Mengenal Coconut Fiber / Coir


sabut kelapaCoconut Fiber atau sering disingkat dengan Coir atau serat sabut merupakan serat yang diekstrak dari sepet (jawa), tabo (sunda). Di kebanyakan tempat sabut merupakan produk samping dari produksi kopra atau santan.  Sabut kelapa memiliki kandungan garam abu yang tinggi sehingga baik untuk pupuk. Selama ini baru India dan Srilangka yang betul-betul memberdayakan sabut kelapa sebagai produk andalan pendongkrak ekonomi rakyat dan pendulang devisa bagi negaranya. Produk-produk mereka membanjiri pasaran internasional seperti sikat, sapu, tali dan benang untuk jala, tas, tikar serta bantalan untuk kasur. Produktivitas mereka mengalahkan Indonesia yang notabene memiliki jumlah pohon kelapa terbesar di dunia. Indonesia memiliki potensi serat kelapa sebesar 1.000.000 ton per tahun baru dimanfaatkan sebesar 100.000 ton/tahun sementaraIndia yang memiliki potensi sabut kelapa sebesar 600.000 ton/tahun sudah dimanfaatkan sebesar 360.000 ton/tahun. Bahkan Srilangka yang lebih kecil, memiliki potensi sabut sebesar 260.000 ton/tahun sudah memanfaatkan sabutny sebesar 126.000 ton tahun. (data dari FAO). Sangat efektif pemanfaatannya.

Sabut kelapa terdiri dari 70% pith / serbuk dan 30% serat dengan dasar berat sabut kering.

Sebagai penghasil kelapa terbesar di Dunia, Indonesia berpeluang mengubah market atau pasar dunia yang selama ini dikuasai oleh India dan Srilangka. Sosialisasi tentang peluang pasar, peningkatan kualitas produk, diversifikasi produk, pengembangan peralatan proses sangat diharapkan dapat mendongkrak potensi emas yang tertidur pulas ini. kerja sama antara pengusaha, pengrajin baik pun pemerintah sangat diharapkan dalam langkah ini.

Langkah kecil ini mudah-mudahan dapat membantu mengembangkan potensi sabut, insyaallah saya akan membuat tulisan berseri tentang sabut kelapa.

5 pemikiran pada “Mengenal Coconut Fiber / Coir

  1. Smua tentang kelapa dan turunanya sangatlah menarik. namun pasar yg bersedia menerima hasil olahanya dimana, dan harganya menguntungkan apa tdk…

    seperti VCO. pasarnya dimana,harganya berapa/Kg..?
    Sabut kelapa jg demikian…
    Juga ada Arang tempurungnya.

    skian dan trims.

    Mhn infonya

  2. Saya Yudi Ashari dari Tangerang. Saya telah bergabung di bisnis supplier ini sekitar 1 tahun dan pemintaan semakin banyak untuk sabut kelapa ini.
    Saya berniat untuk memproduksi sendiri bahan – bahan baku tersebut menjadi bahan siap pakai / barang jadi.
    Mohon informasi tentang bagaimana cara pembuatab matras dan tali tambang dari sabut kelapa ini.
    Dan jika ada investor – investor yang ingin bergabung dalam bisnis sabut kelapa ini, saya siap untuk memasarkannya. Banyak costumer saya yang memesan produk ini, sampai saya tidak mampu menangani semua permintaan – permintaan tersebut, saya hanya menangani costumer yang memesan dalam jumlah kecil ( 100 – 200 ton / bulan ).
    Mohon hubungi saya di 0813 82 9393 72 / 021 3222 1961

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s