6 Alasan Kelapa Segar Cocok Untuk Minyak Goreng Skala UKM


Banyak yang menanyakan kepada saya, mana yg lebih tepat tentang proses pembuatan minyak goreng kelapa yang baik, berkualitas, harga terjangkau, cepat dan efisien untuk industri menengah dan kecil apakah dari kopra atau kelapa segar.

Menurut pendapat pribadi saya, anda boleh tidak setuju, tetapi ini adalah analisis dan pengalaman pribadi kami, dimana dari bahan KELAPA SEGAR jauh lebih EFISIEN.

Berikut 5 alasan kelapa segar jauh lebih efisien untuk menjadi minyak goreng dari pada KOPRA.

  1. Proses pembuatan minyak mentah lebih cepat, 1 hari jadi. Bandingkan dengan kopra yang bisa memerlukan waktu minimal 3 hari.
  2. Hasil produksi minyak mentah dari kelapa segar JAUH lebih bersih (bisa dibuat dg metode VCO, atau pemanasan), Bandingkan dengan metode kopra, harus dipress terlebih dahulu, dengan hasil press minyak mentah kopra yang kental, coklat dan berbau. Belum lagi nyaringnya.
  3. Tahap selanjutnya saat pemurnian minyak, dg bahan minyak mentah dari kelapa segar, JAUH lebih sederhana, karena kandungan FFA yang harus dikeluarkan kurang dari 1%, Bandinngkan dengan minyak mentah Kopra kandungan FFA nya bisa mencapai 2%
  4. Bau yang dihasilkan dari proses kelapa segar, jauh lebih soft, JAUH jika dibandingkan dengan hasil press kopra yang bau sekali. Sehingga untuk minyak press kopra, Wajib dilakukan proses DEODORISASI. Sementara dari kelapa segar tidak harus, pilihan saja.
  5. biaya Investasi alat dari bahan kelapa segar, bisa ditekan lebih terjangkau, dibandingkan dengan dari bahan kopra
  6. Intinya, untuk pabrik pengolahan minyak goreng kelapa dari kopra, hanya cocok dilakukan oleh pabrik. Sementara untuk skala UKM, sangat cocok dari bahan kelapa segar. Hasilnya pun dari bahan kelapa segar bisa jauh lebih baik daripada kopra.

Terima kasih….

 

23 pemikiran pada “6 Alasan Kelapa Segar Cocok Untuk Minyak Goreng Skala UKM

  1. Bagaimana proses pembuatan minyak kelapa segar, dan prospek pemasarannya. Tolong dijelaskan step by step. Terimakasih
    Dwi Hartono Cilacap

  2. Thanks a lot, pak Mansur.. I’m so blessed reading your articles.. I fully agree to utilize coconut for the prosperity and wellness of masyarakat Indonesia.. Di pulau kelapa yang amat subur ini..🙂 Salam hormat saya, dr Cynthia Sugiharto

  3. terimakasih untuk infonya, dan saya minta penjelasan dari bapak mengenai

    1. bagaimana proses pembuatan minyak kelapa
    2. perlatan yang diperlukan dan berapa harganya untuk skala paling kecil dulu
    3. apakah ada pengawet agar tidak tengik minyaknya
    4. bagaimana prospek pemasarannya
    5. kalau bisa tolong minta skema alat untuk proses pengolahannya

    atas bantuan dan kerja samanya saya ucapkan terimakasih

  4. Saya mau jual kelapa dalam jumlah banyak 2000 butir per minggu dengan harga Rp. 2.200,-/butir (nego). Jika anda minat bisa hubungi 085220911198

  5. maap pak saya minta tolong penjelasan yang detail bagaimana proses pembuatan minyak goreng dari kelapa segar dan sekalian alat yang oiperlukan
    terima ksaih ditunggu infonya …………

  6. assmlkm..
    pak mansur, saya sangat tertarik untuk membuka peluang usaha pengolahan minyak kelapa segar..
    kalau boleh saya minta gambaran mengenai proses produksi dan pemasarannya.
    kemudian bapak katakan 4-5 bulan balik modal, itu menghitungnya bagaimana.
    tolong kirim ke email saya ya pak. ( hendra.pradisty@yahoo.com )
    terima kasih..

  7. Mas Hendra,
    Bisnis pengolahan minyak goreng kelapa versi saya itu sederhana, dengan alat yang bisa dijangkau harganya,
    dengan kualitas minyak prima, dan harga yang bagus, maka memungkinkan JIKA penjualan sesuai target, maka akan segera BEP.
    Penjelasana singkat alat dan analisa bisnisnya saya emailkna ya🙂

    tks

  8. pak.. Sy punya kebun kelapa dan memproduksi VCO dengan metode pemancingan. Alhamdulillaah hasilnya bagus. Tp sy ga tau VCO ini akan dikemanakan.. he2.. kaya org bingung deh. mhn bantuan ya pak..

  9. pak mansur.. mohon penjelasan singkat dan analisa bisnis minyak goreng kelapa jg diemailkan ke sy ya. tks wass

  10. Saya Tertarik mas… Pas banget daerah sy penghasil kelapa. Apa bisa di emailkan detail proses, analisa usaha, dan mesin2 yg dibutuhkan? Sy tnggu jawabanya ya..🙂

  11. Mohon info untuk cara dan alat2 produksi yg di butuhkan bagaimana dan apa saja pak Mansur, saya sangat tertarik sekali, mohon di bantu Pak

  12. Mohon info untuk cara dan alat2 produksi yg di butuhkan saya sangat tertarik sekali, terima kasih pak Mansur

Tinggalkan Balasan

