Mengembangkan Asap Cair di Indonesia Timur


Indonesia Timur

Ada beberapa pertanyaan yang masuk melalui blog ini, antara lain, apa mungkin saya bisa mensuplai batok kelapa dari Sulawesi, Papua ke Jogja untuk dibuat asap cair, apa asap cair yang saya produksi di Indonesia timur bisa dipasarkan ke jawa…? Dan yang lainnya.

Menjawab pertanyaan diatas, perlu dianalisis terlebih dahulu pokok permasalahan. Bahwa bahan baku di Indonesia timur sangat melimpah adalah ya. Tetapi sumber daya manusia yang mampu mengelola sangat sedikit. Kemudian akses informasi yang kurang tentang penggunaan asap cair, hal ini menyebabkan mac etnya pengembangan disana.

Melihat realita yang ada, dilihat dari segi kondisi geografis yang jauh, sangat tidak mungkin mensuplai batok kelapa ke Jawa. Biaya angkut ke Jawa akan lebih mahal daripada barang yang diangkut. Kemudian jika asap cair dikirim ke Jawa, apakah bisa bersaing dengan produk local jawa yang sudah lama berkembang proses produksinya.

Menurut hemat saya, persoalan yang ada bisa diatasi dengan penyebaran akses informasi proses dan penggunaan asap cair yang berdaya guna untuk daerah.

Proses pelatihan untuk petani daerah sangat penting sebagai upaya penyebaran informasi, termasuk bagaimana menggunakannya.

Aplikasi asap cair untuk penggumpalan karet, untuk penyamakan kulit, untuk pengawetan ikan, pengawetan kayu, akan menjadi solusi sendiri bagi daerah dengan tidak menggantungkan kepada bahan-bahan yang didatangkan dari Jawa. Yang harganya relative mahal karena factor transportasi. Mengembangakan potensi daerah, tentu akan mengangkat daya saing daerah pula.

Jadi sekali lagi proses yang tepat adalah Know about product. Untuk apa asap itu, kenali cara pemakaiannya, baru Take Action to Bussiness.

Dalam hal ini kami di Tim Pengolahan Kelapa terpadu, siap untuk membantu daerah yang ingin mengembankan potensi kelapa dengan In House Training.

Untuk Informasi  pelatihan, bisa menghubungi Via email ke mansur_mash@yahoo.com

11 pemikiran pada “Mengembangkan Asap Cair di Indonesia Timur

  1. pengembangan merupakan suatu hal yang sangat mulia..karena asap ini merupan suatau bagian dari polusi udara..
    kalau asap cair ini dikembangkan di daerah sumatra, khususnya riau gmn pak..kira2 kira2 peluanggya..
    kalau dilihat dari sumberdaya (tempurung kelapa) sangat banyak disana pak..?

  2. pengembangan asap cair merupakan suatu hal yang sangat mulia..karena asap ini merupan suatau bagian dari polusi udara..
    kalau asap cair ini dikembangkan di daerah sumatra, khususnya riau gmn pak..kira2 kira2 peluanggya..
    kalau dilihat dari sumberdaya (tempurung kelapa) sangat banyak disana pak..?

  3. saya melihat masih tidak jelasnya pemasaran sehingga potensi yang begitu besar di tiap daerah masih belum bisa di manfaatkan padahal informasi dan kejelasan pemasaran penting sekali untuk orang awam atau orang kecil untuk memulai usaha karena mereka selalu terbentur dengan modal dan pemasaran. Jika info dan kejelasan pemasaran produk-produk seperti asap cair dan lain-lain ini bisa diketahui dengan mudah maka pengangguran di Indonesia sendirinya secara perlahan akan bisa teratasi dan itu artinya meningkatkan kesejahteraan. Saya berharap akan ada oran-orang atau kelompok atau perusahaan yang bisa dan mau mengelola ini dan mencari pemasaran dipasar internasional.

  4. Ibu Diah,

    Selain dari batok kelapa, ada bahan lain untuk membuat asap cair, misalnya dari Bambu. Asap cair dari bambu, banyak digunakan sebagai bahan biopreservative di Jepang sebagai campuran untuk proses barbaque…
    Terima kasih…

  5. mohon dibantu Pak Abidanish…. tlg dihubungkan saya dg buyer asap cair? kami produsen arang batok kelapa didaerah desa glagah-Banyuwangi (Jatim) dg penghasil produk arang mencapai 2,5-3ton perminggu dan asap cair (grade B) tdk kurang dr 15 jerigen per minggunya, dengan niat awal pemberdayaan masyarakat desa kami.
    karena usaha ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat desa, akan sangat membantu sekali jika bapak bisa membantu kami… terima kasih banyak sebelumnya…

  6. mohon hubungi saya di no. . terima kasih banyak sya haturkan. smoga sukses selalu. wassalamualaikum wr.wb.

  7. mohon hubungi saya di no. 081235661881. terima kasih banyak saya haturkan. smoga sukses selalu. wassalamualaikum wr.wb.

  8. Bapak Abdul,

    Saya sarankan bapak cari kebun karet saja, karena asap cair bisa digunakan untuk penggumpal karet ya..

    Tks

  9. Saya mahasiswa tugas belajar tk. akhir dr salah satu instansi bid. Pertanian di PT, di Manokwari Papua Barat, Untuk penulisan akhir,sy ingin mengkaji widya tentang manfaat asap cair untuk pestisida organik. Namun sy sangat kesulitan bahan referensi karena keterbatasan sumber di Wil. Papua Barat. Apabila berkenan, mohon bantuan dan kerjasamanya dalam hal tsb,demi majunya dunia pertanian dan terwujudnya sistim pertanian yg ramah lingkungan di indonesia khususnya di Papua. Sebelumnya sy ucapkan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s