Bisnis Manis dari Kelapa


coconut treeBetapa tidak pantasnya kita mengabaikan kelapa, Anugerah yang diberikan Tuhan kepada kita dari kelapa sangat melimpah. Tidak ada bagian sedikit pun dari kelapa yang tidak memiliki manfaat. Semuanya bermanfaat.

Sebenarnya, tulisan ini bukan yang pertama saya buat, tulisan awal saya pernah memuat tentang ini, seperti disini tetapi ini adalah refleksi kesyukuran saya terhadap Allah atas kelapa yang telah memberikan banyak nikmat atas diri saya. betapa saya harus bersyukur, saya kenal asap cair dengan manfaat melimpah, dia punya manfaat untuk pengawetan makanan, untuk membantu penggumpalan karet, untuk penyamakan kulit, sebagai antibakteri, dan manfaat lain yang belum terkuak.

saya kenal VCO, atau dikenal dengan minyak virgin atau yang lebih kerennya Virgin Coconut Oil, telah membuat perubahan besar dalam cara pandang terhadap minyak kelapa. minyak yang pernah disepelekan sebagai minyak kampung, karena yang memakai memang orang kampung, telah menjadi magnet sebagai penyembuh dari berbagai penyakit yang “membuat iri para dokter” silahkan cari di blog ini tentang manfaat VCO.

Dari VCO menghasilkan produk turunan yang memiliki keunggulan lebih, seperti minyak goreng, bahan baku kosmetik dll. Minyak goreng kelapa terbukti tidak memberikan dampak peningkatan kolesterol pada darah sebagaimana minyak trans yang lain. Kemudian dari produk kosmetik kelapa, Wuih… Banyak yang sudah merasakan betapa hebatnya kosmetik dari minyak kelapa. alami dan sehat.

dari Sabut kelapa, betapa saya bersyukur, perkenalan dengan sabut kelapa ini membawa saya ke bisnis baru, berbisnis sabut kelapa. Manfaat sabut kelapa ini Ruar biasa. Banyak sudah aplikasi penggunaan sabut yang memiliki keunggulan lebih. seperti untuk peredam suara yang bagus, coco coir untuk media tanam yang hebat, cocomesh untuk membantu pertumbuhan tanaman khususnya untuk areal pertambangan, cocopot sebagai media tanaman pot, cocosheet sebagai bahan baku spring bed yang paling bagus, selain itu juga yang sudah biasa kita pakai untuk alat pembersih seperti sapu, dan juga kesed. Subhanallah.

Air kelapa bisa digunakan untuk nata de coco, dimana nata de coco ini sudah digunakan untuk serat optic. wow.. Hebat.. Air kelapa juga sebagai iso tonic alami. Luar biasa bukan..? tidak harus beli iso tonic yang dijual di supermarket. Alami.

Kalau kita kaji lagi lebih mendalam, tulisan ini hanya menampilkan manfaat yang nampak luarnya saja, masih banyak yang belum berhasil ditulis secara detil. Mudah-mudahan ke depan ada waktu yang lebih panjang untuk bisa menuangkan manfaat kelapa yang lebih dalam. Semoga. dan yang penting, kelapa telah menjadi bisnis yang manis untuk saya. Tentu juga anda. Sepakat..?

*Mansur Mashuri (si tukang kelapa)

10 pemikiran pada “Bisnis Manis dari Kelapa

  1. assalamu’alaikum …
    maaf saya sementara mau menanyakan prihal bagaimana cara pengolahan asap cair karna selama ini saya baru buat arang saja dan bagaimana dengan pemasarannya bisa kerja sama

  2. Bang..tolong info pembeli skala besar dari cairan asap tempurung dong..soalnya sy punya rencana mo buka produksi cairan asap tempurung.
    Oh yah, sy tinggal di Poso, Sulawesi Tengah, daerah dengan pohon kelapa terbanyak untuk wilayah Sulawesi..trus yg buka usaha cairan asap tempurung di Poso blum ada, jadi kayaknya prospek usaha tersebut menurutku cukup menjanjikan, tapi sy masih terkendala pasar pembeli…
    Thanks yah atas informasinya dan salam kenal dariku

  3. Pa Natsir,

    Untk daerah poso, saya kira pasar nelayan sangat bagus, penggunaan asap cair untk pengawet ikan sangat tepat.

    untk penggunaannya, silahkan cari artikel terkait d blog saya.

    Thanks

  4. Ass.wr.wb Bang abi saya adalah seorang camat di wilayah dg potensi unggulanx adalah buah kelapa yakni kecamatan galela barat kab.halut prov.maluku utara, sbg info warga saya slama ini mngelola klapa hanya utk kpentingan kopra saja, maka akhir2 ini dg anjloknya harga kopra denyut perekonomian warga pun mnurun dan musim panen klapa pun sperti sudah tdk dihiraukan. Saya memohon bantuan bang abi utk memberi informasi ttg akses bisnis kelapa ini, trima kasih atas bantuannya wassalam..

  5. Pak Mashuri,
    Bagimana memanfaatkan limbah kelapa muda, apakah sabut dan tempurung juga bisa dimanfaatkan? Salam dan Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

