Kelapa, Mujarab Usir Cacing Kremi


Infeksi cacing kremi merupakan suatu infeksi parasit yang banyak menyerang anak-anak. Hewan yang bernama cacing Enterobius vermicularis itu tumbuh dan berkembangbiak di dalam usus. Jika tidak ditangani dengan baik, infeksi caing kremi beresiko terhadap gangguan pertumbuhan si anak.

Infeksi biasanya terjadi melalui 2 tahap.

Pertama, telur cacing pindah dari daerah sekitar anus penderita ke pakaian, seprei, atau mainan. Kemudian melalui jari-jari tangan, telur cacing pindah ke mulut anak lainnya dan akhirnya tertelan. Telur cacing juga dapat terhirup dari udara kemudian tertelan.

Setelah telur cacing kremi tertelan di dalam tubuh, lalu larva-larva cacing kremi itu menetas di dalam usus kecil, kemudian tumbuh menjadi cacing dewasa di dalam usus besar (proses pematangan ini memakan waktu 2-6 minggu).

Cacing dewasa betina bergerak ke daerah di sekitar anus (biasanya pada malam hari) untuk menyimpan telurnya di dalam lipatan kulit anus penderita, Telur tersimpan dalam suatu bahan yang lengket. Bahan dan gerakan cacing betina inilah yang menyebabkan gatal-gatal.

Telur dapat bertahan hidup di luar tubuh manusia selama 3 minggu pada suhu ruangan yang normal. Tetapi telur bisa menetas lebih cepat dan cacing muda dapat masuk kembali ke dalam rektum dan usus bagian bawah. Oleh karena itu, pemeliharaan kesehatan dengan cuci tangan tidak bisa diabaikan.

Gejala serangan cacing kremi ditandai dengan rasa gatal hebat di sekitar anus, anak rewel dan kurang tidur karena rasa gatal yang timbul pada malam hari ketika cacing betina dewasa bergerak ke daerah anus dan menyimpan telurnya, nafsu makan berkurang, berat badan menurun (jarang terjadi, tetapi bisa terjadi pada infeksi yang berat).

PenelitiKimia Farmasi dari Universitas Negeri Yogyakarta Prof Dr Nurfina Aznam SU Apt mengatakan, kelapa yang masih muda memiliki senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti, tanin, antiracun, hidrat arang, mineral, lemak, dan vitamin C.

TIPS HERBAL KELAPA

Tips Herbal untuk mengusir cacing kremi:

  1. Ambil 1/4 butir daging kelapa dan 1 buah wortel
  2. kedua bahan diparut dan dicampur menjadi satu
  3. Tambah 1 gelas air, peras dan ramuan disaring
  4. Minum saat malam hari menjelang tidur.

(Agus Suwarto, Kedaulatan Rakyat, 25 Juli 2010)

12 pemikiran pada “Kelapa, Mujarab Usir Cacing Kremi

  1. Saya mau tanya..obat cacing kremi dari kelapa ini harus langsung diminum setelah membuatnya atau bisa bertahan untuk beberapa lama? kalo bisa kira2 berapa lama ya??
    Makasi🙂

  2. Hampir slama 1,5bln ini tiap sore hari badan gatal2 seperti biduran,,katany sih cacing kremi,dikasih obat 1minggu,,emang sih g gatal lg,tp stlah obt habis,gatal mulai muncul lg,ini gmana ya,,mhon ada jwban yg pas,mksih

  3. saran saya lebih baik puasa makan dulu setengah hari ,,jadi supaya usus clean ,,baru kemudian minum Combantrin / Konvermex ,, dosis dewasa lebih baik 1 gram =4 biji dosis 250,,

    memang agak lebih dosis ny ,,tp insya allah ,,ampuhh,,,cacing mmateeee !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s