Atasi Keracunan dengan Air Kelapa


Keracunan makanan merupakan gangguan kesehatan yang diakibatkan pengkonsumsian makanan atau minuman yang tidak sehat. Biasanya makanan memililiki kandungan bakteri dan atau toksin, parasit, virus atau bahan-bahan kimia yang dapat menyebabkan ganguan di dalam fungsi normal tubuh.

Beberapa gejala yang timbul akibat keracunan makanan biasanya ringan, tapi dapat pula sampai berat sehingga memerlukan perawatan rumah sakit. Keracunan juga dapat menyebabkan kematian. Gejala-gejala keracunan antara lain nyeri perut, muntah, sakit kepala, gangguan fungsi neurologis dan ginjal.

Sebagian besar keracunan makanan akibat kesalahan mengolah makanan, seperti membiarkan makanan telah siap saji pada suhu yang memudahkan bakteri tumbuh, kesalahan memasak atau menghangatkan kembali makanan, kontaminasi silang, dan kontaminasi oleh tangan pengolah makanan (koki).

Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika menemui kasus keracunan, khususnya pada keracunan makanan yang memiliki gejala diare, yaitu dengan melakukan rehidrasi dan suplementasi elektrolit yang tepat. Sehingga tidak terdapat syok karena kurang cairan di dalam tubuh.

Jika gejala tetap persisten lebih dari 3 hari, maka hal yang paling tepat dilakukan adalah membawa korban ke rumah sakit. Sebab pengobatan simptomatik saja tidak cukup, korban harus menerima cairan lebih intensif melalui infus. Selain itu, dapat dilakukan pemeriksaan diagnostik secara lebih baik.

Untuk mencegah keracunan makanan, sebaiknya dilakukan pengelolaan sistem hiegenik yang baik, pengelolaan makanan yang baik, menyimpan makanan dalam suhu yang tepat, menghindari makan makanan yang asam dikemas dalam kemasan yang terbuat dari logam, menghindari makan jamur liar dan hindari mengkonsumsi makanan setengah matang.

Peneliti Kimia Farmasi dari Universitas Negeri Yogyakarta Prof Dr Nurfina Aznam SU Apt mengatakan, kelapa hijau banyak dimanfaatkan sebagai bahan olahan makanan. Selain itu, kelapa hijau yang masih muda juga bermanfaat bagi kesehatan karena kandungan senyawa zat seperti antidotum (antiracun), askorbat/vitamin C, protein maupun lemak.

Ada tips herbal untuk mengatasi keracunan makanan. Ambil sebutir kelapa hijau yang masih muda dan segar. Lalu kelapa muda yang segar itu dikupas kulitnya untuk diambil airnya. Cara menggunakannya, air kelapa itu diminum, lakukan sampai sembuh.

By. Agus Suwarto, Kedaulatan Rakyat, 18 Juli 2010

Satu pemikiran pada “Atasi Keracunan dengan Air Kelapa

  1. pak,mohon bantuan informasinya,asam sitrat bisa dibuat dari air kelapa dengan penambahan mikroba,apa bapak tahu mikroba apa yang digunakan,terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s