Cara Membuat Abon Ikan Yang Gurih Dengan Bumbu Santan Kelapa

 

Alhamdulillah bisa menemui blog INI lagi, setelah hampir vacuum selama 2 tahun lebih. Terakhir update tgl 30 agustus 2014ūüôā

Dan Sekarang, iseng2 aku ingin menulis lagi. Kali ini agak sedikit beda sih dengan tema tulisan sebelumnya.

Sekarang lagi kepikiran soal abon. Dan karena blog kelapa, maka aku sedikit hubung-hubungkan dah dengan kelapa hehe.

Dan pada tulisan ini, aku ingin hubungkan antara abon dengan santan kelapa. Yang ternyata dengan nambahin santan, rasanya abon jadi Gurih dan Enak.

abon-ikan-asing

 

Dan pada tulisan ini, aku ingin menyampaikan cara membuat abon ikan yang gurih dengan memakai bumbu santan kelapaūüôā

Btw.. bicara soal abon, aku yakin, kalian pasti suka makan abon kan? Dan tebanku sih, pastinya ada yg suka ada yg tidak. Sangat Relative sih..

Cuma feeling saya yakin, diantara teman2 pasti sudah pada tau abon kan? kalau para pembaca asli anak Nusantara, ya pasti lah tahu. Kl sampe gak tahu, kebangetan hehe..

Dan Teman2 pasti tahu abon sapi kan, Abon sapi adalah olahan dari daging sapi yang disuwir-suwir atau dipisahkan serat-seratnya.

Btw.. kali ini aku gak ingin terlalu panjang nyampaikan soal abon sapi.  Saat ini lagi kepikiran soal abon ikan.. Ya sedikit variasi dikit lah ya.

Kita ini anak nusantara yang dikelilingi lautan, pastinya banyak Ikan.Dan kalau kita bicara pengembangan produk, ya.. pilih abon ikan, semoga tepat ya…

Oke, lalu bagaimana sih, kalau kita ingin buat abon ikan yang gurih?

Sebentar, sebelum masuk ke hal teknis, aku ingin nyampaikan soal kelebihan abon.

 

ABON ADALAH MAKANAN SEHAT YANG AWET

 

Kalian pasti tahu kan kalau Abon ini tergolong produk olahan daging yang awet. makanya bisa kita simpan selama berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan. Asyik banget buat perbekalan anak kos iya gak?

Dan so pasti, untuk mempertahankan mutunya selama penyimpanan, abon dikemas dalam kantong plastik dan ditutup dengan rapat.

Kalau dari segi teknologinya sendiri, pembuatan abon itu relatif mudah, gak perlu modal yang besar dan sudah lama dikenal dan digemari di kalangan masyarakat di Indonesia.

Jadi, pembuatan abon ini punya proses yang baik untuk bisa kita kembangkan sebagai industri kecil atau industri rumah tangga.

 

CARA MEMBUAT ABON IKAN YANG GURIH

 

Oke,  sekarang kita mulai beralih ke cara pembuatan.

Begini singkat ceritanya, kalau kalian mau coba buat abon ikan sendiri, sekarang kami kasih resep cara membuat abon ikan yang gurih , yang bisa kalian praktekkin di rumah.

Resep dan Cara Membuat Abon IKAN  yang Gurih dan Renyah

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah memotong atau mensuwir daging ikan sampai menjadi tetelan ikan. oh iya Jangan lupa untuk membuang sisiknya ya dari seluruh permukaannya. Lalu kita potong-potong menjadi kecil, kemudian kita cuci dengan air bersih sehingga bebas dari kotoran dan sisa darah.
  2. kemudian selanjutnya daging ikan yang sudah dicuci tadi kita timbang seberat 5 kg, atau berapapun sesuai keinginan kalian.
  3. Dan jangan lupa rebus potongan-potongan daging ikan tersebut dalam air mendidih selama 10-20 menit.
  4. Langkah selanjutnya adalah setelah didinginkan, tumbuk daging yang telah direbus dengan cobek dan alu, lalu pisahkan serat-seratnya dengan menggunakan garpu. Namun, agar hasilnya lebih optimal dan mudah bisa dengan menggunakan mesin pembuat abon ikan dan sapi.
  5. Timbang bumbu-bumbu yang diperlukan sebagai berikut: 25g ketumbar, 125g kemiri, 350g gula merah, 150g bawang merah, 50g bawang putih, dan 200g garam dapur.
  6. Tumbuk bumbu-bumbu yang telah ditimbang tersebut satu per satu sampai halus, campur dan aduk sampai semuanya tercampur secara homogen, maksudnya sampai tercampur rata, lalu tumis dengan sedikit minyak goreng dalam wajan.
  7. Dan langkah berikutnya yang paling penting adalah kita timbang daging kelapa seberat 3 kg, lalu parut secara manual atau boleh juga pakai alat dan mesin parut kelapa dan peras santannya dengan menambahkan air panas secukupnya.
  8. Masukkan santan yang dihasilkan ke dalam wajan, tambahkan ke dalamnya daging ikan yang telah disuwir-suwir (dipisahkan dalam bentuk serat daging) dan bumbu-bumbu yang telah dipersiapkan, aduk sampai merata, lalu panaskan di atas kompor sampai kering dan tiriskan di atas.
  9. Panaskan sebanyak 0.5 liter minyak goreng dalam wajan di atas kompor dengan api yang sedang, masukkan ke dalamnya daging ikan yang telah dipersiapkan sedikit demi sedikit dan goreng sampai kering dan berwarna cokelat muda, lalu tiriskan dan dinginkan di atas. Tapi hati-hati, jangan sampai terlalu gosong loh ya, nanti bikin rasanya jadi pahit dan gak enak.
  10. Abon yang sudah matang bisa kita kemas dalam kantong plastik atau kemasan lainnya.

 

Demikian informasi singkat mengenai cara pembuatan abon ikan yang gurih dan renyah. Nah, sekarang kalian sudah tahu kenapa renyah, karena ada unsur santan kelapa itu tadi loh..

Asyik ya, manfaat santan kelapa bisa ada dimana-mana.

Oke, semoga ini bisa menjadi referensi bagi kalian jika ingin membuat abon sapi sendiri di rumah, bahkan bisa kita jadikan sebagai peluang bisnis abon karena memang banyak peminatnya.

Asyik gak? asyik lah ya..

Selamat mencoba dan terima kasih.

Dan Saya jamin Abon ikan itu makanan yang super asyik.

Membuat Keripik Kelapa Renyah dan Menyehatkan

Buah kelapa ternyata bukan hanya sekedar bisa dibuat minyak loh.., akhir-akhir ini banyak inovasi terhadap buah daging kelapa yang dapat dijadikan keripik.

Bahkan yang menarik seperti yang diberitakan http://www.republika.co.id, ¬†“Keripik kelapa dengan merek Danielle, produk milik seorang WNI yang telah lama bermukim di Boston, Amerika Serikat (AS), memenangkan penghargaan Sofi Awards 2012. Anugerah itu diberikan di pameran makanan terkemuka AS, Fancy Food Show.¬†“Penghargaan ini diberikan di Fancy Food Show, pameran makanan tahunan terbesar di AS, kepada produk makanan dan minuman yang paling menonjol dan inovatif,” kata Atase Perdagangan RI di Washington DC, Ni Made Ayu Marthini, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (2/7). Made Marthini mengungkapkan, produk keripik kelapa Danielle tersebut telah masuk ke jaringan ritel “high-end” ternama seperti Dean & Deluca.

Mantaaf toh…, nah bukankan alam kita indonesia ini sangat kaya akan buah kelapa, berita dan peluang ini harus segera ditangkap untuk pemberdayaan potensi kelapa menjadi aneka makanan yang sehat dan menguntungkanūüôā

Nah, pada artikel ini saya ingin sedikit berbagi cara membuat keripik kelapa yang renyah dan menyehatkan..

Untuk membuat keripik kelapa kita membutuhkan Mesin vacuum frying atau mesin penggoreng hampa. Ide penggunaan mesin vacuum Frying ini karena mesin ini dapat membuat aneka keripik buah dan sayur dengan sistim vakum. Dengan mesin ini, kita  bisa menggunakannya untuk membuat keripik Kelapa, bahkan juga bisa lainnya seperti untuk membuat keripik mangga, keripik melon, keripik nanas, keripik pepaya, keripik salak, jamur tiram dan lain-lain

Cara Kerja Mesin Vacuum Frying / Penggoreng Vakum

  • Buah kelapa yang sudah dirajang ¬†digoreng pada mesin vacuum frying, dengan medium minyak goreng.
  • Supaya hasilnya lebih bagus, minyak goreng yang dipakai tentunya pakai minyak goreng kelapa yaūüôā
  • Pemanasan minyak goreng kelapa disetting pada suhu rendah (80-85 derajat celcius).
  • Pemanasan ini menggunakan bahan bakar LPG.
  • Untuk mempercepat penggorengan, maka dilakukan penyedotan kandungan air pada buah dengan cara pemvakuman.
  • Pemvakuman ini menggunakan pompa khusus, dengan tenaga listrik.
  • Suhu penggorengan terkontrol otomatis (80-85 derajat celcius).
  • Suhu yang terjaga rendah menjadikan keripik tidak gosong, sehingga warna sesuai aslinya.
  • Suhu juga bisa Anda atur sesuai keinginan
  • Mesin dirangkai sedemikian rupa, sehinga Anda bisa mengoperasikannya dengan mudah.

Kelebihan Cara Membuat Keripik kelapa yang Digoreng Dengan Vacuum Frying

  • Nutrisi tidak hilang, karena digoreng pada suhu rendah (80-85 Derajat Celcius), disertai dengan pemvakuman
  • Warna tidak berubah dan tidak gosong
  • Penggorengan alami, tanpa penambahan zat pewarna dan perasa
  • Keripik renyah dan nikmat

Mengapa Peluang Usaha Keripik Buah dan Keripik kelapa Menggiurkan ?

  • Bahan baku mudah diperoleh
  • Keuntungan bisa mencapai 100 %
  • Pasar terbuka lebar dan peluang eksport sangat besar
  • Mesin bisa untuk menggoreng aneka ragam buah dan bahan lain
  • Proses Cara Membuat Keripik kelapa,¬†produksi dan pengelolaan usaha sangat gampang

Nah Silahkan dicobaūüôā

Cari Kopra Untuk Suplai Pabrik Minyak..

RumahKelapaIndonesia,  yang berpusat di Yogyakarta, menerima SUPLAI KOPRA Tak terbatas untuk Pabrik minyak di Surabaya. Harga kompetitif, Update berita harga Kopra Harian.

Kopra yang kami terima adalah hasil pengasapan, hasil penjemuran atau hasil pengovenan.

Karakter kopra yang baik adalah kering, mantul jika dijatuhkan, dan jika dibelah berbunyi “tass”, serta kelihatan serat-serat putih minyaknya dan yang paling penting adalah tidak berjamur.

Jika Tertarik bergabung dengan kami, silahkan gabung dengan kami.

Hubungi kami :

Mansur Mashuri | Cp : +6282328042283 | email : mansur_mash@yahoo.com

Cara Untung Memproduksi Kopra Kelapa

Kebutuhan Pabrik pengolahan minyak akan suplai kopra sangat besar, bahkan tak terbatas. Tetapi justru yang terbatas adalah suplai dari petani kopra.

Suplai kopra dari petani bisa berupa kopra utuh atau juga minyak press kopra. semuanya sama-sama untung. Namun jika dilihat dari prosesnya sampai ke pengangkutan ke pabrik, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kualitas dan keuntungan produksi kelapa.

Jika dilihat dari proses kopra sekarang, beberapa hal dibawah ini adalah realitas yang terjadi pada kopra. yaitu antara lain :

  • Proses produksi 3-4 hari dengan cara pengasapan
  • Hasil produksi tidak bisa bertahan lama, harus segera dikirimkan ke pabrik untuk menjaga kualitas kopra
  • Refraksi/pemotongan kopra oleh pabrik cukup besar sekitar 4-7% dari berat massa kopra
  • Proses pengiriman produk membutuhkan treatmen/perawatan khusus agar kopra stabil kualitas minyaknya.
  • Harga kopra sekarang rata-rata sekarang di hargai Rp 9.000/kg di pabrik
  • Untuk membuat minyak kopra dibutuhkan mesin filter press
  • Kualitas minyak kopra berwarna kuning kecoklatan, banyak mengandung getah/Gum, sangat kental dan memiliki kandugan asam lemak rata-rata 3%
  • Kandungan minyak kopra atau persentase rata-rata minyak kopra adalah 45-55%.
  • 1 kg minyak kopra diperoleh rata-rata dari 2 kg kopra
  • 1 kg kopra diperoleh dari 4 butir kelapa besar
  • Massa Volume kopra lebih besar, sehingga biaya pengiriman lebih besar
  • Alat-alat yang dibutuhkan untuk kopra adalah yaitu mesin cungkil dan oven kopra serta filter press untuk menghasilkan minyak kopra, mesin bisa dilihat disini¬†silahkan klik¬†atau di¬†http://rumahmesin.com.
Setelah melihat proses  kopra, apakah ada alternatif lain untuk memperbaiki proses dan hasil selain cara kopra?
Dibawah ini saya sampaikan alternatif yang mungkin bisa menjadi solusi memproduksi minyak untuk pabrik selain cara kopra. Cara tersebut adalah dengan membuat minyak kelapa mentah atau CCO (Crude Coconut Oil). Kelebihan Proses CCO bisa dilihat dibawah ini.
  • Proses produksi cukup 1 hari dari kelapa tua segar
  • 1 Liter CCO diperoleh dari 8 kelapa
  • Minyak lebih stabil dan dapat disimpan dalam waktu cukup lama,
  • Tidak ada refraksi/pemotongan jumlah berat massa minyak di pabrik
  • Proses pengiriman lebih praktis, cukup dikirim memakai tangki dan juga lebih praktis dalam pengiriman
  • Karena massa volume lebih ringkas, biaya pengiriman dapat lebih ditekan,
  • Harga minyak CCO rata-rata diharga 14.000/liter
  • Kualitas minyak lebih bagus, lebih jernih, dan kandungan FFA free fatty acid lebih kecil, dibawah 1%
  • Alat yang dibutuhkan untuk membuat CCO adalah seperti mesin cungkil, mesin parut dan dan mesin press santan, seperti terlihat di¬†website ini, atau silahkan klik di¬†http://rumahmesin.com
Dari kedua jenis minyak tersebut diatas, peluang pasar sama-sama bagus, semua bisa diambil oleh pabrik, hanya perbedaannya adalah cara CCO lebih praktis dan cepat dalam proses pembuatannya, dan terhindar dari pemotongan jumlah massa beratnya karena relativ tidak berubah minyaknya.

BARU TERSEDIA… PELATIHAN MEMBUAT CCO…! Hubungi disini.
By : Mansur Mashuri

Cara Efektif Membuat Kopra

Bisnis kopra sedang bergairah, harganya yang stabil tinggi, membuat pelaku kopra berlomba-lomba menambah produktivitasnya.  Namun permintaan besar sering tidak dibarengi dengan kemampuan produksinya.

Bagi para pemula yang akan bisnis kopra atau yang sudah berjalan dan ingin memperbaiki kinerjanya, berikut kami sampaikan beberapa cara membuat kopra.

Untuk membuat kopra yang bermutu pertama kelapa dicungkil, dibersihkan kemudian dikeringkan. Selanjutnya cara pengeringan pada kopra akan sangat mempengaruhi kualitas kopra. Ada beberapa-cara pengeringan kopra adalah:

1. Dengan cara penjemuran biasa
Cara ini agak lama, dan sangat tergantung dengan cuaca, selain itu jika panasnya tidak merata, kemungkinan penjamuran pada kopra sangat besar. Kualitas kopra juga sering tidak stabil. Lama penjemuran memakan waktu 5-7 hari.
2. Cara Penjemuran bertudung plastik.
Cara ini lebih bagus dari penjemuran biasa, karena menggunakan penutup plastik, sehingga panas dapat terserap lebih lama dalam plastik, dengan cara ini, kualitas kopra bisa dijaga dari serangan jamur yang bisa menyebabkan turunnya kualitas kopra. Hanya dengan cara ini memerlukan biaya tambahan pembuatan rumah-rumah penjemuran dan plastik. Waktu penjemuran pun juga sangat bergantung pada cuaca, lama penjemuran antara 5-7 hari.
3. Cara Pengasapan
Cara ini sangat umum dilakukan oleh masyarakat petani kopra dan mampu menghasilkan kualitas kopra yang lebih baik dari cara pertama dan kedua. Waktu pengeringan pun bisa lebih cepat, hanya dengan cara ini memerlukan biaya tambahan kayu bakar sebagai bahan bakarnya. Tetapi jangan khawatir, tempurung bisa digunakan sebai bahan bakarnya. dengan cara ini, relativ lebih cepat yaiut membutuhkan waktu 3 hari.
4. Cara Oven
Cara ini lebih bagus dan lebih cepat dari cara sebelumnya. Kopra dimasukkan ke dalam oven, yang dibakar menggunakan kayu bakar atau tempurung sisa. Cara ini lebih kering dan terhindar dari jamur.
Hanya kekurangan dari cara ini adalah memerlukan biaya investasi yang cukup besar untuk pengadaan ovenya.
Jika diantara pembaca yang memerlukan oven kopra, ada referensi bagus untuk oven tersebut dan bisa dilihat di link ini, atau silahkan klik disini. Atau untuk mempercepat pencungkilan kopra, bisa memiliki mesin pencungkil seperti disini
By : Mansur Mashuri