Kandungan Asap Cair, Komponen Senyawa Penyusun Asap Cair


ASAP CAIR

ASAP CAIR

Asap cair memiliki banyak manfaat, sebenarnya ada kandungan apa dalam asap cair tersebut. berikut komponen-komponen penyusun asap cair yang meliputi:

1.    Senyawa-senyawa fenol

Senyawa fenol diduga berperan sebagai antioksidan sehingga dapat memperpanjang masa simpan produk asapan.

Kandungan senyawa fenol dalam asap sangat tergantung pada temperatur pirolisis kayu. Menurut Girard (1992), kuantitas fenol pada kayu sangat bervariasi yaitu antara 10-200 mg/kg Beberapa jenis fenol yang biasanya terdapat dalam produk asapan adalah guaiakol, dan siringol.

Senyawa-senyawa fenol yang terdapat dalam asap kayu umumnya hidrokarbon aromatik yang tersusun dari cincin benzena dengan sejumlah gugus hidroksil yang terikat. Senyawa-senyawa fenol ini juga dapat mengikat gugus-gugus lain seperti aldehid, keton, asam dan ester (Maga, 1987).

2.   Senyawa-senyawa karbonil

Senyawa-senyawa karbonil dalam asap memiliki peranan pada pewarnaan dan citarasa produk asapan. Golongan senyawa ini mepunyai aroma seperti aroma karamel yang unik. Jenis senyawa karbonil yang terdapat dalam asap cair antara lain adalah vanilin dan siringaldehida.

3.   Senyawa-senyawa asam

Senyawa-senyawa asam mempunyai peranan sebagai antibakteri dan membentuk citarasa produk asapan. Senyawa asam ini antara lain adalah asam asetat, propionat, butirat dan valerat.

4. Senyawa hidrokarbon polisiklis aromatis

Senyawa hidrokarbon polisiklis aromatis (HPA) dapat terbentuk pada proses pirolisis kayu.Senyawa hidrokarbon aromatik seperti benzo(a)pirena merupakan senyawa yang memiliki pengaruh buruk karena bersifat karsinogen (Girard, 1992).

Girard (1992) menyatakan bahwa pembentukan berbagai senyawa HPA selama pembuatan asap tergantung dari beberapa hal, seperti temperatur pirolisis, waktu dan kelembaban udara pada proses pembuatan asap serta kandungan udara dalam kayu.

Dikatakan juga bahwa semua proses yang menyebabkan terpisahnya partikel-partikel besar dari asap akan menurunkan kadar benzo(a)pirena. Proses tersebut antara lain adalah pengendapan dan penyaringan

.

5. Senyawa benzo(a)pirena

Benzo(a)pirena mempunyai titik didih 310 oC dan dapat menyebabkan kanker kulit jika dioleskan langsung pada permukaan kulit. Akan tetapi proses yang terjadi memerlukan waktu yang lama (Winaprilani, 2003).

28 pemikiran pada “Kandungan Asap Cair, Komponen Senyawa Penyusun Asap Cair

  1. Mas Dimas,
    Asap cair grade 2, bisa digunakan untuk aplikasi pengawetan makanan, seperti bakso, mie, daging, ikan dll.
    terimakasih.

  2. Bang mau nanya??
    1. Apakah semua asap cair memiliki komponen yang sama?
    2. Bagaimana cara menentukan komponen kimia yang ada pada asap cair?
    3. Apakah setiap jumlah bahan baku yang sama menghasilkan volume asap cair yang sama?
    Sebelumnya terima kasih yang bang??

  3. Julia,

    Asap cair dapat diperoleh dari berbagai macam jenis kayu atau bahan. bisa dari kayu, batok kelapa, cangkang sawit, bambu dll. sehingga
    1. komponen pasti berbeda-beda.

    2. untk menentukan komponennya ya di Lab kan saja
    3. Tidak

    Makasih

  4. Salam kenal. Mohon info ttg opportunity asap cair ini dr sisi pemakai/konsumen. Apakah asap cair ini sudah ada yg eksport??

  5. Fitri,

    Mohon maaf, untuk daftar pustaka bahasan ini, dulu kami sempat menyimpan dalam bentuk file, tetapi karena laptop kami hilang, ya sementara kami tidak bisa memberikannya.

    kalau anda butuh, silahkan datang ke perpustakaan Fakultas teknologi pertanian UGM. Insyaallah ada disana
    Thanks

  6. daerah mana ja pak share market….
    wilayah jateng barat-selatan dah da agenya pak??
    kami agen produk yg sama cuma merek beda..bisa kirim info harga pak..bisa share market, sbg pembanding??

  7. CV. Riko Jaya
    Kami menjual/menyediakan asap cair (liquid smoke) dengan merk Deogreen. Sedia jaringan distribusi ke seluruh Indonesia. Melayani pembelian eceran, partai dan kerjasama agen.
    Asap cair (liquid smoke) merupakan pengawet makanan alami pengganti formalin, dan sebagai penghilang bau ramah lingkungan.
    Harga :
    360 ml = Rp 8.500
    1 liter = Rp 12.000

  8. Mas,ni asap cair sbnenarny hanya bsa untk daging dan ikan atw bisa di pakai pd bnyk hal?mhon diberikan sedikit keterangan agar tidak rancu..
    Krn saya lihay ada yg untuk sari tebu smp ke pintu..
    Terimakasih..

  9. Salam kenal,,
    Mas, mo nanya sedikit,
    Buku tentang asap cair ada gak ??
    Klo ada siapa pengarangnya dan apa judul bukunya,,,
    terima kasih..

  10. CV.RIKO JAYA
    Memproduksi asap cair dengan merk Deogreen yang berkhasiat untuk penghilang bau (limbah pabrik, Sampah, WC, Perkantoran, Perumahan, Restoran, Kandang Peliharaan, Bau Bangkai, Rumah Sakit, Pengawet Makanan, Dapat digunakan untuk campuran pupuk organic (sampah) kami akan memberikan discount hingga 30% Call Now
    dll. menjual PERISA ASAP MULTI GUNA penyedap dan pengawet tahu. Bagi anda yang ingin membeli / menjadi agent kunjungi website/contact : (+62) 08164834477 , (+62)087885759439
    Fax : 021-3908444 Office: 021-3150327
    url : http://www.liquidherbalonline.com
    email : marketing@liquidherbalonline.com/rentertaint@yahoo.com
    kota : jakarta pusat
    Alamat : jl. Paseban raya no.37A
    Kode pos : 10440

  11. saya mahasiswa teknologi hasil perikan, saya tertarik dengan bisnis ini… bgaimana memperoleh pelatihan serta melihat langsung proses pembuatan asap cair… mohon dikonfirmasi di e mail saya

  12. Assalamu’alaikum….
    Pak.. maaf mo nyk,, klo mo ikut pelatihan Pembuatan Asap Cair Itu bgmana ya???
    Trz… Biaya’a brP????

  13. nice share gan
    bang mau nnya ,
    kan asap cair mempunyai grade-grade gitu (grade 1, 2, 3 dan 4) klo gag salah, kira2 pembeda masing2 grade itu apa ya ? komponen (fenol, derajat keasaman, benzolpiren, karbonil, PAH) didalam masing-masing grade itu ada gag ya bang data2nya?
    terima kasih ya bang sebelumnyaa,,,

  14. Mas….mas kan ngutip si Gerad….kemudian Maga (1987) dan lain2x tapi tidak dituliskan daftar pustaknya…ini bentuk lain dari plagiat…loh mas, bagaimana pembaca yakin kalo mas mendapat sumber Gerad yang asli, kalo tidak disertakan sebagai daftar pustaka….jangan2x cuma comot dari blok orang nih….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s