Oleh-Oleh Pelatihan Kelapa di Bontang Lestari Bontang


Beberapa hari yang lalu, alhamdulillah kami dari tim Rumah Kelapa Indonesia berkesempatan berbagi ilmu dalam program pelatihan kelapa terpadu dengan kawan-kawan di Bontang Lestari, bekerjasama dengan Kawal Borneo Community Foundation (KBCF) melalui program PNPM Peduli, bekerjasama dengan yayasan  BIKAL dan PT Badak NGL.

Lokasi pelatihan berada di sekitar kawasan LNG Badak Bontang Kalimantan Timur, tepatnya dikawasan Teluk Kadere, Salantuko, dan Tuk Unggul, sebuah tempat yang eksotis dikunjungi, kawasan yg dipisahkan laut, namun juga bisa dikunjungi melalui jalan darat yang berputar. Pelatihan dimulai hari senin dan selasa tanggal 3-4 September 2012.

Karena Area pelatihan yang berada di seberang LNG Badak, kami berkesempatan naik SpeedBoat yang disediakan LNG Badak, perjalanan sekitar 15 menit lumayan menyenangkan🙂

Materi pelatihan yang disampaikan antara lain pengolahan sabut kelapa menjadi tali sabut, kesed sabut, sapu sabut. Sebenarnya… Masyarakat disekitar pantai sudah pernah membuat kesed dari sabut kelapa, namun ternyata kualitas produk akhir masih jauh dari layak jual hehe🙂 . Syukur kami datang kesana bisa memberikan sedikit gambaran pengembangan pengolahan sabut kelapa yang lebih layak jual.

Antusiasme peserta sangat kami syukuri sangat tinggi, meski 2 hari mereka mampu menyelesaikan pelatihan dengan cukup bagus hasilnya. Penduduk Kalimantan timur Mayoritas warga adalah pendatang, kebetulan tempat pelatihan warga berasal dari Mamuju Sulawesi Barat. Warga Pendatang ke Kaltim rata-rata dari Suku Bugis, Makassar, Banjar, Jawa maupun madura.

Materi lainnya adalah pengembangan Minyak Goreng Kelapa premium. Sebelumnya warga memang sudah membuat minyak goreng dengan cara pemanasan, karena kualitas kurang bisa bertahan lama, pelatihan ini juga sebagai upaya peningkatan kualitas minyak yang lebih layak jual dan tahan lama tidak cepat tengik.

Gambar parut diatas cukup menarik perhatian saya, mereka menggunakan parut dengan penggerak roda, bukan mesin.., saya kira model ini cocok untuk kawasan yang jauh dari sumber listrik. Kebetulan kawasan LokTunggal ini, listriknya baru bisa hidup hanya menjelang malam sampai pagi saja😦

Akhir dari pelatihan alhamdulillah semua berjalan sesuai rencana, para peserta bisa menangkap materi pengembangan kelapa, maupun praktek, bahkan diantara peserta sudah ada yg sanggup menjelaskan kembali cara membuat kerajinan sabut kelapa maupun minyak.

Kalau saat pembukaan pelatihan, acara dihadiri oleh pejabat Humas dari LNG Bontang, saat penutupan acara dihadiri oleh wakil Walikota Bontang. Sebagai Manager program, Bapak Saparuddin Senny sangat antusias mengawal acara ini, sehingga sanggup menular ke semua peserta..

Ada hal yang menarik, saat pulang dari tempat pelatihan, karena waktunya sudah lewat jam 16.00 Wita, speed yg membawa kami ke lokasi, ternyata sudah tidak bisa operasi, dengan terpaksa kami harus pakai jalan darat, dan harus jalan kaki hampir 4km, melewati rawa, padang rumput. Luar biasa… Alam Kalimantan yang mempesona ini , sangat disayangkan akses jalan masih belum semuanya tersentuh..

Kebayang kalau anak sekolah harus tiap hari melewati jalan sempit tersebut, apalagi kalau hujan…

Demikian sedikit pandangan mata, hasil kunjungan kami pelatihan pengolahan kelapa terpadu di Bontang lestari, Bontang Kalimantan Timur, semoga bisa mengunjungi daerah-daerah lain, harapan dengan ilmu yang terbatas ini bisa lebih manfaat..

Amiin

Satu pemikiran pada “Oleh-Oleh Pelatihan Kelapa di Bontang Lestari Bontang

  1. yang jadi masalah saat ini dari semua hasil olahan kelapa adalah harga bos…terutama untuk kopra…kami merasa kesulitan untuk dapat memperoleh harga kopra yg kompetitif..mohon info yg pasti untuk harga kopra saat ini up surabaya. terima kasih…

    ________________________________

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s