Cocopeat Saingi Rockwool sebagai Media Tanam


rockwool1Ada blog tetangga yang membahas tentang Rockwool sebagai media tanam, isinya kira-kira begini

Rockwool merupakan salah satu media tanam yang banyak digunakan oleh para petani hidroponik di Eropa.  Media tanam ini mempunyai kelebihan dibandingkan dengan media lainnya terutanam dalam hal perbandingan komposisi air dan udara yang

dapat disimpan oleh media tanam ini.

Rockwool terbuat dari batuan basalt yang dipanaskan mencapai suhu 1.600 derajatCelcius  sehingga meleleh menjadi seperti lava, dalam keadaan mencair ini, batuan tersebut disentrifugal terbentuk serat-serat.  Setelah mendingin kumpulan serat ini dipotong dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan petani.  Karena dipanaskan dengan suhu yang sangat tinggi maka secara otomatis pathogen penyebab penyakit juga mati.

Saya kira, aplikasi teknologi ini sangat bagus, high tech, dan berkembang di eropa sana. Mereka tidak memiliki sumber daya alam alternative penggantinya.

Kalau dihitung-hitung, berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat rockwool tersebut. Pasti BESAR. Betapa tidak, coba perhatikan, untuk ambil batunya saja, harus ke gunung-gunung batu, butuh transport yang banyak,  kemudian memecahnya jadi lebih kecil, butuh tenaga yang besar, kemudian melelehkannya dengan suhu 1600 0C, butuh daya lisrik dan panas yang sangat tinggi, dan seterusnya. Efisiensikah..?

Kalau industri kecil, pasti susah untuk meniru teknologi tersebut. Pertanyaannya, kenapa pilih bahan yang susah, sementara ada bahan yang mudah ada? kenapa pilih teknologi yang mahal, sementara ada alternativ teknologi yang sederhana, kenapa harus mendatangkan dari eropa, sementara bahan baku lokal banyak tersedia dan melimpah..?

Beberapa pertanyaan yang menjadi keheranan saya dalam membahas fungsi rockwool sebagai media tanam. Kenapa.. karena untk menjawab pertanyaan tersebut, kita gak usah bingung cari alternativenya.

Coba tengok sekitar anda, ada pohon kelapa, pasti ada buah kelapa. Nah, coba ambil beberapa buah kelapa tersebut, lalu pisahkan dari buahnya, dan ambil sabut dan serbuknya. Sabut dan serbuk kelapa sangat baik untk pengganti tanah dan sebagai media tanam.

Sabut kelapa atau cocofiber dan serbuknya cocopeat, terbukti efektiv, bagus untk menumbuhkan tanaman hidroponik, sayuran, buah-buahan. Silahkan baca sumber ini untk perbandingan.

Sabut dan serbuk kelapa sangat melimpah disekitar kita, hanya pemanfaatannya saja yang belum maksimal. Banyak masyarakat yang belum tahu, atau gak mau tahu, atau ingin tahu tetapi tidak sumber informasi yang banyak tahu (buka-bukaan rahasia ye.. 🙂 maksudnya).

Sekarang, melihat potensi yang ada, sudah sebaiknya cocopeat menjadi andalan dalam pengembangan media tanam alternatif selain tanah apalagi Rockwool. Dan saya kira kedepan untuk pasar Eropa pun, Cocopeat akan mampu saingi rockwool sebagai media tanam. Siapa yang mau jadi eksportir..?

Untuk informasi produk dan pemesanan, silahkan klik disini

* By. Mansur Mashuri

Iklan

4 pemikiran pada “Cocopeat Saingi Rockwool sebagai Media Tanam

  1. Luar biasa sekali perbandingannya antara Cocopeat dan Rockwool saya salah satu penggemar tanaman Hidroponik, tapi belum tau banyak tentang itu. Mengenai Cocopeat sebagai pengganti Rockwool itupun saya belum tau, apakah cocopeat di potong2 menjadi kotak-kotak mirip rockwool atau bagaimana. Selama ini saya baru pergunakan air endapan cocopeat untuk disiramkan kemedia tanam(polly Bag) sebagai penguat akar dan memperlebar daun (dengan media tanam tanah).Untuk selanjutnya saya mohon informasi mengenai cocopeat sebagai penganti rockwool, apakah air pada larutan cocopeat masih ditambah nutrisi lagi atau tidak? dan apak air juga dilakukan sirkulasi dengan mesin atau bagai mana?
    Terima kasih banyak Informasinya, sampai jumpa di e-maill mendatang .

  2. saya gigih dari teknik kimia undip,,
    saya ingin bertanya,apakah bapak memiliki perhitungan ekonomis pengolahan cocofibre atau cocopeat/cocodust??
    kebetulan saya sedang menganalisa potensi pemanfaatan limbah kelapa (serabut,tempurung,daging,dll) untuk bahan studi saya.
    mohon bantuannya jika berkenan,

    email saya di de_chemenx@yahoo.com

    -best regards-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s