Saran untuk Memulai Bisnis bagi Pemilik Kebun Kelapa


Banyak pertanyaan kepada kami,  tentang bagaimana caranya mengolah kelapa menjadi produk yang bermanfaat dan memiliki keuntungan secara ekonomis, mereka rata-rata bingung, mau diapakan lagi ya kelapa yang melimpah, biasanya begitu keluhan para petani kelapa. Mereka paling hanya menjualnya dalam bentuk bijian, atau juga dalam bentuk kopra.

Kedua jenis jualan tadi masih belum bisa mendongkrak penghasilan petani. Nah, menjawab pertanyaan diatas, saya ada beberapa saran untuk para petani kelapa yang memiliki kebun kelapa agar mampu memberdayakannya.

Namun sebelum menuju produk, ada baiknya kita mengetahui dengan dengan seksama produk apa yang bisa dijual ke pasaran dengan sedikit resiko ditolak dipasaran atau sedikit dipakai oleh masyarakat.

Pada dasarnya produk kelapa semua dibutuhkan oleh masyarakat, mulai dari produk minyak goreng, nata de coco, tempurung kelapa, sabut kelapa, asap cair dll. Namun pasar yang bisa segera menyerap produk-produk tersebut terbatas. Ada standar prioritas dalam masyarakat ketika memutuskan membeli suatu produk. Yang mereka utamakan untuk membeli adalah bahan kebutuhan pokok, antara lain adalah minyak. Salah satunya adalah minyak goreng kelapa.

Nah, hemat saya, kita bisa memulai dari bisnis dimana banyak orang yang membutuhkannya, apa itu…?

Jawaban saya adalag Bisnis mengolah kelapa menjadi minyak goreng. Dengan memulai bisnis minyak goreng kelapa, ada beberapa kelebihan yang akan kita peroleh, antara lain minyak goreng adalah kebutuhan pokok masyarakat sehingga pasti terserap pasar.

Dengan mengolah kelapa menjadi minyak goreng,  dapat menjadi dasar untuk pengolahan pemanfaatan bahan sisa menjadi produk lainnya, seperti air kelapa menjadi nata de coco, arang untk tempurung dan asap cair, sabut kelapa untuk aneka kerajinan sabut dll. Tetapi yang menjadi catatan utama dari saya adalah “SEMUA PRODUK KELAPA BERNILAI EMAS” tetapi “JIKA KITA TIDAK FOKUS MENGOLAHNYA” kilau emas kelapa akan PUDAR.

Maksud saya dari kata-kata bercetak tebal tadi adalah, kita harus mengoptimalkan salah satu produk terlebih dahulu sebelum menengok ke bisnis pengolahan lainnya. Jika salah satu sudah establish / mapan, maka tidak ada salahnya untuk memulai ke bisnis olahan kelapa lainnya.

Pendapat saya ini kami sampaikan, karena dari beberapa kasus, ketika terlalu bernafsu untuk mengolah kelapa menjadi aneka produk dari di SATU tempat, banyak yang tidak siap alias fokus untuk memasarkannya, sehingga pada saat barang/produk menumpuk, tetapi tidak bisa menjualnya. Nah ini yang bahaya…., bisa mengancam kelangsungan usaha kelapa. Jadi saran saya, KITA HARUS FOKUS di satu produk, kalau sudah establish baru lirik-lirik ke yang lainnya. Biarkan orang lain mengolah produk turunannya.

Kembali ke minyak goreng kelapa, untuk membuat minyak goreng kelapa, kita tidak usah khawatir, prosesnya sangat mudah, apakah kita akan membuat dengan kualitas sederhana atau tinggi.

Kami di Jogja siap membantu para petani kelapa sekalian  untuk mewujudkan impian untuk mengolah kelapa.

Untuk proses dengan kualitas yang bagus, atau kami sebut dengan Minyak Goreng Kelapa Premium, kami memiliki teknik yang telah dikembangkan di tempat kami.

Jika ada yang berminat ingin tahu cara pembuatannya, kami mengadakan pelatihan pembuatan minyak goreng kelapa premium yang bisa diadakan sewaktu-waktu. Atau kami bisa diundang ke daerah saudaraku sekalian.

Kelebihan minyak goreng kelapa premium cara kami adalah

  1. Minyak berwarna bening dan ada yg kekuning-kuningan (lihat photo)Tanpa proses kopra,
  2. proses produksi 1 hari langsung jadi minyak goreng kelapa premium
  3. kualitas minyak sesuai SNI, bening, rasa tawar, tahan 2 tahun lebih
  4. dapat dibuat oleh industri rumahan
  5. Harga bisa bersaing dengan minyak sawit dg kualitas minyak prima
  6. modal kerja alat murah, kurang dari 50 jutaan, sudah punya pabrik minyak kelapa skala UMKM

Jika ingin bekerjasama dengan kami, kami siap melakukan pendampingan, berupa pelatihan membuat minyak goreng kelapa premium, dengan biaya terjangkau dan kami menerima pesanan alat proses minyak goreng kelapa dengan harga yang ekonomis.

5 pemikiran pada “Saran untuk Memulai Bisnis bagi Pemilik Kebun Kelapa

  1. Saya Yudi Ashari dari Tangerang. Saya telah bergabung di bisnis supplier ini sekitar 1 tahun dan pemintaan semakin banyak untuk sabut kelapa ini.
    Saya berniat untuk memproduksi sendiri bahan – bahan baku tersebut menjadi bahan siap pakai / barang jadi.
    Mohon informasi tentang bagaimana cara pembuatab matras dan tali tambang dari sabut kelapa ini.
    Dan jika ada investor – investor yang ingin bergabung dalam bisnis sabut kelapa ini, saya siap untuk memasarkannya. Banyak costumer saya yang memesan produk ini, sampai saya tidak mampu menangani semua permintaan – permintaan tersebut, saya hanya menangani costumer yang memesan dalam jumlah kecil ( 100 – 200 ton / bulan ).
    Mohon hubungi saya di 0813 82 9393 72 / 021 3222 1961

  2. Mas Admin, bgmn prospek bisnis minyak kelapa ini sekarang..?? mengingat sangat banyak produsen BESAR yg sekarang ikut bermain di dalamnya…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s