Cara Pemanfaatan Sabut Kelapa


Kawan-kawan di daerah luar jawa, banyak yang melontarkan pertanyaan bagaimana memafaatkan sabut kelapa yang melimpah. Persoalan utama adalah bahan baku melimpah, tapi miskin pemanfaatan. Banyak yang peduli, tapi kebingungan memulainya.
Disini akan dibahas beberapa alternatif yang saya kira bisa menjadi solusinya.
  1. Seluruh bagian sabut kelapa dihancurkan untuk media tanam atau pupuk. Karakter produk ini, mampu menyerap air dan pupuk sehingga dapat menambah kesuburan tanah. Cara ini adalah langkah mudah, karena tidak perlu keahlian khusus dan pemikiran panjang untuk pemanfaatannya.
  2. Sabut kelapa dipisahkan antara serat dan serbuknya. Produk ini adalah cocofiber dan cocopeat. Cocofiber adalah bahan dasar untuk kerajinan sabut kelapa, sedangkan cocopeat untuk media tanam dan pupuk. Langkah mudah pemanfaatan produk adalah dengan menjual cocofiber, khusus luar jawa sangat berpotensi besar untuk ekspor sabut kelapa/cocofiber. Hanya perlu dipertimbangkan tentang transportasi, agar harga bisa kompetitif. Khusus yang dekat dengan pelabuhan besar, adalah peluang untk ekspor produk tersebut.
  3. Membuat cocopeat blok untuk keperluan ekspor. Pasar Korea sangat besar untuk produk ini. Namun untk usaha ini, perlu tambahan dana untuk alat press cocopeat.
  4. Cocofiber digunakan sebagai bahan dasar industri tali untuk kerajinan, atau tali kapal dll.
  5. Cocofiber sebagai bahan dasar industri kerajinan rumah tangga. Kesed, matras olahraga, sapu rumah, sikat adalah contoh kecil untuk industri ini.
  6. Cocofiber untuk industri mebelair. Produk turunan ini sangat banyak aplikasi, seperti untuk kasur spring bed, jok mobil, jok pesawat,  untuk matras olahraga, untuk cocopot/pot sabut, untuk bahan dasar pengganti fiber glass, peredam suara dll, aplikasi produk mebelair biasa disebut dengan rubberrized coir/ industri sabut berkaret.
  7. Cocofiber dan cocopeat dapat digunakan untuk aplikasi penghijauan. Produk cocomesh dan cocofiber dapat menghijaukan lahan-lahan kritis, reklamasi pantai dengan mencegah erosi dan abrasi.
  8. Cocofiber juga dapat diaplikasikan untuk sarana penghijauan taman. Unsur serap air pada cocofiber dapat dimanfaatkan untuk membuat garden roof (taman atap bangunan) juga dapat dibuat taman buah-buahan di lahan terbatas.
Dari sekian banyak manfaat dan aplikasinya, kawan-kawan didaerah bisa mengukur kemampuan, sampai sejauh mana dapat dilakukan, apakah hanya pada pemanfaatan raw material/ bahan dasar, ataukah untuk kepentingan produk turunannya.
Pemanfaatan raw material cocofiber khusus untuk ekspor sangat besar, China dan korea adalah penyerap terbesar sampai saat ini, juga untuk pasar eropa. Hanya kembali untuk kawan-kawan di daerah, perlu dipikirkan tentang transportasinya. Mudah tidak…?
Selama ini, jika akan dikembangkan untuk industri turunan sabut kelapa, kendala terbesar di daerah luar jawa adalah SDM pengolahnya. Maka dengan melihat daftar diatas, bisa memperkirakan akan dibawa kemana arah pengembangan sabut kelapa tersebut.
Jika kawan-kawan, ingin mengetahui lebih jauh tentang pemanfaatan produk turunan sabut seperti diatas, kami dari RumahSabut Yogyakarta, bisa memfasilitasi untuk Pelatihan peningkatan life skill produk sabut.
By :
Mansur Mashuri (Pelaku Bisnis Sabut Kelapa, Tinggal di Yogyakarta)

 

37 pemikiran pada “Cara Pemanfaatan Sabut Kelapa

  1. pak abi saya mau nanya untuk sabut kelapa yang bisa dimanfaatkan kelapa tua ato yang kelapa muda……..????????

  2. Mas Gofur,

    Untuk Proses cocofiber, sabut kelapa yang dipakai adalah kelapa yang matang, tua tapi tidak kering 🙂

    Tks

  3. di t4 aq banxk sabut kelapa, aq sendiri tiap hari bikin minyak kelapa, klw batokx pake buat bikin minyak tp klw sabukx paling buat bakar jagung, klw dekat tak kasih aja

  4. SEDIA SEGALA MACAM PRODUK DR KELAPA TERUTAMA ARANG TEMPURUNG,KOPRA BIASA DAN KOPRA PUTIH.JUGA MENYEDIAKAN ARANG KAYU HITAM DAN ARANG PUTIH (WHITE CHARCOAL)).HARGA PABRIK.

  5. Piau,

    Saya yakin, setiap barang ciptaan tuhan ada manfaatnya. Namun Maaf saya belum tahu pengeloaan sabut tandan sawit,

    Ada yang bisa bantu 🙂

  6. Bapak Edwin,

    Untuk pemasaran sabut kelapa mudah sekali pak,
    banyak sekali yang membutuhkan,
    di blog ini bapak juga bisa menawarkan produk bapak.

    Thanks

  7. salaam……….saya dari surabaya neh………saya jualan kelapa di pasar…..tapi bingung serabutnya mau di kemanain ya…cara ngolahnya juga bingung…kalo boleh share info-nya……..terimakasih sebelumnya……..salam hangat.

  8. saya mau tanya.
    Saya menggunak cocopeat untk pembibitan.tapi hanya yg benar2 halus yg kami gunakan.
    Sisa cocopeat yg sangat kasar tdk saya gunakan lg.
    Kira2 ap yg bisa dibuat atw diolah dari sisa cocopeat yg kasar td.

  9. Pak Mansur,
    Saya punya 2 pertanyaan :
    1. Sepengetahuan bapak, apakah daerah Bali sudah ada pengusaha/pabrik sabut kelapa pak?
    Saya punya banyak sabut kelapa tapi tidak tahu harus menjual kemana di daerah Bali. Kalau saya harus ke Jawa khan mahalan ongkos bensinnya ya pak.. hehe. Mohon info.
    2. Saya berminat dengan mesin yg bapak tawarkan, mohon spesifikasi dan garansinya ya pak ke email saya. Namun ada satu yg mengganjal dihati saya, seandainya saya sdh bs mengolah sabut kelapa saya dengan mesin itu apa Pak Mansur mau berkenan menolong saya mencarikan pembelinya untuk dalam negeri? dan untuk ekspor keluar negeri bagaimana caranya pak?
    Jawaban bapak sangat saya tunggu dan akan jadi pedoman utk bisnis saya kedepan.
    Matursuwun sanget ya pak.. 🙂

  10. Asti..

    Setahu saya di Bali sudah banyak pabrik yang mengolah sabut kelapa menjadi Cocofiber.
    beberapa orang pernah ketemu saya di Jogja. Namun saya lupa lokasi tepatnya dimana.

    Oke untuk alatnya, saya kirim via email yah..
    Salam

  11. Saya tertarik dengan bisnis yg bapak paparkan,untuk itu saya butuh bimbingan atau saran untuk mencoba bisnis tersebut sebab di tempat saya begitu banyak sabut kelapa yg di buang,di bakar tanpa ada manfaat apapun,saya bertempat tinggal di tembilahan prof RIAU,

  12. Mohon bantuan dan kerjasamnya untuk cara memulai usaha cocofiber dan rincian.biaya karna disini bahan sangat berlimpah
    Mohon bntuanya ya pak
    Tks

Tinggalkan komentar