Selamat…! Provinsi Sulut Berhasil Ekspor Minyak Kelapa


Ditengah tertutupnya Informasi penjualan atau pemasaran Minyak Goreng Kelapa, Harian Republika tanggal 20 Desember 2010 kolom bisnis dan ekonomi mengeluarkan sebuah “Hot News” Provinsi Sulut Ekspor Minyak Kelapa ke Belanda

.

Tak tanggung-tangung nilai ekspor sangat fantastis, senilai 9,78 juta US$ atau sekitar 88,02 Milayar Rupiah, kurs 1US$ = Rp 9000. Nilai Ekspor tersebut untuk penjualan minyak kasar atau Crude Coconut Oil (CCO) sebanyak 7.475.300 kg, Luar Biasa.

Minyak kelapa tersebut rencananya akan dikirim ke Belanda dan disebar ke berbagai negara eropa, yang mana pada saat musim dingin atau akhir tahun katanya banyak membutuhkan minyak kelapa. Tidak disebutkan jenis CCO seperti apa yang diekspor. Apakah dalam bentuk Virgin Coconut Oil, atau minyak kasar hasil press kopra.

By the way, jenis apapun yang diekspor, kabar ini menggembirakan perajin minyak kelapa, dan bisa menggairahkan industri kelapa rakyat. Karena selama ini di beberapa pusat kelapa, minyak kelapa selalu identik dengan minyak kampung/tradisional. Tetapi Provinsi Sulut mampu memberikan perspektif lain, bahwa minyak kelapa, mampu bersaing di pasar internasional.

Ketertutupan informasi pasar ini selama ini, banyak membuat keraguan para calon pengusaha yang akan membuka pabrik minyak kelapa. Selain cap kampung pada minyak kelapa, ada hal fakta yang menarik  juga bahwa minyak kelapa dicap sebagai minyak mahal, karena banyak tersedia di mal atau supermarket dengan harga lumayan mahal dibanding dengan sawit, kisaran harga antara 16.000-20.000 per liter.Menurut saya, cap mahal ini sebenarnya sebanding dengan keunggulan minyak kelapa, keunggulan minyak kelapa bisa dilihat dilink ini.

Terlepas dari kampung atau mahal, menurut saya peluang bisnis minyak kelapa sangat cerah, sampai saat ini orang yang mencari kopra sangat banyak, bahkan kekurangan stok, juga minyak kelapa dipasaran sangat banyak dicari, terlebih orang semakin sadar, bahwa minyak kelapa adalah minyak yang sehat. Lihat artikel ini.

Peluang yang bagus ini, mestinya segera disambut oleh para calon pengusaha minyak kelapa, bil khusus untuk kawan-kawan yang ada di daerah penghasil kelapa, yang sering mengeluh kelapa belum banyak terberdayakan, selain untuk kopra.  Nah disini, saya akan memberikan perspektif lain dalam pengolahan minyak goreng kelapa Premium (kualitas super) tetapi dalam skala usaha kecil menengah. Untuk Informasi dapat dilihat di Link Ini.

Semoga dengan peluang pasar yang bagus, kemudian ditunjang dengan produk yang bagus, kita Indonesia sebagai penghasil kelapa terbesar di dunia, mampu mencitrakan kelapa sebagai salah satu produk unggulan bangsa. Amiin

By. Mansur Mashuri (Praktisi Kelapa di Yogyakarta)

3 pemikiran pada “Selamat…! Provinsi Sulut Berhasil Ekspor Minyak Kelapa

  1. saya ada buyer untuk crude coconut oil dari Pakistan..mungkin ada yg bisa suply..kebutuhan 200 mt-500 mt..hp:081284445650..term delivery CFR pakistan

  2. saya penghasil minyak kelapa home industri..kira2 bisa menghasilkan 200liter per minggu.mohon info dimana saya bisa memasarkan produk atau adakah pihak yang bisa sya ajak kerjasama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s