Asap Cair Mengurangi Penggunaan Es dalam Kapal Penangkap Ikan


nelayan

Harga bahan bakar yang tinggi serta penggunaan es balok untuk pengawetan tangkapan ikan menyebabkan penghasilan nelayan sering terasa sedikit, ujar salah seorang nelayan. Tangkapan mereka sebenarnya cukup banyak, tetapi setelah dikurangi untuk biaya pembelian bahan bakar dan es, pendapatan mereka menjadi jauh berkurang.

Keadaan seperti itu membuat para nelayan memutar otak untuk mengawetkan hasil tangkapan ikan dilaut. Caranya adalah dengan menabur cairan formaldehide atau formalin ke dalam ikan tersebut. Hmm.. bisa dibayangkan, praktek tersebut berlangsung sudah cukup lama tanpa ada perbaikan metode. Dan bukan rahasia umum, kalau kita sebagai konsumen, diberikan satu sajian makanan yang kemungkinan besar telah mengandung formalin.

Tetapi cerita itu terjadi DULU… sebelum ada pelarangan resmi dari pemerintah tentang pelarangan penggunaan formalin untuk bahan makanan. Pertanyaannya apakah sekarang sudah ada Solusi..?

Pelarangan pemerintah nampaknya ditengarai hanya larangan Normatif, belum ada solusi yang benar-benar efektif untuk pengganti formalin. Fakta dilapangan, masih terjadi “kucing-kucingan” penggunaan formalin untuk pengawetan ikan dilaut. Benarkah begitu…? indikasi itu masih mungkin terjadi.

Lha, sekarang bagaimana apa benar sudah tidak ada lagi alternatif yang efektif dan benar-benar aman….?

Jawabannya, Pasti ADA😉

Tuhan menciptakan penyakit, pasti ada obatnya, tuhan menciptakan masalah, pasti ada solusinya, kalau ada yang tidak baik, pasti ada yang baik. PRINSIP…

Nah, apa solusi yang bisa menjawab tentang masalah bagi nelayan tersebut..? JUDUL BESAR diatas tentang Asap cair mengurangi penggunaan es dalam kapal penangkap ikan adalah jawaban dari problem solving yang ada.

Hasil penelitian kami, terhadap ikan segar yang ditreatmen dengan asap cair, menunjukan sinyal yang positif dalam mengawetkan ikan.Jika biasanya ikan segar yang tanpa ditreatment es akan segera membusuk setelah dalam kurun waktu beberapa jam, tetapi jika ditambahkan es balok, maka ikan akan nampak bagus dalam 2-3 hari.

Ikan segar yang ditambahkan asap cair, mampu bertahan selama dua hari, Catatan penting : Ikan langsung diberi asap cair saat masih dikapal, tidak menunggu saat turun dari kapal. dan apabila ditambahkan es kedalamnya, ikan segar akan nampak segar meski sudah nyampe 12 hari. Luar biasa, lompatan hasil yang bagus.

Nah, bagi nelayan, insyaallah hasil ini adalah penelitian kami yang telah kami lakukan kepada ikan segar, mudah-mudahan mampu memberikan manfaat untuk rekan-rekan nelayan. Jika ada hasil yang berbeda, maka perlu ditelusuri tentang penyebabnya, saya siap share untuk berbagai persoalan yang ada.

*Tukang Kelapa

11 pemikiran pada “Asap Cair Mengurangi Penggunaan Es dalam Kapal Penangkap Ikan

  1. dh, apa itu asap cair dan bagaimana detail nya dalam bahasa di pasaran, gimana implementasi nya, tolong kalau research itu acuan nya bahasa pasaran dan bukan bahasa yang sangat tidak mungkin di implementasikan di lapangan karena research anda akan percuma dan sia-sia, thanks

  2. Pak Ari,

    Terima kasih atas ke kritisan anda,
    satu pertanyaan dari saya, sejauh mana anda mengenal Asap cair..?
    Jika belum banyak informasi, silahkan buka-buka blog saya ttg asap cair.
    Mudah-mudahan manfaat

    Terima kasih sahabat, tetap senyum untuk Indonesiaku🙂

  3. saya mau tanya apakah asapa cair yang sudah di destilasi dapat dikatakan sebagai asap cair grade 2 ? kemudian dosis pengobatan pada ikan lele dengan asap caiar yang telah di lakukan berapa ? terima kasih

  4. asap cair grade 2, itu hanya penamaan kami saja, dia punya karakteristik berwarna coklat cerah, memiliki kandungan benzopiren yang tdak lagi terdeteksi.
    hasil distilasi, bisa jadi grade 2 atau bahka grade 1, tgt bagaimana kita mendistilasinya.
    makasih

  5. Assalamualaikum, pak boleh saya meminta literatur tentang asap cair? Dan saya mohon izin untuk di gunakan sebagai penelitian skripsi

  6. CV. Riko Jaya
    Kami menjual/menyediakan asap cair (liquid smoke) dengan merk Deogreen. Sedia jaringan distribusi ke seluruh Indonesia. Melayani pembelian eceran, partai dan kerjasama agen.
    Asap cair (liquid smoke) merupakan pengawet makanan alami pengganti formalin, dan sebagai penghilang bau ramah lingkungan.
    Harga :
    360 ml = Rp 8.500
    1 liter = Rp 12.000

    Untuk Pemesanan hubungi:
    Herman Hasan
    HP : 08164834477

  7. Pak Abidanish saya tinggal di Tanjung Redeb, kabupaten Berau Propinsi Kalimantan Timur.
    Saya tertarik bisnis asap cair. bisa di buatkan berapa biayanya untuk membeli alat-alat yang diperlukan?

    Best regards,

    Untung Suropati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s