Mengenal Bentuk Minyak Kelapa


Minyak kelapa yang ada dipasaran saat ini terbagi menjadi 4 kelompok bagian, antara lain :

  1. Minyak kelapa RBD
  2. Minyak kelapa tradisional / kampung
  3. Minyak kelapa murni
  4. Minyak goreng kelapa murni

Apa perbedaan dari keempat bentuk minyak tersebut, berikut kami sertakan masing-masing perbedaanya.

1. Minyak RBD

Minyak ini berasal dari kopra. Kopra biasanya tercemar oleh debu, kotoran, jamur, kuman dan lain sebagainya. Maka untuk membuatnya jadi minyak berkualitas, kopra diproses dengan 3 tahap yaitu Refining/Netralisasi, Bleaching (pemucatan) dan Deodorisasi (mengurangi warna yang tidak sedap). Minyak ini banyak beredar di pasar-pasar dan supermarket.

2. Minyak Kelapa Tradisional / Kampung

Minyak Tradisioanal/kampung adalah yang paling umum ditemui di masyarakat. Aroma baunya harum, sementara blondo (sisa minyak) digunakan sebagai bumbu masak. Minyak ini diproses dengan cara perasan santan dipanaskan dengan api sedang sampai keluar minyaknya dan terpisah dengan blondonya (ampas). Kelemahan minyak ini adalah tidak tahan lama atau cepat tengik.

3. Minyak Kelapa Murni

Minyak ini diperoleh dari santan dengan tanpa pemanasan, minyak ini terkenal dengan VCO (Virgin Coconut Oil). Khasiat dari minyak ini adalah mampu sebagai obat. Penggunaanya sangat kecil dibandingkan untuk konsumsi. Aroma minyak ini sangat kuat jika digunakan untuk langsung menggoreng dan asapnya sangat banyak, sehingga kadang sangat menggangu udara. Karakteristik minyak ini kurang disukai oleh Ibu-ibu untuk menggoreng atas dasar alasan diatas.

4. Minyak Goreng Kelapa Murni

Kelemahan yang ada pada minyak VCO untuk menggoreng, kami yang ada di Kawasan Industri minyak Kelapa Galur Kulonprogo telah menyempurnakan VCO layak menjadi minyak goreng kelapa premium. Artinya minyak ini mampu  bersaing dengan minyak RBD dalam hal kualitas ketahanan minyak, yaitu dapat tahan 2-3 tahun, lebih unggul dari minyak tradisioanal dan lebih sempurna dari minyak VCO jika digunakan untuk minyak goreng.  Istilah yang kami kembangkan untuk jenis minyak ini adalah Refined VCO.

Minyak ini kami kira lebih unggul dari RBD, karena terhindar dari proses bleacing dan deodorisasi yang menggunakan bahan kimia tambahan. Minyak ini berkarakter bening sejak awal pembuatan. Asap dan baunya sudah jauh berkurang saat penggorengan.

Model pembuatan minyak RVCO sangat mudah, tidak memerlukan alat-alat selayak pabrik RBD. dapat diproses secara home industri, dan cocok untuk mengembangkan perekonomian pedesaan. Model ini telah kami kembangkan sejak 2006 di Kawasan Industri Minyak Kelapa Kulonprogo dan telah mendapatkan Standar SNI.

Kami membuka kesempatan kepada para pengambil kebijakan di dinas-dinas terkait seperti Departemen/Dinas Pertanian, Perkebunan, Perindustrian, serta para pengusaha yang ingin mengembangkan minyak goreng model kami, untuk ikut pelatihan dan kami siap memberikan konsultasinya.

Info Pelatihan dan Konsultansi Pembuatan Minyak Goreng Kelapa Premium atau Refining Virgin Coconut Oil dapat menghubung : Mansur Mashuri, ST (081328042283)

Satu pemikiran pada “Mengenal Bentuk Minyak Kelapa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s