batok kelapa. Apakah ada pasar jika kami buat produksi
    Asslamu alaikum pak, apakah bapak juga bisa membantu memasarkan asap cair dari indonesia timur?sebab didaerah kami bahan baku sangat melimpah
    T

  13. Assalamu’alaikum,,,
    Saya mahasiswa FMIPA Uny yang telah berhasil memproduksi asap cair grade 2, dengan sistem destilasi tingkat satu memanfaatkan energi matahari,saya berencana memproduksi asap cair dalam jumlah yang besar dengan pirolisator dan destilator temuan saya sendiri itu, hanya saja sekarang saya mengalami permasalahan untuk pemasarannya.
    Rumah saya di cilacap dekat pelabuhan ikan dan kebetulan juga tidak terlalu jauh dengan pengolahan karet di banyumas.Bagaimana menurut bapak?Mohon sarannya?

  14. Wah bagus itu Mas Daru idenya, memanfaatkan energi matahari. bisa jadi solusi krisis energi.
    Hanya perlu dihitung berapa biaya instalasinya, apakah tidak malah sangat mahal, demikian bisa jadi pertimbangan.
    kalau untuk lokasi dekat pelabuhan, itu sudah sangat tepat. saya pernah ke Cilacap, itu sangat prospektif dikembangkan disana. bahkan untuk penggumpalan karet pun yang masih menggunakan asam semut bisa jadi pengganti.
    makasih

  15. Pak Abdunasir,
    Kalau di Indonesia Timur, kami sarankan di Produksi sendiri pak, untuk aplilasimya bisa digunakan untuk pengawetan ikan dan penggumpalan karet dll.

  16. numpang nanyak
    qRA2 Untuk memperoleh asap cair d’daerah ambarawa atau yang paling dekat dengan ambarawa tu dimana y
    dan kira2 harga untuk asap cair grade 1 dan grade 2 berapa y . . .
    terimakasih sebelumnya

  17. assalamu’alikum,terimakasih atas sarannya bapak,,,
    untuk instalasi destilator energi matahari cukup menggunakan bahan utama plastik dengan ketebalan kurang lebih satu mili”permeter hanya kisaran puluhan ribu”,bambu yang dibelah-belah untuk kerangka dan di desin sedemikian rupa sehinngga ada ketakseimbangan panas yang menyebabkan penguapan dan pengembunan di satu sisi dan sisi yang lain,,,sekali destilasi sudah sebening bensin”bisa jadi karena kecepatan penguapan yang tepat jadi pemisahan komponen berjalan sempurna,dengan bukti hasilnya sebening bensins,berqualitas 80%grade 1″ ,tentu sangat berbeda dengan yang dihasilkan destilasi biasa yang membutuhkan dua kali proses agar hasilnya seperti itu,pun ditambah dengan penyringan di dalam zeolit dan arang carbon.
    saya juga sedang melakukan penelitian lagi untuk mengambil data dalam mengetahui berapa liter permeter perhari “udara panas/kemarau” kecepatan destilasi menggunakan destilator model baru ini.
    Maaf pak saya belum sempat survey langsung ke pelabuhan cilacap, apakah produk asap cair sudah masuk ke pelabuhan tersebut atau belum?
    bapak sudah mendaftar jadi anggota agromania bisnis club belum?jika pernah bagaimana pengalaman bapak disana?saran untuk saya?

  18. Wassalam Wr Wb.
    Mas Daru,

    Temuan anda sangat bagus, saran saya bisa lebih dikembangkan untuk desain alat dan yang lebih penting bagaimana memasarkannya.

    Bisnis asap cair, memang perlu edukasi yang lama, masyarakat perlu diberikan contoh kongkret, baru mereka akan mengikuti kita.
    Untuk Cilacap, kami memang beberapa kali kesana, respon cukup bagus, hanya memang perlu waktu yang agak lama untuk bisa mendampingi mereka. Bukti yang shahih akan manfaat asap cair, niscaya akan mempercepat proses itu.

    Agromania, belum mas. saya tunggu jika ingin jumpa darat
    rumah saya : jalan Gedongkuning Selatan 202 Yogya

  19. saya mau jual arang batok kelapa,produksi saya 1 minggu antara 3 s/d 16 ton tergantung permintaan. kalau ada informasi yang membutuhkan produksi kami boleh menghubungi ke mail saya

  20. Ass wr wb
    Salam Sejahtera, Saya sangat tertarik dengan temuan alat destilasi berbahan bakar tenaga sinar matahari punya ms daru kusuma bisakah saya mengetahui alamatnya. Saya juga berencana mengembangkan produk berbahan dasar kelapa untuk wilayah Purwokerto dan sekitarnya. Mohon unt bimbingannya dari bp Abidanish. Terimakasih

  21. CV. Riko Jaya
    Kami menjual/menyediakan asap cair (liquid smoke) dengan merk Deogreen. Sedia jaringan distribusi ke seluruh Indonesia. Melayani pembelian eceran, partai dan kerjasama agen.
    Asap cair (liquid smoke) merupakan pengawet makanan alami pengganti formalin, dan sebagai penghilang bau ramah lingkungan.
    Harga :
    360 ml = Rp 8.500
    1 liter = Rp 12.000

  22. Assalammualaikum Mas….

    Saya mempunyai niat untuk membuat industri kecil mengenai asap cair…apakah dengan modal 50 juta sudah memenuhi syarat untuk menghasilkan asap cair grade 1(layak dipake untuk pengawetan makanan/ikan?), alat-alat apa saja yang dapat saya miliki dari modal 50 juta investasi peralatan tersebut?
    Terima kasih banyak informasinya mas…
    wassalam

  23. assmlkm… saya butuk minyak asap cair tempurung kelapa ,aku kuliah di UNIV MERCU BUANA kalo mau beli yang terdekat dan yang murah dimana ya??

  24. Zufar,

    asap cair bisa digunakan untuk pengawetan ikan, penggunaannya memakai grade 2, dicampur 7 liter air,
    ambil 1 sendok campurkan ke dalam ikan.
    tk

  25. saya tertarik dg asap cair…saya punya lmbah penggilingan padi berupa sekam, klu sekam di proses jadi asap cair kualitasnya bagaimana…kalau asap cair di gunakan sebagai pestisida apa bisa ?

  26. 1# apa sudah ada penelitian tetang pemakaian asap cair untuk pengawet kayu?
    2# bagaimana studi komperasi tentang manfaat asap cair VS formaldehyde ?
    3# daru > usaha yg luarbiasa pak.
    saya bisa dapat kontak email atau tlp anda
    tlg kirim ke wicak.bio@gmail.com

  27. kami telah mencoba membuat asap cair .. alat kita desain sendiri tetapi hasilnya tidakmemuaskan .. asap yang keluar tidak setara dengan te purung yang di bakar, arangnya menjadi abu .. kira2 dimana kah kesalahannya pak ?? alatnya kah atau teknik pembuatannya?? terima kasih..

  28. pak salam kenal saya ingin bergabung dalam bisnis asap cair ini. dan bukan omong kosong karena saya sdh siapakan lahan produksi dan bahan baku produksi sekitar 150 ton tapi yang jadi kendala modal untuk membeli mesin produksi apakah bapak mau memberi kami pinjaman alat produksi yang insyaallah nanti kami cicil dari hasil penjualan hasil produksi syukur2 bapak mau kerjasama dalam hal penjualan apalagi saya tau bapak juga seorang exportir terimakasih maaf klo saya kurang sopan atau lancang tapi emang ini adanya.

  29. Pak Hanafi, mulya sekali keinginan bapak, tetapi untuk memualai bisnsi butuh perencanaan yang matang, dari aspek produksi, pemasaran, permodalan dll.

    Alangkah lebih baik, menurut saya, jika dengan kekuatan modal yang ada, bapak bisa menmbuat tempurung kelapa sesuai dengan keperluan yang ada.

    Jika posisi di Jawa, saya ada calon buyer yang siap membeli arang kelapa dalam jumlah banyak.

    untuk tindak lanjut, bapak bisa menghubungi saya via Japri.

    Nuwun

  30. eva, proses pirolisis anda berarti ada kebocoran udara,sehingga pembakaran menjadi abu, kesalahan bisa dialat, atau teknik pembakaran.

    tks

  31. Maaf mau tanya,
    Kalo untuk produk makanan basah?
    Bagaimana cara applikasinya?
    Apakah grade 1 masih ada bau asapnya?
    Apa grade 1 sudah terbaik?
    Atau bisa d tingkatkan lg?
    Bagaimana cara menghilangkan bau asapnya dalam penggunaan langsung?
    Trima kasih

  32. Slmt siang, salam kenal
    kami tertarik informasi asap cair di web bpk….
    misal kami menekuni usaha ini apakah selain alat bisa dibantu informasi bahan baku dan pemasarannya.
    demikian trima kasih
    salam hormat

  33. hebat ini mas Abi. membuka begitu banyak cakrawala berfikir saya tentang dunia kelapa. saya begitu lama resah dan mencari tahu tentang pengolahan limbah kelapa dan kelapa sawit. karena saya kebetulan tinggal dekat Pabrik Kelapa Sawit Burau atau PTPN XIV. SAYA MAU KENAL BISNIS BAPAK LEBIH JAUH… thanks

  34. Aslmkm..mas danish..pembakaranya memakai kompor atau langsung dari dalam seperti membua arang..tolong jelaskan cara pembakaran tempurung kelapa sampai menghasilkan asap cair grade3..tlg bls ke email saya(hery_snt@yahoo.co.id) trim’s

  35. pak, asap cair yang anda buat, apakah sudah terdaftar ? saya ada di daerah surabaya, bgmn cara pembelianya. trima kasih

  36. assalamuallaikum, saya tertarik dengan temuan mas daru yg memanfaatkan matahari dalam prosesnya. saya ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai asap cair. kalo berkenan say dikirimkan alamat atau no yg bisa dihubungi ke email saya Antonius_zevani@yahoo.co.id saya tunggu mas daru thanks

  37. assalamualaikum wr.wb..
    pak abidanish sy mahasiswa Kimia Unesa..sy mau tanya pak..
    skrg ini kan sy sdg membuat penelitian terkait pembuatan metanol dari biomass dengan proses pirolisis..namun sy terkendala dengan alat pirolisisnya.
    jika bpk berkenan, mohon bantuannya untuk menjelaskan bagaimana cara membuat alat pirolisis sederhana? apakah sm dgn gambar pd artikel ini? kira2 berapa biaya yg dibutuhkan? dan apakah bisa alat tersebut dibuat dalam skala laboratorium?
    trimakasih…

  38. Ila…

    Untuk pirolisis, cukup dengan tabung tertutup sebagai alat pembakaran, kemudian dihubungkangkan dengan kondensor.
    Ok ?

  39. Ass,Sy lihat gambar di atas,alat spirolis tsb terbuat dr baja anti karat yg dilapisi batu bata atau memang terbuat dr bata? Klu memang terbuat dr batu bata biaya bisa ditekan. Ada pabrik yg jual alat semacam ini mahal sekali,berbahan stainles stel.

  40. Mas Prabowo…

    Bahan pirolisis adalah memang terbuat dari stenliss steel, kemudian untuk instalasinya dibunkgus dengan selimut dari dinding bata mas, hal tersebut supaya panas tidak keluar dari dinding pirolisis.

    Thanks

  41. bos mau tanya nih, minimal order untuk asap cairnya berapa, kalo cuma kapasitas kecil bisa ga? 5-100 ltr/ minggu bisa ga? ini no. telp saya, 085782688334 sambu

  42. Salam Sejahtera..

    Untuk mengikuti pelatihan mengenai proses dan manfaat asap cair dan arang batok bagaimana caranya pak, saya berlokasi di jakarta, tapi rencana libur akhir tahun nanti saya berlibur ke yogya, sekitar tanggal 24 s/d 30 Desember 2011. Apakah di tanggal tersebut ada jadwal pelatihan seperti yang saya maksud? Karena saya sekarang sedang memulai untuk memulai usaha pembuatan arang batok, dimana rencana kapasitas produksi per minggunya 15-20Ton, dengan pemasaran di daerah lampung. Tolong infonya pak kalau ada buyer di Jawa dengan partai besar melalui email saya kervin_123@yahoo.com. Terima kasih banyak pak. Sukses Selalu.

  43. Mas…

    Maaf Untuk kawan-kawan… saya akhir tahun mau Liburan dulu 🙂
    Setelah NATAL – TAHUN BARU saya meliburkan diri hanya UNTUK KELUARAGA 🙂
    Thanks

Tinggalkan Balasan

