Saatnya Petani Kopra SEJAHTERA…!


Bukan kabar burung, tetapi ini adalah kabar benar-benar terjadi, bahwa petani kopra selama ini masih jauh dari sejahtera. Setiap hari mereka memproduksi kopra, hanya untuk melunasi hutang-hutangnya.

Lho kok bisa…? Mana mungkin mereka setiap hari produksi kopra, berkeringat, susah payah, tetapi penghasilan kopra mereka hanya cukup untuk menutupi sebagian hutang-hutangnya.

Menurut salah satu sumber dari salah seorang Anggota DPRD II di Maluku Utara bapak Abdurahman, dia mengatakan “Siklus Petani kopra ya memang demikian, mereka menjual kopra, mereka dapat uang, mereka bayar hutang, Habis uang. Mereka hutang lagi, hutang lagi, dan mereka bayar dengan kopra. Begitu memang siklusnya”.

Uang yang diperoleh oleh petani kopra memang tidak mencukupi untuk dapat hidup layak, untuk menyekolahkan anak-anaknya, untuk mendapatkan perawatan kesehatan yang maksimal. Mereka selalu terjerat oleh Kopra yang dihargai SANGAT RENDAH.

Ya, memang mana mungkin mereka dapat hidup layak, ketika penjualan kopra hanya cukup untuk melunasi hutang-hutangnya. Sangat tragis.

Yang jadi pemikiran sekarang adalah, bagaimana caranya agar bisa meningkatkan posisi tawar petani terhadap para tengkulak.

Selama ini petani belum ada alternatif lain untuk mengolah daging kelapa selain menjadi kopra, padahal Kopra inilah selama ini yang menjadi andalan penghidupan mereka sekaligus “menyengsarakan kondisi mereka”.

Jika dicari akar masalah, sebenarnya pemrosesan daging kelapa menjadi kopralah yang menjadi titik pangkal petani tidak sejahtera.Kenapa…?

Ada beberapa jawaban tentang pertanyaan tadi. Kopra yang dihasilkan oleh petani, biasanya telah melewati pengeringan kadar air. caranya bisa melalui penjemuran, pengasapan atau pengovenan. Waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan kadar tersebut membutuhkan waktu 3-7 hari. proses yang panjang dan membutuhkan energi yang besar.

Kemudian, kopra yang dihasilkan dengan cara penjemuran atau pengasapan, akan diperoleh warna yang kuning kecoklatan.Dan ketika dipress, minyak yang keluar akan berwarna kecoklatan, kotor dan bau.

Nah, sebetulnya disinilah pokok pangkal permasalahan. Minyak hasil kopra, untuk dapat menjadi minyak goreng yang layak dipasaran, maka harus dilakukan proses pemurnian. Cara yang umum adalah menggunakan sistim RBD (refining, Bleaching dan Deodorization atau pemurnian, pemucatan dan penghilangan bau). Ongkos produksi dengan cara RBD sangat tinggi, juga teknologinya tidak bisa dilakukan oleh skala UMKM.

Ongkos produksi yang tinggi pada proses RBD inilah yang menjadi penyebab perusahaan selalu menekan petani kopra untuk menjualnya dengan harga murah.

Sekarang, dengan ketemunya pokok persolan tersebut, maka harus dicari alternatif pemecahan masalah yang lebih berpihak kepada petani kopra tesebut. Solusi yang harus diketemukan  antara lain bagaimana caranya agar petani memiliki alternatif mengolah daging kelapa selain kopra, kemudian bagaimana caranya agar petani dapat menghasilkan minyak mentah sebagai bahan baku Minyak Goreng Kelapa (MGK) yang tentunya dengan penawaran harga yang kompetitif.

Jika proses ini bisa terlalui, maka sebenarnya inilah jawaban dari dari pertanyaan untuk memberdayakan petani kelapa.

Ada beberapa keutamaan jika petani mampu mengolah minyak mentah dari daging kelapa antara lain,

  1. tumbuhnya budaya produksi di masyarakat petani kelapa
  2. adanya posisi tawar yang kuat kepada produsen MGK untuk membeli minyak mentah kelapa bukan kopra dengan harga yang adil.
  3. baik petani maupun pabrikan MGK akan diuntungkan dengan ringkasnya proses transportasi yang pasti akan memangkas volume dibanding dengan kopra
  4. pabrikan MGK akan lebih mudah mengolah MGK dari minyak mentah daripada kopra, sehingga biaya produksi dapat ditekan. apalagi jika bahan minyak mentahnya berupa minyak yang bening, pasti pabrikan MGK tidak akan susah-susah dalam memurnikan prosesnya.

Saat ini sebenarnya sudah ada cara pengambilan minyak mentah dari daging kelapa yang memiliki kualitas bagus, bening warnanya, hampir seperti air, rendah nilai FFA nya, sehingga memudahkan pemrosesn menjadi MGK.

Dulu VCO atau virgin coconut oil sempat BOOMING, dimana-mana dikembangkan VCO, minyak ini sangat bagus, dan masuk ke dalam kriteria tadi, namun sayang, dengan perjalanan minyak ini mental dipasaran. Tidak laku. Produksi tidak seimbang dengan kebutuhan. Akhirnya minyak ini pun tidak terjual. Petani Kapok produksi lagi. Mati sudah impian petani kelapa tersebut.

Nah, jika cara-cara yang telah dilakukan terdahulu dimana petani mampu mengolah dengan cara VCO kemudian dikonversi menjadi minyak goreng kelapa inilah, yang menurut hemat saya akan menjadi jawaban dari persoalan diatas. Petani bisa menjual VCO curah ke pabrik, atau bahkan memproduksinya sendiri menjadi MGK yang berkualitas untuk dipasarkan sendiri.

Dengan cara ini, saya berkeyakinan pelan-pelan petani kelapa akan menemukan iramanya sendiri untuk meningkatkan taraf hidup mereka yang tidak lagi bergantung kepada kopra.

Kebetulan tentang contoh nyata dari proses ini sudah dikembangkan di Kawasan Industri Minyak Kelapa Yogyakarta, yang mampu mensinergikan pemrosesan minyak mentah yang bagus kemudian dioalah menjadi MGK yang berkualias super.

Kemudian, untuk petani kopra yang berada didaerah-daerah luar jawa, menjadi kewajiban siapakah yang bertanggung jawab untuk memecahkan persoalan petani yang masih mengolah kopra.

Saya kira seluruh stakeholder pemegang kebijakan yang menyangkut petani kopra wajib bertanggung jawab. Pemerintah yang bertugas memberikan pembimbingan dan arahan, kemudian para pakar yang memberikan solusi praktis terhadap masalah ini, pasti secara perlahan-lahan, masalah kesejahteraan petani kopra akan teratasi dan memang sudah saatnya petani kopra sejahtera.

oleh : Mansur Mashuri, ST*

* Praktisi Kelapa, tinggal di Yogyakarta

Info Pelatihan dan Konsultasi , Hub di No: 081328042283

51 pemikiran pada “Saatnya Petani Kopra SEJAHTERA…!

  1. ulasan yg di atas tadi sunggguh memberikan insipirasi bagi saya, untuk mengolah kopra menjadi MGK, yg sampai saat ini blm atw kurang di ketahui oleh petani kopra di daerah saya (GORONTALO). karena harga kopra kami sering di permainkan oleh agen pengumpul. walaupun di daerah kami sudah beroperasi perusahan yg mengolah kopra menjadi MGK, namun permainan harga tetap di monopoli oleh mereka. dan sayangnya pemerintah daerah kurang perhatian, terhadap komoditi penghasilan terbesar daerah, yaitu kopra.

  2. setuju,mas.saya juga lagi kesulitan untuk memasarkan kopra,yang mana kopra tsb langsung dari petani di suatu desa di Riau.klo untuk mendapatkan mesin pengolah VCO yang sederhana dan murah,dimana ya?. Tq

  3. Bagi yang kesulitan memasarkan
    kopra / menJUAL
    (Dalam kuantitas BESAR)

    Dan

    Dapat menyuplai dengan
    KONTINU

    Dapat menghubungi saya
    melalui email
    Diatas

    Salam

    John

  4. pak saya perlu info pengeringan atau pengolahan kopra, yang bisa proses secara cepat…mohon info nya….sama mesin pengering kopra yg baik dan murah dimn bisa saya dpt kan?tq

  5. Saya pernah bekerja 8 bulan di Kabupaten Biak Numfor-Papua, disana banyak sekali tanaman kelapa, namun kurang dikembangkan untuk bisnis kopra, saya ingin sekali mengembangkan bisnis tersebut, namun sangat awam terkait bisnis tersebut.

    Namun potensi yang besar tersebut sangat sayang untuk dibiarkan begitu saja, untuk itu saya mohon bantuan dan pembelajaran dari teman-teman untuk bersama-sama mengembangkan bisnis tsb.

    Jika ada yang berminat mohon hubungi saya, terimakasih

    salam

    Romadhon Yunianto,S.H.
    081331565239, 08819058571

  6. mas…email ke saya juga yahh..saya mau tau dmana bisa dapat mesin VCO yang sederhana n murah…n klo yang skala produksi…harganya berapa yah??
    thanks,

  7. Artikel yg menarik & memberikan solusi yg slama ini sy cari. Di daerah t4 sy potensi kelapa bagus,tp sngat sulit dipasarkn (kopra). Krn itu sy mohon bantuanx utk dpt info ttg pngembangan VCO & MGK brkualitas. Jika ada mesin pembuat VCO & MGK yg murah, sy jg brharap dpt infox. Trimakasi.

  8. mas,saya petani kopra di mataram lombok,saya mau tanyain apa ada mesin pengering kopra?,karena di bulan penghujan ini sangat sulit mendapatkan sinar matahari,makanya saya butuh infonya buat mesin pengering kopra dalam jumlah besar,sekedar info saya memproduksi kopra sekitar 100ton sebulan,jika ada infokan saya ya 087865095619,pin bb 238850cc

  9. maaf saya awam dengan bisnis kopra,,tetapi saya ingin menggeluti usaha tersebut,,gimana cara untung pemula seperti saya ini,,,terima kasih sebelumnya,,,

  10. Assalamualaikum..Salam Sejahtera..

    Saya salut dg tulisan Bapak, itu juga yg saya inginkan sejak saya belajar menjadi suplier Kopra di Surabaya..Saya inginkan bisnis ini mampu menjadi ladang yg saling menguntungkan bagi para stake holdernya..

    Bagi teman teman yg menginginkan update harga harian kopra di Surabaya ataupun hal lain terkait pemasaran & produksi kopra, silahkan email saya..Dengan senang hati, saya akan menjawabnya

  11. mas, jenis – jenis kopra itu ada brapa macam dan kualitas yang terbaik untuk di jadikan minyak itu jenis yang mana…..?tq

  12. Om saya pemula belajar pembuatan kopra,sementara bahan yang kami pakai sisa sortiran penjualan kelapa ke pasar dan buyer,ada berita tersirap bahwa kopra lebih baik untuk putaran keuangan usaha,jadi sy melirik untuk terjun tottal ke kopra,yang menjadi pertanyaan,kemana sy menjual yang bisa kontinou ? sementara lokasi produksi saya di jawa barat Telp 085811214269. THX

  13. dear all,

    saya Nadhia, saya membutuhkan kopra yg untuk pangan ternak, dan dalam jumlah yg cukup banyak setiap bulannya, -+ 3000 Ton/bulannya. selama ini saya tidak berhasil mendapatkan dalam jumlah yg saya inginkan. bila ada info boleh saya dikabari ke email : ( dhiarachma@hotmail.com )

  14. saya sangat membutuhkan pemasok kopra secara kontinew ke semarang,saya akan hargai bagus disetiap kilonya dan pembayran yg menarik tentu saja kwalitas jg kami perhitungkan, untuk itu bg siapa saja yang tertarik segera kirim penawaran ke email saya mks_sempurna@yahoo.com saya akan segera merespon .terimakasih. ttd edi

  15. Artikel yang membangun..Di tempat saya di SULUT, petani kopra terkadang sering mengeluh terhadap harga kopra..mohon info mengenai mesin pembuat MGK yang berbiaya murah..Trima kasih

  16. saya dilahirkan di riau (diantara pepohonan kelapa) tepatnya In-Hil…saya dapat memasok kopra dengan jumlah besar,,kira2 siapa yg membutuhkan mohn hub ke email atw hp: slamet_riau@yahoo.com /081250843895

    untuk daerah luar Riau mungkin ongkos kirimnya perlu kita bicarakan lebih lanjut…thx
    hidup petani kopra

  17. Sering saya berpikir apa yang bisa dilakukan didaerah saya dengan hasil perkebunannya, sering pula terlintas perkebunan kelapa karena memang di daerah saya kebun kelapa cukup banyak, namun selalu mentok pada pemukiran mau diapakan ya hasil perkebunan kelapa para petani di daerah saya agar bisa paling tdk sedikit berdaya guna, karena setau saya dari bincang2 dan tanya kepada byk orang bhw kelapa tidak menjanjikan,…….seketika terlintas dipikiran utk mencoba mencari di google perihal potensi bisnis pengolahan kelapa, dan senang bisa menemukan artikel ini dan penjelasan di atas walaupun singkat tapi komprehensif……….saya bisa memastikan di daerah saya keberadaan perkebunan kelapa dengan hasil yang melimpah tapi masyarakatnya seolah sdh tdk perduli dan ogah2an krn mau diapa dan utk apa, mereka sdh tdk ada semangat utk memikirkan bagaimana agar perkebunan kelapa mereka bisa meningkatkan taraf hidup, melalui ini semoga ada yg bisa memberikan masukan bagaimana agar saya bisa mengolah potensi tersebut

  18. Salam kenal semuanya…sy ingin menanyakan mengenai harga terupdate untuk jenis kopra asap maupun kering matahari khusus area surabaya???Saya memiliki stock kopra dalam jumlah besar baik kopra asap maupun kopra kering matahari, bagi yang berminat dan serius dapat mengirimkan email ke tjong_edy@yahoo.com.Silahkan memberikan penawaran beli tertinggi anda dan saya yang akan menghubungi anda untuk menghindari penipuan saya lebih mengharapkan pertemuan setelah terjadi kesepakatan harga.Demikian dan terima kasih.Salam.

  19. Mas Rasyid…

    Bisnis kelapa sudah banyak yang berhasil mas, baik pasar ekspor maupun lokal, adanya blog ini sengaja saya buat untuk memberikan gambaran potensi kelapa yang sangat luar biasa, anda tinggal melakukannya saja dengan minimal mencoba satu produk dulu.

    Monggo….

  20. Ass, mohon info untuk harga kopra dan kelapa kelas c berapa, kami untuk produksi CCO di bekasi, jika harga cocok insya allah dapat bekerjasama dengan baik dan berlanjut, mohon info sms ke
    0856 949 00629, salam.

  21. Saya tertarik untuk membuat produksi kopra putih dalam kapasitas cukup besar di daerah Jawa Timur, tetapi saya masih memiliki keterbatasan informasi tentang buyer, adakah yang bisa membantu??

    Kemudian apa yang harus saya lakukan untuk produk turunannya seperti sabut, batok dan air kelapa yg masih bisa dimanfaatkan, apakah ada juga yg menampung khususnya di Jawa Timur??

    Dengan sangat berterima kasih apabila ada informasi yg dpt membantu.

    Untuk teman-teman dapat juga sharing ke saya melalui e-mail evermore_secret@yahoo.com

  22. wah kasus diatas sama persis denga yg terjadi di tempat saya, di Tobelo (halmahera Utara)……hampir sebagian besar hidup mereka sbg petani kopra, tapi hidup mereka tdk sejahtera2 jg. ini mjd tanntangan buat saya…kebetula sy sedang studi lanjut di jurusan teknologi pascapanen, dan tertarik untuk membuat tesis tentang kopra. Adakah masukan buat saya…apapun yg berhubungan dgn kopra silakan share dgn saya, saya tunggu masukan dari tmn2 smua…trmksh sebelumx
    ini alamt email saya enywollo@yahoo.co.id

  23. Ulasan diastase bagus sekali dan kelapa tidak hanya buahnya saja Yang bisa di gunakan bahkan sampai airnya pun bisa di jadikan suatu product Yang luar biasa Yang di kenal dengan nata de coco Yang menjadi pertanyaan saya apakah saya bisa di beri alamat tempat pemasaran atau tempat untuk memasarkan dari nata de coco tersebut

Tinggalkan Balasan

