Manisnya bisnis Kelapa (bag 2)


Cocofiber1Sering saya mendapat pertanyaan, baik melaui blog, SMS, atau telp, Mas bagaimana saya ingin mengembangkan kelapa di daerah saya (Indonesia Timur), saya ingin buat bisnis di pengolahan kelapa terpadu, tetapi saya bingung mas, bagaimana nanti memasarkannya..? padahal bahan baku melimpah ruah, harga murah. Ironi… 😦

Kalau kita telaten kata orang jawa, sebenarnya bisnis di bidang kelapa sangat menjanjikan, betapa tidak.., kita lihat dari sabut saja, banyak sekali kebutuhan sabut kelapa (cocofiber) yang diincar para eksportir untuk pabrik spring bed, bahkan sampai kewalahan memenuhi permintaan. belum lagi untuk kebutuhan dalam negeri untuk aplikasi sabut seperti untuk keset dan lain-lain bahan baku ini masih kurang.

Ada  kawan saya di Kebumen, seorang pengusaha sabut kelapa, sampai menolak peluang ekspor Cocofiber ke China, karena untuk kebutuhannya saja dalam mengolah kerajinan sabut, masih sangat kurang. kadang harus menunggu 2 minggu sampai 1 bulan untuk mendapatkan sabut kelapa.

Padahal, kita tahu, sebenarnya sabut kelapa masih sangat melimpah, hanya dibakar saja. apalagi kalau mau jalan-jalan ke Sulawesi, Sabut kelapa hanya ditumpuk begitu saja, bahkan dibakar karena sisa setelah selesai membakar Kopra.

Sebenarnya peluang ekspor ini sangat sayang dilewatkan, pasar masih sangat besar. Pengusaha-pengusaha daerah harus tampil, merubah wacana bahwa kelapa sangat menjanjikan. dari sabut saja digali, ditekuni sampai betul-betul menjadi bisnis yang manis dari kelapa.

* Curhatnya Tukang Kelapa

32 pemikiran pada “Manisnya bisnis Kelapa (bag 2)

  1. Saya seorang camat di kabupaten halmahera utara dgn visinya kabupaten kelapa indonesia krn potensi kelapanya yg melimpah, apalagi di kecamatn yg saya pimpin adalah pnghasil klapa trbesar di kabupaten ini. Slama ini hanya dikelola utk kopra dan saat ini dgn harga kopra yg anjlok mngakibatkn kondisi ekonomi warga pun turuk anjlok. Saya ingin mndapatkn info ttg pngembangn potensi kelapa ini, mohon di hubungi ke no.081356171939

  2. Di daerah saya bahan baku seperti sabut dan kelapa sangat banyak bahkan semuanya hanya terbuang saja jika ada yng berminat ingin menampung silahkan hubungi saya.
    0711-8443399

  3. maaf, saya ingin bergabung . dan bagaimana teknik pengolahannya ? trim.., karena di daerah saya banyak sekali yang terbuang bahan mentah itu!

  4. pak abi, webnya mencerahkan sekali.
    kakak saya dan temannya kemarin mencoba membuka usaha coco fiber di jambi, tapi terpaksa berhenti karena terkendala bahan baku.
    Adakah rekan2 yang bisa mensupplai bahan baku sabut kelapa mentah? mohon hubungi email saya.

    Terima kasih.

  5. Saya sangat tertarik dengan bisnis kelapa karena kelapa semua bagiannya sangat berguna,berhubung di tempat saya tinggal banyak sekali potensinya untuk bahan baku, saya mengajak teman-2 disini untuk bisa memberikan saya ide apa atau peluang apa yg bagus untuk memanfaatkan pohon kelapa ini dari akar,batang,buah,serabut,sampai ke daunnya yang bisa di bisniskan, terima kasih..

  6. Mas Hadi,

    Banyak sekali yang bisa dikembangkan untuk menjadi lahan bisnis atau pembersdayaan via kelapa, bisa mulai dengan minyak goreng, sabut, nata de coco, dll. Blog ini saya kira, bisa menjadi jembatan untuk memulai pengembangan kelapa. Sayang anda tidak menyebutkan dari daerah mana anda berasal.

    Jika butuh diskusi yang mendalam ttg kelapa, bisa menghubungi saya Japri di no. 081328042283

    Nuwun.

  7. di daerah sy banyak kelapanya..biasanya hanya di pake buat di ambil kopranya…sabut dan batok kelapa biasanya di jual buat tukang sate…tp permintaan dari mereka relatif kecil..kalau ada yg butuh sabut kelapa..silakan hub sy di 085242212646/081908031933(sulawesi)

  8. Saya mencari air kelapa untuk pembutan nata de coco. kebutuhan 1300 liter per hari atau sekitar 7500 liter per minggu, syarat air kelapa harus murni, tidak dicampur dan harus dari kelapa yang sudah tua, pembayaran cash begitu air sudah sampai ke tempat kami, siap untuk kontrak. silahkan hub saya jika ada teman2 yang bisa memenuhi kebutuhan kami. Hp 081328700503 – Yogyakarta.

  9. kl ad y brmnt bisnis kelapa hub ja aq soalx d daerah ag bnaxk bngt klp g’ tau mau d apakan. hub ja d no 085299592809. mksh

  10. Saya sedang mencari informasi buyer sabut kelapa. Ditempat saya di talaud kelapa melimpah. Jika bapak/ibu berkenan menjalin kerjasama untuk disuplay hubungi saya di nmr hp.082195602065. Email:ast_presiden@yahoo.com. Trims.
    Identitas saya:
    nama: Abner Tindi
    alamat: karatung, talaud – sulut

  11. di daerah saya (pacitan) kelapa jg melimpah, saya jg bingung mau dmanfaatkan spt ap ato mau dijual kemana. kalo bapak berkenan berbagi informasi atau mgkn bersedia menjalin kerjasama utk di suplay bs menghubungi saya. pak budiono 085921872283. atau bs jg lewat atau facebook : Pak Boed Saja Dulu. trma ksh

  12. Sya ada di daerah Mamuju Utara, sulawesi barat. saya sangat tertarik sekali dengan bisnis kelapa, terutama didaerah mamuju masih banyak potensi kelapa yang belum dimanfaatkan secara maksimal…. terutama untuk tempurung dan sabut kelapa belum banyak dimanfaatkan.. apabila ada yang berminat untuk menampung atau menjalin kerjasama bisa menghubungi 085292090508 atau kirim ke email teguh_arwi@yahoo.co.id
    terimakasih…

  13. Salam sejahtera saya ada di dki jakarta jika membutuhkan kelapa parut, santan kelapa, kelapa bulat hub saya; 08567840027 kami siap memasok dlm jumlah kecil atau besar. Terima kasih

  14. pengen jadi pemasok sabut kelapa, gimana caranya? di daerah saya banyak sekali sabut yg terbuang tidak termanfaatkan. ( Bengkulu)

Tinggalkan Balasan

