Pemberdayaan Masyarakat Petani Kelapa Dengan Minyak Goreng Kelapa Premium


Minyak Goreng kelapa yang beredar di masyarakat identik dengan istilah minyak kampung / tradisional. Sebutan “kampung” melekat kepada minyak kelapa kerena kualitasnya yang kurang bagus, Rata-rata minyak kelapa tradisional sudah bau tengik dibawah waktu 1 bulan. Persoalan ini menurunkan citra bahwa minyak kelapa tidak bisa bersaing denga minyak sawit. Padahal sesungguhnya sangat bisa bersaing dan jauh lebih unggul dari minyak sawit.

Kandungan lemak jenuh berantai pendek yang tinggi pada minyak kelapa, menyebabkan minyak kelapa mudah terurai di dalam tubuh, sehingga mengurangi defosit lemak dalam tubuh.Minyak goreng kelapa juga lebih awet untuk menggoreng, hal ini karena minyak tidak banyak terserap oleh gorengan. Karena itu minyak ini sangat disukai oleh industri makanan ringan / snack.

Keunggulan yang dimiliki oleh minyak goreng kelapa, selayaknya sekarang diangkat menjadi sebuah komoditas utama minyak goreng di masyarakat, apalagi untuk daerah-daerah penghasil kelapa, terutama untuk wilayah-wilayah Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Maluku dan Daerah Indonesia timur lainnya.

Minyak Goreng kelapa harus bisa duduk sejajar dengan minyak sawit yang notabene bukan tanaman asli Indonesia. Masyarakat petani kelapa harus diberikan pelatihan pengolahan minyak goreng kelapa dengan mutu baik, agar produk bisa bersaing dengan minyak sawit yang rata-rata dibuat dengan skala pabrik dengan proses yang lebih bagus dengan kualitas  bagus yaitu cirinya bening, dan tahan lama.

Minyak goreng kelapa pun sangat bisa dibuat sebagus minyak sawit yang seperti di pasaran. Yaitu minyak yang lebih bening, awet tahan hingga 2 tahun, dan harganya jelas bisa bersaing. Produk tersebut telah ada, dan telah dibuat di kawasan Industri minyak di Kulonprogo Yogyakarta. Kawasan yang merupakan kumpulan pengrajin kelapa, berinovasi dengan teknologi baru yang murah namun menghasilkan kualitas minyak yang bagus. Hebatnya, kualitas minyak yang dihasilkan seperti minyak pabrikan, diolah dengan proses alat yang sederhana.

Dari pengalaman kami menemukan konsep pengolahan minyak goreng kelapa yang berkualitas dengan hanya mengandalkan para petani dan bimbingan dari para Sarjana Teknik Kimia di Yogyakarta, membuat kami yakin, bahwa konsep kami dapat menjadi inspirasi bagi kawan-kawan yang berada di daerah penghasil kelapa untuk bisa berbuat seperti kami. Harapan bahwa pemberdayaan petani kelapa dengan menghasilkan minyak goreng kelapa yang berkualitas bisa meningkatkan pendapatan petani kelapa.

Pola petani kelapa yang membuat semata kopra kemudian dijual kepada para tengkulak, dapat dirubah ke arah budaya produksi minyak, yang hasilnya selain dapat dipakai sendiri juga bisa lebih berorientasi pasar. Jika budaya ini terbentuk, saya yakin, petani kelapa akan berseri-seri, mereka akan lebih semangat dalam menanam, memelihara, dan memberdayakan kelapa.

Bagi yang tertarik untuk mengembangkan konsep kami, bisa menghubungi kami

7 pemikiran pada “Pemberdayaan Masyarakat Petani Kelapa Dengan Minyak Goreng Kelapa Premium

  1. jika memang produk kelapa kopra dapat diolah dan bersaing dipasaran dgn produk pabrikan, saya mau dong? please alamat

  2. Salam..saya berdomisili di sulawesi utara..mohon detail cara pengolahan dan peralatan pengolahannya, berikut alamatnya..tks

  3. Assalamu alaikum, saya adalah petani kelapa. Hampir seluruh daerah di tiga kabupaten propinsi saya adalah penghasil kelapa. Hanya saja memang petani kelapa di sana jauh dari sejahtera meski memiliki kebun rata-rata lebih dari 4 hektar. Masalahnya adalah harga jual kelapa dari petani yg sangat rendah.
    Saya yakin andai ditemukan teknologi yg bisa membuat minyak kelapa lebih tahan lama atau minimal sama dgn minyak sawit sekelas bimoli dan filma di pasaran, insya Allah petani akan lebih sejahtera, karena rasa dari minyak kelapa (menurut orang-orang) jauh lebih enak dibanding minyak sawit.
    Mudah-mudahan suatu saat Allah izinkan kita bisa bertemu dan saya bisa belajar bagaimana membuat minyak kelapa tahan lama dalam kemasan untuk kemudian dilempar ke pasaran dan saya juga berusaha mencari investor untuk produksi massal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s