Air Kelapa, Isotonik Alami dan Menyehatkan


Esqmagazine.com -Saat cuaca panas yang terjadi akhir-akhir ini, air kelapa muda merupakan minum favorit untuk menghilangkan dahaga. Selain menyegarkan, ternyata air kelapa merupakan air isotonik alami, pengganti ion tubuh, saat keringat banyak keluar bercucuran.

Menurut Badan Pertanian Dunia (FAO), air kelapa muda bisa dimanfaatkan sebagai minuman penambah energi dan stamina alami. Selain itu, manfaat air kelapa muda juga beragam, dari yang mitos dan belum dibuktikan sampai yang ilmiah. Air kelapa muda dipercaya meningkatkan kandungan hormon reproduksi. Air ini juga bisa menjadi penawar orang yang terkena racun atau alergi.

Apa zat yang terkandung dalam air kelapa muda? Sebagai sumber tenaga, mengandung glukosa. Sebagai sumber zat pembangun, terdapat protein. Paling tidak, air kelapa mengandung 12 macam protein. Beberapa diantaranya adalah alanin, arginin, asam aspartat, asam glutamat, histidin, fenilalanin, tirosin.

Dibandingkan dengan minuman isotonik dalam kemasan, air kelapa muda kelapa relatif aman untuk dikonsumsi. Hasil penelitian membuktikan air kelapa muda memiliki Indeks Rehidrasi (indikator banyaknya cairan rehidrasi yang diberikan yang dipergunakan tubuh) lebih baik dibandingkan dengan air biasa dan minuman elektrolit buatan.
Indeks Rehidrasi lebih tinggi berarti air kelapa muda lebih efektif dan lebih cepat memperbaiki dehidrasi. Kelebihan lain adalah memiliki rasa lebih lezat dan mudah ditoleransi lambung sehingga air kelapa muda dapat diminum dalam jumlah cukup banyak.

Karena itu, jika Anda banyak melakukan kegiatan yang menguras keringat, minumlah air kelapa untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Namun, perlu diketahui bahwa sekali dibuka dan dikeluarkan dari tempurungnya, air kelapa mudah sekali mengalami perubahan cita rasa dan penurunan nilai gizi.

Agar khasiat dari air kelapa tak hilang, lebih baik minum air kelapa segar yang baru dibuka dari tempurung. Disarankan minumlah tanpa campuran apa pun, seperti sirup. Tambahkan saja es batu dan sedikit gula agar kesegarannya semakin mantap. (kmps/ika)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s