Oven Kopra Membuat Kopra Jadi Lebih Baik


Pembuatan Kopra  di Masyarakat identik dengan pengasapan dan penjemuran. Namun sebenarnya ada beberapa cara dan langkah pembuatan kopra seperti yang saya tulis disini.

Pada kesempatan ini saya ingin mengulas pembuatan kopra yang lebih efisien dan lebih baik. Salah satu cara yang efisien  menurut saya adalah dengan Pengovenan Kopra.

Dari pengalaman dilapangan, banyak keuntungan yang diperoleh dengan cara pengovenan, antara lain :

  1. Waktu pembuatan kopra lebih cepat dibanding dengan cara pangasapan dan penjemuran. Waktu yang dibutuhkan saat pengovenan adalah 16-19 jam.
  2. Kualitas kopra lebih bersih, tidak berjamur sehingga layak disebut sebagai kopra putih.
  3. Kualitas kekeringan sama dengan kopra hasil penjemuran atau pengasapan
  4. Harga kopra putih lebih tinggi dibanding dengan kopra asap atau penjemuran.
  5. Tidak bergantung dengan cuaca, apakah hujan atau kemarau tetap bisa berproduksi. Inilah keunggulan yang paling spesial menurut saya.
  6. Memperoleh arang batok dari hasil oven

Adanya mesin oven banyak memberikan efek ganda. Yang paling tersasa adalah pada musim penghujan. Biasanya harga kopra pada musim tersebut melonjak tajam, hal ini disebabkan karena proses pembuatan susah, jumlah kelapa lebih sedikit dan seterusnya, nah dengan adanya oven kopra, proses produksi tidak terkendala, jalan terus. Sehingga petani dapat memungut keuntungan yang berlipat.

Proses pengovenan yang sederhana, hanya dengan memasukan kelapa ke dalam lemari oven kemudian diatur suhunya antara 60-80 C, lamanya pengovenan pun tidak berhari-hari, membuat oven kopra adalah solusi membuat kopra menjadi lebih baik.

Oven Kopra tersedia dalam beberapa ukuran, mulai dari yang kapasitas 0,5 ton-4 ton bahan masuk. Kadar air kelapa yang tinggi, biasanya rendemen kopra menjadi 50-55%.

Dengan Oven Kopra ini, para petani diharapkan mampu meningkat kesejahteraannya.

 

By : Mansur Mashuri (Praktisi Kelapa)

 

14 pemikiran pada “Oven Kopra Membuat Kopra Jadi Lebih Baik

  1. selamat siang pak mansur, harga kopra putih sekarang berapa pak??
    kalau kopra reguler brp?? kami sedang mencari perluasan bisnis pak.

    adakah situs khusus yang update harga terkini pak???

  2. Mas Rizal,

    Terima kasih telah memberikan komentar ya🙂
    Terkait apakah berita ini Hoax atau bukan, silahkan anda bisa menyimpulkan sendiri. Yang jelas jika ada tuduhan hanya untuk sekedar menjual mesin Oven saja, saya kira anda keliru.
    Yang saya tuliskan adalah memang pada saat itu, banyak calon pembeli yang berminat akan kopra putih. Lalu kemudian ada penurunan, ya itu pasar. Pada saat jenuh, ya harga turun dong.
    Apakah ketika harga kopra biasa menyentuh angka Rp 15.000/kg apakah itu HOAX… tidak. Itu memang reaksi pasar.
    Adanya Oven kopra, memang diharapkan selain meningkatkan kualitas kopra, selain itu mempercepat proses produksi. Apakah salah mas…?
    Saya berharap, semua bisa bijak menyatakan segala hal. Toh tidak ada pemaksaan pada setiap pendapat. dan anda pun bisa mengambil yang baik dari blog ini, atau menganggapnya sebagai sampah pun terserah anda.

    Salam

  3. Bos kenapa penitikberatan nya cuma penjualan mesin2 kelapa??? Bukan pada kendala2, peluang pasar dan pembeli yg riil. Bnyk yg menanyakan pasarnya tp di jawab alakadarnya saja. Tidak sesuai dengan judulnya

  4. Bos indra..

    Maaf nih… Saya kira kondisi pasar ini berkembang. Pada saat saya menulis, memang banyak yang tanya kopra putih, tapi dilain hari ya tidak ada,
    dalam hal ini, sebenarnya tujuan saya adalaha ingin menginformasikan cara pembuatan kopra dengan alterntif yang lain.
    Sebenarnya pembeli kopra tetap sama, baik pabrik atau para eksportir yang akan mengambil minyaknya.
    Kopra putih biasanya diambil pabrik yang nantinya akan dijual biasanya untuk konsumsi kosmetik, biasanya memang harga tinggi, karena kualitas yang jauh lebih baik, terkait dengan kandungan FFA (Free fatty Acid) yang rendah dan lebih bersih.
    Dan banyak para eksportir yang ambil kopra putih untuk ekspor, yang memang peruntukannya untuk kosmestik juga. gt pak…
    Ya saya sampaikan permintaan maaf, jika semua keinginan belum tercapai semua,
    Mudah-mudahan ada dari sebagian pembaca blog ini yang mau menawarkan diri untuk menjadi mitra dalam pengambilan kopra putih.

    terima kasih

  5. Bos Indra…

    Coba dong, anda tulis kendala, peluang pasar usaha kopra putihnya disini, biar di share untuk yang lain.
    kalau anda protes ttg mesin kopra di blog ini BTW… anda kan tidak beli mesin dari saya hehehehehehe…🙂🙂

    Nih saya mau bantu anda, SILAHKAN TULISKAN PROMOSI PENJUALAN KOPRA PUTIH DI BLOG INI. BEBAS….🙂

  6. Mas Abidanish,
    Background saya adalah miner.
    Saya belum memiliki kapasitas dan pengetahuan yg cukup untuk menulis seluk-beluk kopra putih. Niat saya hanyalah memajukan petani kopra di daerah saya karna daerah saya banyak pengolah kopra.
    Saat ini kita sedang belajar mengolah kopra putih dengan oven buatan sendiri crew welder dan crew fabrikasi kami
    Penampungnya adalah exportir/trading company
    Saya tertarik mengenai cocofibre yg diaplikasikan untuk reklamasi lahan, karena sebagian mining mulai menggunakannya untuk lahan kritis, tolong diulas.

    Salam,
    Indra
    08115417044

  7. asskum pak Mansur,didrah sy byk terdpt kelapa dan hanya diklola sbg kopra asap bskh bpk investasi utk pngolhan kpr ptih.

Tinggalkan Balasan

