Meraup Untung dengan Bisnis Minyak Goreng Kelapa


Perhatikan peta dibawah ini :

Sumber : diambil dari sini. Lokasi yang berada di atas peta tersebut, adalah daerah-daerah penghasil kelapa yang cukup besar. Seperti Riau, Maluku Utara, Sulawesi, sebagian pulau Jawa, dimana harga rata-rata kelapa dibawah Rp 500.

Secara mayoritas, pengolahan kelapa di daerah-daerah tersebut masih tradisional. Kopra dan minyak tradisional adalah unggulan produk utamanya. Seperti telah saya bahas dalam artikel analisa bisnis minyak goreng kelapa, atau silahkan baca disini,  bahwa keuntungan dari kopra sangat sedikit.

Nah, untuk mendongkrak penghasilan memang perlu dilakukan inovasi teknologi juga produk. Mengubah budaya kopra, menjadi pengrajin minyak goreng kelapa adalah solusi. Tetapi, membuat minyak goreng kelapa yang bagus, standar SNI adalah lompatan bisnis kelapa yang spektakuler.

Untuk memperkuat analisa anda, tentang pilihan apakah akan meneruskan kopra atau minyak goreng kelapa, silahkan baca disini.

Analisa saya, jika didaerah-daerah potensi kelapa seperti pada peta diatas, mengubah pola kerjanya, mereka membuat minyak goreng kelapa kualitas bagus, langsung dikerjakan oleh petani (alasan : proses sederhana, baca artikel disini tentang penjelasan proses), mereka konsumsi dan jual untuk wilayahnya, kemudian sisanya jual ke Jawa, sebagai pusat konsumsi terbesar di Indonesia, atau bahkan ekspor.

Jika para petani berani melakukan perubahan, penulis berkeyakinan, meraup untung dari bisnis minyak goreng kelapa premium adalah bukan angan-angan. Bisnis minyak goreng kelapa sangat menggiurkan. Ada istilah jawa mengatakan, “ne ora obah, ya ora mamah” kalau tidak melakukan perubahan, ya gak bakalan makan, kalau tidak berinovasi dalam produk, teknologi maupun pemasaran, maka selamanya petani kelapa akan menjadi menjadi petani Kopra yang untungnya Pas-Pasan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s