Memurnikan Asap Cair


Redestilasi Asap Cai

Redestilasi Asap Cai

Asap cair yang diperoleh dari pirolisis termasuk grade 3. warnanya coklat pekat, kandungan ter masih banyak. Grade ini sangat cocok untuk penggumpalan karet, pengawetan kayu dll. Jika digunakan untuk pengawet pada makanan, maka Grade 3 harus ditingkatkan ke Grade 2. Grade 2, memiliki warna yang lebih coklat bening, kandungan ter jauh berkurang. aroma asapnya sudah agak berkurang. nah, bagaimana membuatnya..? akan saya berikan trik pengolahannya.

1. Endapkan asap cair grade 3 selama minimal 1 minggu, untk mengendapak ter

2. saring dengan zeoilt

3. Distilasi ulang asap cair grade 3 tsb. distilasi dilakukan pada suhu 120 – 150 C

mudah bukan…?

(mansur mashuri)

26 pemikiran pada “Memurnikan Asap Cair

  1. terima kasih atas informasi Redestilasi asap cair. kami masih menantikan gambar pemasukan dan pengeluaran bahan baku arang batok dalam proses pembuatan asap cair, atas bantuan bapak kami ucapkan terima kasih

  2. sy tertarik untuk ikut meramaikan bisnis asap cair. dimana sy dapat memperoleh alatx n ada tak yg m,au transfer teknologi? berapa kira2 biaya investx?

  3. Hormat saya,
    Tolong dong pak informasi pemasaran produk…!
    saya sudah coba cari informasi tapi belum berhasil. Saya sudah coba menghub Bpk Imam Nurhidayat yg masuk majalah Trubus katanya butuh banyak untuk memenuhi pasar yg katanya 10 ton dan produksi beliau masih 2,3 ton tapi ditolak beliau dengan alasan keseragaman mutu,padahal mutukan bisa kita sesuaikan dengan permintaan.hal ini membuat saya sangsi apakah benar pangsa pasar masih terbuka lebar. kalau benar masih menjanjikan tolong dong informasi pemasarannya doalnya saya sudah terlanjur setengah jalan,sudan tanam modal cukup besar untuk memproduKsi asap cair. Tolong di informasikan ke email saya herman_tjoa@ymail.com atau (021)70716775.
    terima kasih atas informasinya.

  4. saya perna ikut pelatihan pengolahan produksi asap cair tempurung kelapa.. mulai dari situ saya sudah tertarik bisnis ini, tapi kendalanya modal saya tidak cukup untuk membeli pelatan pirolisis dan destilasi asap cair.. apakah ada alat produksi asap cair yang lebih sederhana dan harga lebih terjangkau… dari teori yang saya dapatkan.. arang aktif secara mekanis dihasilkan pada pembakaran suhu 300-450oC.. ini adalah suhu yang tepat untuk produksi asap cair.. apakah arang hasil produksi asap cair termasuk arang aktif dan dapat digunakan sebagai penyerap bau, pada berbagai perusahaan, seperti minyak goreng, air minum, dll..
    terima kasih
    tolong informasinya dikirim ke email saya surya_goya@yahoo.co.id (085230630542)

  5. Arang yang dihasilkan dari proses pirolisis belum menjadi arang active, baru setengahnya. jadi belum maksimal untuk digunakan sebagai arang active, tapi bisa di coba mas surya.

  6. saya adalah pembuat arang kayu dan arang batok, dan saya tertarik banget dengan istilah asap cair ini, kira kira apa bisa ya sekali jalan ? arang dapat dan asap cair juga dapat sesuai dengan mutu dan kwalitasnya ? dan kira kira ada g perusahaan yang siap menerima asap cair tersebut dan juga untuk meningkatkan jumlah pemasaran kami, saya juga membutuhkan rekananuntuk peasaran arang kayu dan batok tsb. bagi siapa aja yang bisa membantu, place hub ms_pradana@yahoo.co.id.
    saya berada di banyuwangi jawa timur.
    sekian terima kasih

  7. pak Soleh,
    Pada prinsipnya pembuatan asap cair dapat langsung menghasilkan arang batok.
    untuk mutunya perlu proses distilasi dan penyerapan senyawa benzopiren untuk pemakaian / aplikasi tertentu.
    Info pemasarannya, ayo siapa yan tertarik.
    Makasih

  8. saya pengin nanya apakah bapak punya resep penggunaan asap cair untuk produksi mei basah (mie bakso), bagaimana cara penggunaannnya dan berapa kadarnya, tolong balas ke email saya, terima kasih

  9. assalamualaikum. saya juga mangalami kendala yang sama seperti pak herman. saya mohon mas infokan pemasaran asap cairnya. bagi pembaca di sumatera utara yang membutuhkan asap cair dalam jumlah banyak tolong hubungi saya ke email amrullahhubay@yahoo.com terima kasih.

  10. Bapak Amrullah,

    Untuk pemasaran asap cair, saya sarankan bapak terlebih dahulu mengetahui manfaat dan kegunaan asap cair tersebut. Misal untuk pengawetan ikan, daging dll.
    Namun untuk yang lebih masal, saya yakin di aceh banyak tanaman karet, coba bapak aplikasikan untuk penggumpalan karet. Kawan saya di medan sudah berhasil memanfaatkan asap cair untuk penggumpalan karet, bahkan jadi komoditas yang diharapakan dalam industri karet bapak.

    Thanks

  11. mohon info tentang spesikasi secara fisika dan kimiany untuk asap cair pada masing2 gradenya, terimakasih

  12. Assalammu’alaikum,saya mau nanya asap cair grade 3 diberi larutan alkohol dan h2so4 pekat terbentuk asap cair apa pak?trimakasih saya nunggu kabarnya lewat email,wassalam saya robby.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s